Titik Akupresur Tangan (H1-7)

Ji Quan : Heart 1

acupuncture-meridian-heart

HT-1, Heart 1, or Ji Quan, Supreme Spring, is located in the front underarm under the shoulder joint. On a physical level, this point can free the chest, activate the meridian, ease chest congestion, improve breathing, treat apoplexy, hemiplegia, and relieve sadness. On a psycho-spiritual level, this point is wonderful as it touches the supreme controller, the emperor within us. That emperor understands that the energy inside us is the same as that outside us. So touching this point unites you with the universal oneness, and invites cohesion among all of the organs. When you feel alone, separated, traumatized, or unloved, feel no warmth or joy, HT-1 connects you to the deepest source. It is called Supreme Spring, like the polestar supporting the center of the universe. Hence this point is extremely helpful for karmic confusion and spiritual disconnection. You can reach both sides simultaneously using the thumbs on the same arm. Massage for 10 seconds and breathe deeply.

Heart 1 “Utmost Source”
To the early Chinese, the Supreme Controller was akin to the emperor, heaven’s representative on earth. The emperor, when healthy, manifests all the qualities we would want in a chief executive: Divine wisdom, radiance, fairness, enlightenment, unselfishness, and love for all. Within us, there exists such a “being” in the form of this official. When the Supreme Controller falls sick, the connection between the “Divine” in us and the “Divine” that created and sustains us may be broken. What greater despair could there than being alienated from this source? We can feel alone, isolated, spiritually cut off, uninspired, intensely anxious, fearful, empty, severed from life. “Utmost Source”, used at the right time, can reestablish this connection and awaken us to the flow of life and love, that permeates all existence. What greater joy and relief could there be than this?

Another useful technique for GB20 is to “thump” on the points by snapping forefingers and middle fingers together so that your forefingers “thump” on the points. Do this 36 times simultaneously on both sides. The thump will resonate in your ears!

Wangu : Small Intestine 4 

si-4 meridian point

10. SI4, Small Intestine 4, or Wangu, Wrist Boneis located  outer edge of the palm, above the little finger, at the meeting line of the red and white skin. This is a significant energy source point of the small intestine meridian, meaning it supports all your body functions and all the other organs. It is excellent for promoting good digestion and a healthy micro-biome. It also eases diabetes or congestion caused by overeating and too many sweets. (Yes, a worldwide epidemic.) It can treat pain in shoulder, arm, and, wrist.  lumbar and jaundice (yellow coloring). Massage with the middle finger of the opposite hand for 10 seconds, breathing deeply. Then do the other side.

This point helps all issues involving the stomach and/or spleen, improve digestion, relieve digestive disturbances including gas, bloating, nausea, diarrhea, GERD, Hiccups, vomiting, and constipation. It also alleviates abdominal pain, distention, coldness and numbness in the legs. On a psychological – emotional level it helps PMS, depression, nervousness, insomnia. A great point to remember!

Massage with the middle finger for 10 seconds while breathing deeply. After a few days you may notice a slight pulse at the point. This is a good sign that circulation has increased. Do not use this point during pregnancy.

It is also an important point to help ground descending energy into the body, after qi gong exercises and energy healing sessions. Helps to avoid running fire sickness after intense Qogong practice, where energy is stuck in the upper part of the head/body causing issues shortness of breath, anxiety, or headache,

Press firmly with the thumb and massage for 10 seconds, while breathing deeply.

Lao Gong

Adalah titik akupunktur (Pericardium 8) dan chakra minor di tengah telapak tangan, sering digunakan oleh praktisi modalitas penyembuhan energi.

Lao Gong dan Penyembuhan Energi
Praktisi Tao dan penyembuh energi lainnya yang menggunakan teknik emisi qigong (terapi qi eksternal) untuk memperkuat dan menyeimbangkan qi (energi daya kehidupan) orang lain sering menggunakan telapak tangan sebagai tempat untuk memancarkan energi. Dan Anda mungkin pernah melihat foto, jika tidak dialami secara langsung, orang suci dan tabib dari berbagai tradisi spiritual yang menawarkan berkah kelompok dengan mengulurkan telapak tangan ke arah para penyembahnya. Apa yang terjadi di sini?

Stram Center for Integrative Medicine Blog

Lao Gong — Istana Buruh
Ternyata, telapak tangan adalah rumah bagi salah satu titik akupunktur paling kuat, yang juga dianggap sebagai chakra minor. Nama Cina untuk titik ini adalah Lao Gong, dan itu adalah titik ke-8 di meridian Perikardium. “Gong” berarti istana, dan “Lao” berarti kerja atau kerja keras; jadi nama titik sering diterjemahkan sebagai “istana kerja keras” atau “istana tenaga kerja”.

