Titik Akupresur Telapak dan Kaki (H1-8)

Chinese Reflexology Point for the Brain

Memijat Titik Refleksi untuk Otak

Seperti semua poin refleksiologi dalam Pijat Refleksi Tradisional Cina, Anda dapat menggunakan jari tangan, ibu jari, atau buku jari untuk memijat area refleks di kaki Anda. Untuk secara fisik menemukan dan membersihkan butir mikroskopis penyumbatan energi di kaki Anda, tongkat refleksi adalah alat terbaik untuk digunakan. Tongkat memungkinkan Anda merasakan butiran asam urat individu yang menumpuk di kaki Anda dan mewakili penyumbatan energi di tubuh Anda.

Untuk titik Otak, gunakan ibu jari untuk menekan dan menggosok bantalan jari kaki dengan gerakan naik turun dari ujung ibu jari hingga tepat di bawah alas kaki. Saat Anda memijat jari kaki, gerakkan melintasi bantalan jari kaki dari satu sisi ke sisi lainnya. Lakukan ini hingga 1 hingga 2 menit setiap hari. Ulangi untuk jari kaki lainnya.

BrainCopyrightHollyTse

Pentingnya Titik Refleksi Ginjal untuk Memori
Dalam Pengobatan Tradisional Cina, Ginjal menyimpan esensi hidup Anda (energi kekuatan hidup). Ketika esensi kehidupan menjadi habis, saat itulah tanda-tanda penuaan mulai muncul, termasuk uban, penurunan pendengaran dan penglihatan, lutut lemah, kemandulan, dan hilang ingatan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga energi Ginjal Anda tetap kuat dan sehat. Memijat titik Pijat Refleksi Cina untuk Ginjal dapat membantu Anda melakukan ini.

Importance of the Kidney Reflexology Point for Memory

Yongquan, Finishing strokes

Foot massage - Finishing strokes

Yongquan, Pukulan akhir
Pijat kaki – Pukulan akhir
Orang bisa menggunakan pukulan finishing di akhir pijatan kaki. Untuk menggunakan teknik ini:

letakkan telapak tangan di kedua sisi kaki
tarik perlahan sisi kanan kaki ke depan sambil mendorong sisi kiri ke belakang
lalu dorong sisi kiri kaki ke belakang sambil mendorong sisi kanan ke depan
ulangi gerakan memutar ini, gerakkan tangan dari pergelangan kaki ke jari kaki
kurangi tekanan setiap kali, secara bertahap angkat tangan dari kaki sepenuhnya

Manfaat

Ada bukti ilmiah yang berkembang tentang manfaat pijat bagi kesehatan.

Sebuah studi 2010 menemukan bahwa ketika diintegrasikan ke dalam perawatan akut, terapi pijat dapat membantu seseorang:

menghadapi tantangan kesehatan fisik dan mental
mengalami lebih sedikit rasa sakit
bersantai
mengelola emosi
tidur
Penelitian dari 2018 menemukan bahwa penggunaan pijat tangan dan kaki dalam pengaturan klinis dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki tanda-tanda vital bagi pasien.

Juga, ulasan tahun 2016 menyarankan bahwa profesional perawatan kesehatan merekomendasikan terapi pijat daripada tanpa pengobatan sebagai pilihan manajemen nyeri.

KD-1 & SP-4

null

KD-1, Ginjal 1 atau Yongquan, Mata Air Memancar di bagian bawah kaki. Letaknya sekitar sepertiga dari ujung kaki Anda, sedikit tekanan di dasar metatarsal. Pijat dalam-dalam dengan ibu jari atau jari tengah selama sekitar 10 detik. Bernafas! Jika Anda merasa sakit, minumlah dan ucapkan terima kasih! Titik ginjal 1 adalah awal dari meridian Ginjal dan fondasi Jing Anda, sumber energi Anda. Ini sangat penting untuk tingkat energi Anda, karena Ginjal menyediakan Qi ke semua meridian Anda yang lain. Memijat KD-1 dapat membantu menyembuhkan ingatan yang buruk, mengurangi kegelisahan, kecemasan, kekhawatiran, dan bahkan kegilaan.
KD-1 & SP-4
batal
Lokasi: Bagian bawah kaki, sekitar sepertiga dari jalan ke bawah (K11); di dalam kaki, di pangkal jari kaki (SP4).

