Materi Pelatihan Totok Syaraf Jari Petir

Pengobatan Tradisional Cina telah ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan mencakup berbagai praktek medis. Hidup harmonis dengan segala hal penting dalam pendekatan Cina untuk kesehatan dan kesejahteraan. Sementara ini adalah topik yang luas, fokus kami adalah pada berbagai konsep model Pengobatan Tradisional Cina yang relevan dengan penerapan terapi secara alami.

Semuanya Dimulai dengan Energi
Inti dari Pijat Refleksi dan Pengobatan Tradisional Cina adalah konsep Qi. Ini adalah energi kekuatan hidup. Itu adalah energi penciptaan dan mengalir melalui tubuh Anda seperti darah yang bersirkulasi melalui arteri dan vena Anda.

Tubuh manusia memiliki 12 saluran utama atau jalur untuk mengalirkan Qi. Jalur itu seperti sistem peredaran darah untuk energi. Ketika Qi Anda mengalir sebagaimana mestinya, tubuh Anda dalam keadaan seimbang. Anda merasa berenergi, hidup dan sehat. Namun, ketika Qi Anda terganggu, ketidakharmonisan ini pada akhirnya muncul sebagai gejala fisik dalam tubuh Anda jika ketidakseimbangan Qi berlanjut dalam waktu yang lama.

Ini mudah untuk dipahami jika Anda membandingkan aliran Qi dengan sungai. Jika sungai mengalir dengan lancar, maka ekosistem seimbang. Namun, jika sungai terhalang, sedimen mulai menumpuk dan akhirnya menyumbat sungai, menyebabkan masalah baik di hulu maupun hilir.

Stres dapat membatasi aliran Qi di tubuh Anda yang menyebabkan terhambatnya energi di beberapa area tubuh Anda dan tidak cukup mengalir ke area lain. Untuk kembali seimbang, Anda perlu memastikan bahwa Qi Anda mengalir dengan lancar dan melimpah ke seluruh tubuh Anda.

Referensi Hadits :

Ruqyah dengan Jari, tanah dan air ludah

حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ وَابْنُ أَبِي عُمَرَ وَاللَّفْظُ لِابْنِ أَبِي عُمَرَ قَالُوا حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَبْدِ رَبِّهِ بْنِ سَعِيدٍ عَنْ عَمْرَةَ عَنْ عَائِشَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ إِذَا اشْتَكَى الْإِنْسَانُ الشَّيْءَ مِنْهُ أَوْ كَانَتْ بِهِ قَرْحَةٌ أَوْ جُرْحٌ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِإِصْبَعِهِ هَكَذَا وَوَضَعَ سُفْيَانُ سَبَّابَتَهُ بِالْأَرْضِ ثُمَّ رَفَعَهَا بِاسْمِ اللَّهِ تُرْبَةُ أَرْضِنَا بِرِيقَةِ بَعْضِنَا لِيُشْفَى بِهِ سَقِيمُنَا بِإِذْنِ رَبِّنَا قَالَ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ يُشْفَى و قَالَ زُهَيْرٌ لِيُشْفَى سَقِيمُنَا

Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah(1) dan Zuhair bin Harb(2) serta Ibnu Abu ‘Umar(3) dan lafazh ini miliknya Ibnu Abu ‘Umar dia berkata; Telah menceritakan kepada kami Sufyan(4) dari ‘Abdu Rabbih bin Sa’id(5) dari ‘Amrah(6) dari ‘Aisyah(7) bahwa apabila seseorang mengadukan suatu penyakit yang dideritanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, seperti sakit kudis, atau luka, maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam berucap sambil menggerakkan anak jarinya seperti ini -Sufyan meletakkan telunjuknya ke tanah, kemudian mengangkatnya- Bismillahi turbatu ardhina biriiqati ba’dhina liyusyfaa bihi saqiimuna bi idzni rabbina.” (Dengan nama Allah, dengan debu di bumi kami, dan dengan ludah sebagian kami, semoga sembuhlah penyakit kami dengan izin Rabb kami). Ibnu Abu Syaibah berkata; ruqyah tersebut berbunyi; Yusyfaa saqiimunaa’. Dan Zuhair berkata; Doa ruqyah tersebut berbunyi; Liyusyfaa saqiimunaa.