Perikardium 8 mungkin dinamai “istana kerja” karena alasan yang sangat biasa: karena tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan manual. Penjelasan yang agak lebih menarik adalah bahwa, menurut sistem Lima Shen, hati adalah kediaman “kaisar” dari semua shen. Karena perikardium adalah kantung yang membungkus dan melindungi jantung, kita dapat menganggapnya juga sebagai “istana” hati (dan kaisar), yang tugasnya (yaitu, bekerja) adalah untuk menghibur dan melindungi raja.

Perikardium 8 – Lokasi
Lokasi klasik dari titik ini adalah di mana ujung jari manis mendarat, di telapak tangan, saat kita membuat kepalan tangan (yaitu, antara tulang metakarpal ke-3 dan ke-4). Beberapa teks modern menentukan lokasi di mana ujung jari tengah mendarat ketika kita mengepalkan tangan (yaitu, antara tulang metakarpal ke-2 dan ke-3). Anda dapat menggunakan salah satu lokasi atau kombinasi — bergantung pada apa yang secara intuitif menarik Anda.

Seperti disinggung di atas, Lao Gong digunakan dalam berbagai cara, dalam konteks penyembuhan qigong — sebagai lokasi untuk memancarkan qi dari satu orang ke orang lain. Indikasi akupunktur klasiknya (yaitu, efek stimulasi terhadap tubuh-pikiran kita sendiri) termasuk menenangkan jiwa dan mengatasi kelelahan.

Cara Mengaktifkan Lao Gong
Untuk memijat Lao Gong Anda sendiri, istirahatkan satu tangan, telapak tangan ke atas, pada jari-jari dan telapak tangan lainnya. Lalu, gunakan ibu jari tangan bawah untuk menjangkau telapak tangan atas. Berikan tekanan sedang, dengan ujung atau ujung ibu jari Anda, gerakkan dalam lingkaran kecil, saat Anda menempatkan fokus mental Anda dengan lembut pada titik tersebut.

Cara lain untuk mengaktifkan energi Lao Gong adalah dengan menyatukan kedua telapak tangan Anda dalam “posisi berdoa” di depan pusat hati Anda. Kemudian pisahkan telapak tangan sedikit, sehingga ada jarak sekitar satu inci di antara keduanya. Dengan perhatian Anda beristirahat dengan lembut di ruang di antara kedua telapak tangan, mulailah menggerakkan kedua tangan Anda dalam gerakan melingkar kecil, pertahankan jarak satu inci di antara keduanya. Perhatikan apa yang Anda rasakan.

Kemudian, perlahan-lahan, dengan gaya seperti gelombang, pisahkan tangan Anda, sampai ada jarak lima atau enam inci di antara mereka; lalu dorong kembali ke arah satu sama lain, sampai hampir tetapi tidak terlalu bersentuhan. Ulangi gerakan ini, sepuluh atau lima belas kali (dengan mata terbuka atau tertutup), dengan perhatian Anda, sekali lagi, di ruang antara kedua telapak tangan, yaitu di antara dua titik Lao Gong.

Kemungkinan Anda akan mulai merasakan sensasi panas atau kesemutan, atau rasa berat (atau ringan), atau perasaan magnetis atau seperti gula-gula di dalam dan di antara telapak tangan. Ini, setidaknya sebagian, adalah aktivasi poin Lao Gong.

Setelah poin Lao Gong Anda diaktifkan dengan cara ini, Anda dapat menggunakan Qi (energi gaya hidup) yang mengalir dari telapak tangan Anda untuk memberi makan, mendukung, dan menyelaraskan Qi teman dan klien Anda, melalui teknik penyembuhan qigong khusus, atau “penumpangan tangan” yang lebih intuitif.

He Gu : Akupresur LI4: Usus Besar 6

He Gu (LI4) biasanya digunakan untuk stres, nyeri wajah, sakit kepala, sakit gigi dan sakit leher.

Hari ini, He Gu (LI4) secara klinis digunakan untuk stres, nyeri wajah, sakit kepala, sakit gigi dan sakit leher. He Gu (LI4) terletak di titik tertinggi otot saat ibu jari dan jari telunjuk dirapatkan. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan merangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Titik tersebut terletak di titik tertinggi otot saat ibu jari dan jari telunjuk disatukan.

Temukan titik di antara jaring jari pertama dan kedua.

Pijat titik tersebut selama 4-5 detik. Saat menerapkan akupresur, cobalah untuk rileks dan bernapas dalam-dalam saat Anda memijat area tersebut. Pijat dan akupresur dapat dilakukan sendiri, atau oleh orang lain yang siap membantu Anda.

Teks pengobatan tradisional Tiongkok kuno mencakup berbagai macam indikasi He Gu (LI4) dari sakit kepala dan sembelit hingga nyeri umum dan persalinan tertunda. Perhatian untuk hal ini adalah bahwa He Gu (LI4) dapat menginduksi persalinan, oleh karena itu tidak boleh digunakan selama kehamilan.