Gosok perlahan Ginjal 1 (KI1) dan Limpa 4 (SP4) yang keduanya terletak di kaki. Ini dianggap sebagai poin yang sangat kuat untuk menyeimbangkan energi halus dalam tubuh sekaligus meningkatkan aliran darah ke inti tubuh. Kedua poin ini secara langsung dan erat terkait dengan organ reproduksi pria dan wanita.

JARI-JARI KAKI

acupressure-points-to-combat-piles-pain
Sehat Lewat Jari - Kompasiana.com

Cara melakukan latihan pijat jari

Carilah jari yang jadi target Anda melalui daftar di bawah ini. Kemudian, tekan dan tahan jari tersebut selama 3 – 5 menit sambil bernapas dalam-dalam. Anda dapat melakukannya pada satu jari sesuai tujuan, atau pada seluruh jari jika ingin melakukan harmonisasi tubuh.

Ibu jari: lambung, gelisah, dan sakit kepala

Sebagai jangkar pada tangan, ibu jari membawa beban semua keputusan. Ibu jari umumnya terkait dengan emosi depresi dan gelisah. Ibu jari juga terhubung dengan limfa dan lambung.

Jika Anda merasa murung dan sering khawatir, atau mengalami sakit kepala dan kegelisahan, cobalah untuk menekan dengan lembut ibu jari Anda. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras.

Lakukan selama 3 – 5 menit, atau hingga pikiran Anda kembali jernih.

Jari telunjuk: ginjal, frustrasi, dan nyeri otot

Jari telunjuk terkait dengan perasaan takut dan kebingungan, serta terhubung dengan ginjal.

Pada beberapa penelitian tentang refleksologi, banyak pasien dialisis ginjal yang merasakan perkembangan akibat pijatan ini. Pasien yang memiliki masalah dengan otot atau punggung atau tidak nyaman dengan lengan dan kaki juga merasa lebih baik setelah melakukan pijatan ini.

Jari tengah: Liver, amarah, dan kelelahan

Latihan reflexologi juga dikenal dapat mengurangi area yang sakit dan meradang. Jika Anda merasa lebih lelah dari biasanya, atau mengalami masalah dengan peredaran darah, cobalah memberi tekanan pada jari tengah Anda.

Jari tengah terkait dengan emosi amarah dan kekesalan. Menurut filosofi Jin Shin Jyutsu, jari ini juga meringankan masalah pada liver. Latihan ini juga memberikan efek relaksasi. Setelah melakukan latihan ini, pasien mengalami penurunan pada tekanan darah dan kecemasan.

Jari manis: paru-paru, perasaan negatif, dan gangguan pencernaan

Jika Anda meragukan diri Anda sendiri, atau merasakan energi negatif dan kesedihan, cobalah fokus terhadap jari manis.

Memberi tekanan pada jari manis juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan. Latihan reflexologi ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada usus besar dan paru-paru.

Saat melakukan latihan ini, ingatlah untuk selalu tenang dan kendalikan napas Anda.

Jari kelingking: jantung, gugup, dan stress

Pada umumnya, jari kelingking terhubung dengan kepercayaan diri yang rendah. Anda mungkin adalah seorang yang selalu memikirkan secara berlebihan tentang suatu situasi, atau menilai sesuatu terlalu keras.

Sambil Anda melakukan latihan ini, cobalah untuk melepaskan berbagai hal yang mengganggu pikiran Anda, jernihkan pikiran dan fokus pada saat ini.

Latihan ini baik dilakukan jika Anda menderita nyeri pada tubuh atau masalah pada saraf.

Titik Akupresur SP6: Limpa 6 atau San Yin Jiao

San Yin Jiao (SP6) biasanya digunakan untuk urologi, gangguan panggul, insomnia, dan kram menstruasi.