Tehnik ruqyah tepukan/ tabokan

عَنْ عُثْمَانَ بْنِ أَبِي الْعَاصِ قَالَ لَمَّا اسْتَعْمَلَنِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى الطَّائِفِ جَعَلَ يَعْرِضُ لِي شَيْءٌ فِي صَلَاتِي حَتَّى مَا أَدْرِي مَا أُصَلِّي فَلَمَّا رَأَيْتُ ذَلِكَ رَحَلْتُ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ ابْنُ أَبِي الْعَاصِ قُلْتُ نَعَمْ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ مَا جَاءَ بِكَ قُلْتُ يَا رَسُولَ اللَّهِ عَرَضَ لِي شَيْءٌ فِي صَلَوَاتِي حَتَّى مَا أَدْرِي مَا أُصَلِّي قَالَ ذَاكَ الشَّيْطَانُ ادْنُهْ فَدَنَوْتُ مِنْهُ فَجَلَسْتُ عَلَى صُدُورِ قَدَمَيَّ قَالَ فَضَرَبَ صَدْرِي بِيَدِهِ وَتَفَلَ فِي فَمِي وَقَالَ اخْرُجْ عَدُوَّ اللَّهِ فَفَعَلَ ذَلِكَ ثَلَاثَ مَرَّاتٍ ثُمَّ قَالَ الْحَقْ بِعَمَلِكَ قَالَ فَقَالَ عُثْمَانُ فَلَعَمْرِي مَا أَحْسِبُهُ خَالَطَنِي بَعْدُ

“. Dari Utsman bin Abu Al ‘Ash, ia berkata, “Ketika Rasulullah SAW menugaskanku di Thaif, tiba-tiba sesuatu menghalangi (mengganggu) shalatku, hingga aku tidak menyadari shalat yang sedang aku kerjakan. Ketika aku sadari itu, maka aku lekas pergi kembali menemui Rasulullah SAW, beliau pun bersabda, ‘Ibnu Abu Al ‘Ash! Aku menjawab, ‘Ya, wahai Rasulullah!’ Beliau bertanya, ‘Kabar apa yang kamu bawa?’ Aku menjawab, ‘Wahai Rasulullah, sesuatu telah menghalangi dalam shalatku sehingga aku tidak menyadari shalat yang sedang aku kerjakan.’ Beliau berkata, ‘Itu adalah syetan. Mendekatlah kamu.’ Kemudian kudekati beliau dan aku duduk di atas bagian dalam kedua telapak kakiku’.” Perawi bercerita, “Maka beliau memukul dadaku dengan tangannya dan menyembur di arah mulutku dan bersabda, ‘Keluarlah wahai musuh Allah! Beliau melakukannya tiga kali, lalu bersabda, ‘Kembalilah kepada tugasmu semula’. ” Perawi berkata, “Ustman berkata, ‘Demi usiaku! Aku tidak pernah merasakan lagi syetan menggangguku.” Shahih: At-Ta’liq ‘Ala Ibnu Majah (3/3548).

Totok Syaraf Jari Petir refleksi adalah cara penyembuhan atau mengobati penyakit melalui Totokan atau pijatan urat saraf dari sumbernya langsung. Karena sesungguhnya sang pencipta memberi pengobatan kepada tubuh manusia itu secara reflek atau langsung dengan kita melakukan aktifitas sehari-hari kita akan sehat. Karena semua titik-titik refleksi Syaraf yang di tubuh, telapak kaki dan tangan sudah mewakili setiap organ atau bagian-bagian tubuh kita. Maka jika ada bagian tubuh kita yang sakit atau fungsi sarafnya tidak normal maka titik refleksi di tangan atau di kaki akan terasa sakit. Untuk itu Pengobatannya dapat dilakukan dengan menekan beberapa titik yang ada di telapak kaki, tangan dan bisa juga dengan totok wajah.

Teknik Totok Syaraf Jari Petir:

  1. Secara alami titik akupuntur
  2. Dengan amalan melatih kekuatan jari
  3. Dengan minyak ramuan totok

Totokan atau Akupresur adalah teknik memijat yang efektivitasnya telah dibuktikan oleh berbagai penelitian ilmiah.

Secara prinsip, Totokan/ akupresur sebenarnya hampir sama dengan terapi akupunktur atau pijat refleksi. Namun bedanya, yang ini dapat dilakukan siapa saja, kapan saja dan tanpa pengetahuan medis khusus sama sekali.

Tahap 1: Memijat Titik Refleksi di Kepala

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengambil posisi tubuh yang nyaman dan rileks. Usahakan hindari gangguan yang mungkin bisa terjadi.

Memijat tiap titik jangan terlalu lama, cukup 30 detik hingga 1 menit.

Pijat titik-titik tersebut dengan gerakan menekan ringan atau memutar. Biasanya, dengan memijat Tahap 1, terjadi relaksasi, nyaman, sakit kepala menghilang selama proses memijat atau 5-10 menit setelah itu.

Berikut ke-6 titik utama di kepala.

1. Yintang

Yintang
Titik Yintang

Yang pertama adalah titik Yintang atau mata ketiga. Terletak di antara alis ditempat pertemuan garis lurus dari hidung masuk ke dahi.

