Titik Akupresur Kepala (H2-6)

TITIK-TITIK YANG BOLEH DIPIJAT

Titik Yin Tang

Wellness@Home - Yintang for Stress Relief | Balanced Energy Wellness

Yintang: Titik Akupunktur Luar Biasa

Salah satu titik akupunktur yang paling terkenal dan paling umum digunakan pada tubuh bernama Yintang, atau Hall of Impression. Titik ini terletak di tengah antara ujung medial alis, di area yang oleh banyak budaya disebut sebagai “mata ketiga”.

Banyak pasien akupunktur pertama kali melihat saya dengan sedikit gemetar ketika saya memberi tahu mereka bahwa kami akan menusuk wajah mereka dengan jarum. Poin ini sebenarnya adalah poin pertama yang saya harus berlatih tusuk jarum sebagai siswa akupunktur, jadi saya dapat meyakinkan Anda bahwa itu sama sekali tidak nyaman atau berbahaya.

Kebanyakan titik akupunktur terletak pada jalur energi tubuh yang disebut meridian dan memiliki nama Cina dan konvensi penamaan bernomor. Sistem penomoran mungkin adalah cara kebanyakan ahli akupunktur Amerika mempelajari poin-poinnya. Titik ini sedikit unik karena terletak pada garis meridian. Itu terletak di kapal Pengatur yang dengan sendirinya sedikit unik. Ada dua belas meridian biasa di badan dan delapan meridian yang ditetapkan sebagai meridian Luar Biasa. Kapal yang mengatur milik salah satu meridian Luar Biasa. Kapal Pengatur memiliki dua puluh delapan titik bernomor satu sampai dua puluh delapan dan Yintang tidak dianggap salah satunya. Yintang adalah salah satu dari banyak titik akupunktur “Ekstra” yang telah didokumentasikan selama berabad-abad memiliki fungsi yang sangat spesifik.

Yintang memiliki tindakan yang sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dan karena tindakan ini hampir selalu digunakan dalam pengobatan insomnia, kecemasan dan kegelisahan. Karena letak Yintang, ini bisa menjadi titik efektif untuk mengobati sakit kepala frontal. Yintang juga bermanfaat bagi hidung dan sering digunakan untuk mengobati hidung tersumbat, rinitis, dan mimisan. Yintang dapat digunakan untuk mengobati gangguan pada mata dan dapat dirangsang tidak hanya dengan akupunktur, tetapi juga akupresur. Saya sering memberi pasien saya pekerjaan rumah yang harus dilakukan di antara perawatan akupunktur. Akupresur diri pada sejumlah titik akupunktur di wajah dan kepala akan meningkatkan sirkulasi ke mata dan Yintang salah satunya.

Yintang memiliki fungsi lain yang mungkin tidak begitu kentara. Ini adalah titik akupunktur yang sering digabungkan dengan titik akupunktur lain untuk mengobati hipertensi dan pusing. Dan mendapatkan banyak tekanan akhir-akhir ini adalah penggunaan akupunktur untuk peremajaan wajah. Yintang merupakan titik yang akan digunakan untuk mengurangi kerutan pada batang hidung.

Anda dapat melihat bahwa Yintang benar-benar merupakan titik akupunktur yang luar biasa, bukan hanya karena lokasinya, tetapi juga karena banyaknya aplikasi yang ampuh saat merawat tubuh manusia!

ZAN ZHU

2. Zan Zhu Points - WikiRote

Titik akupresur untuk mata
Kecuali Anda seorang ahli akupunktur terlatih atau Anda menerima perawatan profesional, menggunakan ujung jari Anda untuk memijat titik-titik ini, bukan jarum, adalah cara tambahan untuk menargetkan area ini.

Titik akupresur atau tekanan adalah area spesifik tubuh yang berada di sepanjang meridian atau saluran yang melaluinya energi dalam tubuh kita mengalir.

Titik-titik tekanan ini berakar pada pengobatan tradisional Tiongkok, yang menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Akupresur berbeda dengan akupunktur yang menggunakan jarum untuk menangani berbagai kondisi kesehatan.

Sementara beberapa titik akupresur ada di tubuh, Ani Baran, ahli akupunktur berlisensi dan pemilik Pusat Akupunktur NJ mengatakan ada empat titik akupresur mata yang populer untuk masalah yang berhubungan dengan mata.

Zan Zhu Point
Lokasi: Di ​​sepanjang area mata bagian dalam, di samping hidung.
Indikasi: Titik tekan Zan Zhu digunakan saat mencoba meredakan mata merah, gatal, atau nyeri, produksi air mata berlebihan, alergi, sakit kepala, dan lainnya.
Si Zhu Kong Point
Lokasi: Ditemukan di ujung alis, jauh dari mata.
Indikasi: Si Zhu Kong adalah titik umum yang dapat membantu meredakan sakit kepala dan nyeri migrain, yang merupakan keluhan umum pada mata tegang.
Cheng Qi Point
Lokasi: Tepat di bawah mata dan di tengah area mata.
Indikasi: Titik tekanan Cheng Qi digunakan untuk membantu meredakan gejala konjungtivitis, mata merah, bengkak dan nyeri pada mata, serta kedutan.
Yang Bai Point
Lokasi: Di ​​sisi kiri tengah dahi, tepat di atas mata kiri.
Indikasi: Titik Yang Bai mungkin berguna saat mencoba meredakan sakit kepala, kedutan mata, dan bahkan glaukoma.
Cara memijat titik akupresur untuk mata
Saat memijat titik akupresur untuk mata, penting untuk menggunakan teknik yang benar dan menemukan keseimbangan yang tepat.