San Yin Jiao (SP6) biasanya digunakan untuk urologi, gangguan panggul, insomnia, dan kram menstruasi. San Yin Jiao (SP6) terletak di bagian dalam kaki Anda, tepat di atas pergelangan kaki Anda. Untuk menemukan titik ini, (1) cari puncak tertinggi dari pergelangan kaki kemudian (2) selebar empat jari ke atas kaki Anda, berikan tekanan dalam sedikit di belakang tulang (tibia) dan pijat area tersebut selama 4-5 detik. Perhatian untuk poin ini: San Yin Jiao (SP6) tidak boleh digunakan dalam kehamilan karena titik ini dapat menyebabkan persalinan.

Intinya terletak di sisi medial kaki.

Titik tersebut terletak empat ruang jari di atas pergelangan kaki di bagian cekungan di bawah tulang (tibia).

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan akupresur untuk merangsang San Yin Jiao (SP6) telah secara efektif mengurangi rasa sakit dan tekanan menstruasi pada wanita muda dengan kram menstruasi [2] serta meningkatkan kesehatan umum wanita [1].

www.quantumterapi.com

Titik Akupresur ST36: Perut 36 atau Zu San Li

Zu San Li (ST36) biasanya digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan, mual dan muntah, serta stres dan kelelahan.

Zu San Li (ST36) biasanya digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan, mual dan muntah, serta stres dan kelelahan. Zu San Li (ST36) terletak empat jari di bawah dari bagian bawah penutup lutut Anda, di sepanjang batas luar tulang kering Anda. Jika Anda berada di tempat yang tepat, otot akan keluar saat Anda menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah. Untuk menggunakan titik akupresur ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) berikan tekanan ke bawah pada otot, rangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di sisi samping kaki di bawah lutut (patela).

Intinya terletak sekitar ruang empat jari di bawah patela di bagian cekungan di sisi lateral tulang (tibia).

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Dalam literatur dan praktik tradisional Tiongkok, poin ini sering dirangsang untuk promosi kesehatan dan umur panjang.

Ada banyak penelitian ekstensif yang dilakukan dengan Zu San Li (ST36) dalam literatur ilmiah. Dalam studi neuroimaging, stimulasi Zu San Li (ST36) telah terbukti mempengaruhi sistem limbik dan paralimbik di otak [2] yang dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap stres [3]. The Journal of Autonomic Neuroscience juga menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan bahwa Nei Guan (P6) dan Zu San Li (ST 36) yang digunakan bersama memiliki efek pada motilitas gastrointestinal [1].

Titik Akupresur LV3: Hati 3 atau Tai Chong

Tai Chong (LV3) biasanya digunakan untuk stres, nyeri punggung bawah, tekanan darah tinggi, kram menstruasi, nyeri tungkai, insomnia dan kecemasan.

Tai Chong (LV3) biasanya digunakan untuk stres, nyeri punggung bawah, tekanan darah tinggi, kram menstruasi, nyeri tungkai, insomnia dan kecemasan. Tai Chong (LV3) terletak di kaki Anda kira-kira selebar dua jari di atas tempat pertemuan kulit jempol kaki dan jari kaki sebelah. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut dengan sepatu Anda lepas kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan menstimulasi area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di antara jempol kaki dan jempol kaki kedua.

Geser jari Anda di sepanjang ruang antara jari kaki pertama dan kedua hingga ujung sendi. Titik ini terletak di cekungan sebelum jari Anda menyentuh tulang (sendi metatarsal).

Berikan tekanan dan pijat selama 2-3 detik.

Indikasi tambahannya seperti yang dinyatakan dalam teks Tiongkok kuno termasuk masalah pencernaan, masalah mata, sakit kelamin, sakit kepala, sariawan, dan mudah tersinggung.

Dalam literatur ilmiah, uji coba secara acak telah menghasilkan hasil yang positif dengan stimulasi akupunktur pada Tai Chong (LV3) dan poin lain untuk mengelola depresi pasca stroke [1]. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa Tai Chong (LV3) menurunkan tekanan darah dan kadar endotelin-1 plasma pada subjek hipertensi [2].