He Gu (LI4) adalah poin yang telah dipelajari secara ekstensif melalui uji coba terkontrol secara acak dan penelitian klinis. Studi terbaru dari Journal of Orofacial Pain menunjukkan bahwa stimulasi He Gu (LI4) secara signifikan mengurangi nyeri myofascial pada otot rahang [2]. Sebuah tinjauan sistematis Cochrane baru-baru ini tentang akupunktur pada migrain dan sakit kepala tipe tegang menunjukkan stimulasi titik akupuntur sebagai pilihan yang efektif dan berharga untuk mengurangi migrain dan sakit kepala tipe tegang [1].

Shou San Li : Titik Akupresur LI10: Usus Besar 10

Shou San Li (LI10) biasanya digunakan untuk nyeri leher, nyeri bahu, diare, dan tennis elbow.

Shou San Li (LI10) biasanya digunakan untuk nyeri leher, nyeri bahu, diare, dan tennis elbow. Shou San Li (LI10) terletak di permukaan luar lengan bawah dan lebar tiga jari di bawah lipatan siku saat siku ditekuk 90 derajat. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan merangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di dekat permukaan lateral siku.

Ruang tiga jari di bagian distal lipatan siku, di bagian depresi antara otot.

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik. Saat menerapkan akupresur, cobalah untuk rileks dan bernapas dalam-dalam saat Anda memijat area tersebut. Pijat dan akupresur dapat dilakukan sendiri, atau oleh orang lain yang siap membantu Anda.

Beberapa makalah ilmiah menyebutkan bahwa Shou San Li (LI10) bersama dengan Zu San Li (ST36) meningkatkan keteraturan aktivitas mioelektrik lambung [1] yang mungkin menunjukkan hubungannya dalam mempengaruhi fungsi gastrointestinal.

Zhong Zhu: Titik Akupresur TE3: Triple Energizer 3 atau (Central Islet)

Zhong Zhu (TE3) biasanya digunakan di klinik untuk sakit kepala temporal, ketegangan bahu dan leher, dan nyeri punggung atas.

Zhong Zhu (TE3) biasanya digunakan di klinik untuk sakit kepala temporal, ketegangan bahu dan leher, dan nyeri punggung atas. Titik ini terletak di alur yang dibentuk oleh tendon jari ke-4 dan ke-5 di belakang buku-buku jari. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik di alur kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan menstimulasi area tersebut selama 4-5 detik.

Temukan titik di alur antara buku jari ke-4 dan ke-5

Berikan tekanan kuat ke dalam depresi

Pijat dan simulasikan titik tersebut selama 4-5 detik. Stimulasi Zhong Zhu (TE3) ditunjukkan dalam pemindaian MRI fungsional untuk merangsang lobus frontal dan temporal serta lobus oksipital dan serebelum [1]. Ini menunjukkan bahwa Zhong Zhu (TE3) mungkin memiliki efek untuk pasien dengan kondisi klinis yang berhubungan dengan area tersebut. Dalam sebuah studi klinis, Zhong Zhu (TE3) dirangsang dengan akupunktur atau moksibusi untuk mengobati vertigo serviks; kedua metode pengobatan menunjukkan efek terapeutik yang baik tetapi moksibusi menghasilkan tingkat efektif yang lebih tinggi dari 78 kasus klinis [2].

Nei Guan : Titik Akupresur P6: Perikardium 6 atau

Nei Guan biasanya digunakan untuk membantu meredakan mual, sakit perut, mabuk perjalanan, carpal tunnel syndrome, dan sakit kepala.

Nei Guan (P6 atau PC6) biasanya digunakan untuk membantu meredakan mual, sakit perut, mabuk perjalanan, carpal tunnel syndrome, dan sakit kepala. Nei Guan (P6) terletak tiga jari di bawah pergelangan tangan di lengan bawah di antara dua tendon. Untuk mencari dan menggunakan titik akupresur ini, (1) cari titik tersebut dengan membalikkan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke atas, kemudian (2) tekan ke bawah di antara kedua tendon, pijat dan rangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di aspek medial tangan.

Jarak empat jari di bawah pergelangan tangan. Terletak di bagian depresi antara tendon. Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Dikutip dalam banyak penelitian bahwa stimulasi Nei Guan (P6) meredakan mual dan muntah pada kehamilan [1] dan juga membantu mencegah mual dan muntah pasca operasi [2]. The Journal of Autonomic Neuroscience juga menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan P6 dan Zu San Li (ST36) memiliki kombinasi, efek sinergis pada motilitas gastrointestinal [3]. Dalam penelitian lain, Nei Guan juga telah terbukti membantu meringankan cegukan [4].