Melakukan akupresur wajah, termasuk akupresur mata, membutuhkan pengetahuan tentang titik spesifik dan teknik yang tepat untuk memijat area tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus cukup berhati-hati agar tidak menyebabkan rasa sakit tetapi juga memberikan tekanan yang cukup kuat agar efektif.

YINGXIANG POINTS

YINGXIANG POINTS
Titik ini terletak di kedua sisi lubang hidung yang sejajar dengan mata. Pijat bagian titik ini akan membantu membuka sinus, mengatasi sakit kepala dan gigi juga meredakan stress.

3. Yingxiang Points - WikiRote

LI 20 Penggunaan Klinis
Kehilangan bau atau rasa, ingus, masalah hidung a / atau sinus, polip hidung, rinitis, sinusitis, alergi. Sering digabungkan dengan LI 19 dan poin lokal lainnya.
Sistem Penyembuhan : Masalah sinus, sering dikombinasikan dengan LI 17 dan huatuo C3.

SHUAI GU

GB 8 Penggunaan Klinis

  • Migrain, sakit kepala satu sisi atau unilateral dan disertai mual, muntah, atau gangguan penglihatan.
  • Hangover, meredakan sakit kepala dan menyelaraskan jiao tengah.
  • Pada Manusia Perunggu , titik ini diindikasikan untuk pilek & dahak di diafragma & ST, cedera akibat alkohol & agitasi & rasa kenyang dengan muntah terus-menerus

TOTOK AURA WAJAH

Fengchi

Pijat kulit di sekitar area ini untuk membantu mengurangi kelelahan mata, mengurangi keinginan ngemil, dan membantu mengatasi vertigo. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk menekan.

gb-20-meridian-point

9. GB20, Gallbladder 20, or Fengchi, Wind Pool, on the back of the upper neck, in the depression under the occiput bone. This is an important crossing point of the Gall Bladder Meridian and the Yang Wei Extraordinary Vessel. On a physical level it is primarily helpful for dissolving wind invasion, as the back of the neck is particularly vulnerable to wind. It can help avoid or treat a common cold, nasal congestion, headache, redness, swelling and pain of the eye, nosebleeds, painful neck, stiff shoulder, dizziness, vertigo. On a psycho-spiritual level, it’s great to relieve stress from too much studying, mental focus, or sensory input. Hence it is really good for most humans on the planet! Hold your head gently with both hands as shown in the photo, with your thumbs in GB20 point. Massage for 10 seconds while breathing deeply.

Fengchi GB20 : Nomenclature, Location, Function, Indication, Method -  Acupuncture Nepal

Another useful technique for GB20 is to “thump” on the points by snapping forefingers and middle fingers together so that your forefingers “thump” on the points. Do this 36 times simultaneously on both sides. The thump will resonate in your ears!

Tian Zhu

Lokasi UB 10
1,3 cun lateral GV 15 dalam depresi atau 0,5 cun di atas PHL dan 1,3 cun lateral PML pada aspek lateral trapezius.
Untuk tip lokasi titik, baca catatan meridian kami; tidak yakin tentang pengukuran “cun”, baca apa itu cun ?.
UB 10 Gambar

Untuk Apa UB 10 Digunakan?
Penggunaan Klinis UB 10
Meredakan nyeri – masalah leher, kekakuan, ROM, sakit kepala oksipital. Untuk kekakuan di satu sisi leher gabungkan dengan SI 3 di sisi yang sama & GB 39 di sisi yang berlawanan. Nyeri punggung atas dan / atau nyeri bahu.
Membersihkan angin dan mengurangi dingin eksterior – titik sekunder untuk melepaskan eksterior dalam kondisi angin-dingin, primer GB 20.
Sakit mata dan / atau penglihatan kabur.
Menenangkan jiwa – epilepsi, episode manik, pembicaraan berlebihan

Baihui DU20

null

Location: Around the top of the head, above the ears.

Baihui (DU20), titik akupuntur pada manusia yang terletak di bagian atas kepala di persimpangan garis sagital tengah dan hubungan dua puncak telinga, banyak digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk manajemen jantung berdebar, mudah lupa, demensia dan insomnia, dan sebagainya. Seterusnya Zusanli (ST36) terletak 3 cm di bawah Dubi (ST35) dan selebar satu jari sebelum puncak anterior tibia, dan dikenal sebagai titik akupuntur karena perannya dalam mengurangi tekanan darah [9]. Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan menunjukkan bahwa akupunktur di DU20 dapat mengatur ekspresi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan memfasilitasi dukungan BDNF untuk neuron, sehingga memperbaiki pembelajaran dan memori pada tikus demensia awal [10]. Di klinik, stimulasi elektroakupunktur jangka panjang di titik akupuntur DU20 dan ST36 memiliki efek yang jelas pada penurunan tekanan darah dan perlindungan dari kelupaan. Namun, sejauh ini belum jelas apakah elektroakupunktur pada kedua titik akupuntur DU20 dan ST36 dapat membalikkan penghalusan otak dan selanjutnya memperbaiki disfungsi saraf dan, jika ya, apa mekanisme yang mendasari. Dalam studi ini, menggunakan tikus hipertensi spontan (SHR), kami mendemonstrasikan efek pemulihan dari elektroakupunktur jangka panjang di DU20 dan ST36 pada aliran darah otak (CBF) di korteks, dan kepadatan arteriol kecil dan kapiler di daerah CA1 hipokampus, juga. sebagai pembelajaran dan kapasitas memori, yang dapat dikaitkan dengan penekanan reseptor angiotensin II tipe 1 (AT1R), endotelin-1 (ET-1), dan reseptor endotelin (ETAR) di jaringan otak.