Titik inilah yang bertanggung jawab untuk meredakan sakit kepala dan kelelahan pada mata.

2. Zan Zhu

Zan Zhu
Titik Zan Zhu

Yang kedua adalah titik Zan Zhu, yang berada pada dasar tepi bagian dalam alis, kiri dan kanan.

Selain meredakan sakit kepala, pijatan pada daerah ini juga mengurangi hidung meler dan meningkatkan ketajaman visual.

Lakukan pijatan selama 1 menit dengan gerakan menekan atau melingkar.

3. Yingxiang

Yingxiang
Titik Yingxiang

Titik ketiga adalah titik Yingxiang yang terletak pada kedua sisi lubang hidung sejalan dengan mata.

Untuk menemukannya, cari titik yang sedikit menjorok ke dalam dibagian bawah tulang pipi.

Disamping meredakan sakit kepala, pijatan pada titik ini juga akan membantu untuk membuka sinus, meredakan sakit gigi, dan menghilangkan stres.

4. Tian Zhu

Tian Zhu
Titik Tian Zhu

Selanjutnya adalah titik Tian Zhu.  Titik-titik tersebut terletak dibelakang kepala bagian tengah, antara telinga dan awal tulang belakang.

Memijat titik-titik ini membantu untuk meringankan hidung tersumbat, sakit pada mata, telinga, nyeri kepala dan sakit kepala sebelah (Migrain).

5. Shuai Gu

Shuai Gu
Titik Shuai Gu

Yang kelima adalah titik Shuai Gu yang terletak 2-3 cm dari awal garis rambut di atas telinga.

Untuk menemukannya, anda perlu merasakan titik yang sedikit ke dalam. Tekanan diterapkan ke daerah ini mengurangi rasa sakit pada wilayah temporal.

6. He Gu

He Gu
Titik He Gu

Yang terakhir adalah titik He Gu.  Titik ini merupakan titik yang sudah familiar meredakan sakit kepala.

Titik ini terletak dipunggung tangan antara ibu jari dan jari telunjuk.

Apabila tekanan diterapkan ke daerah ini juga akan mengurangi rasa sakit dipunggung, sakit gigi, dan ketegangan pada otot leher.

.

Tahap 2: TOTOK SYARAF JARI PETIR

Terapi ini adalah dengan menggunakan tehnik penekanan pada syaraf-syaraf akupuntur.

Berikut saya akan menjelaskan tehnik terapi totok jari petir tersebut.

Terapi hanya bermain dengan jari jempol saja tepatnya dititik lengkungan tulang,yang bila terkena dengan titik syaraf akan menimbulkan kejutan pada syaraf pasien yang menyebabkan pasien menjerit kesakitan, tata caranya adalah dengan menekan titik-titik akupuntur berikut akan tetapi sebelumnya gunakan minyak totok jari petir yang sebelum melakukan terapi di oleskan dahulu ke telapak kaki si pasien, karena minyak ini akan menjadi penghantar energi listrik di dalam tubuh pasien.

  1. TITIK YIN TANG
    Pijatlah titik yang terdapat pada dahi,persis diantara kedua ujung dalam alis,pijat selama satu menit dengan lembut, dan ulangi beberapa kali dalam seminggu, untuk membantu mengurangi stress,mata tegang,sakit kepala,hidung tersumbat dan imsomnia.

2.TITIK ZHAN ZHU POINTS
Titik ini simetris antara kanan dan kiri,berada di dasar tepi bagian dalam alis. Memijat bagian ini akan mengurangi hidung meler dan meningkatkan ketajaman penglihatan. pijat selama satu menit dengan gerakan menekan dan melingkar.YINGXIANG POINTS
Titik ini terletak di kedua sisi luang hidung yang sejajar dengan mata. Pijat bagian titik ini akan membantu membuka sinus,mengatasi sakit kepala dan gigi juga meredakan stress.

3. TIAN ZHU POINTS
Titik ini terletak di bagian belakang kepala. tepatnya dibawah rambut di sebelah luar kanan dan kiri otot besar. Pijat titik ini akan membantu meringankan hidung tersumbat,nyeri pada mata dan telinga sakit kepala parah da migrain

4. SHUAI GU POINTS
Titik ini terletak di sekitar 2 sampai 3 cm di atas telinga (jika anda mengigit gigi akan terasa ada otot yang mengeras pada kepala bagian samping). Tekan titik ini akan mengurangi rasa sakit di kepala wilayah temporal, dan mengurangi kelelahan pada mata.

  • 5. JIAN JING
    Titik ini terletak di ujung kedua bahu. kamu bisa memijatnya dengan memberi tekanan kearah bawah pada kedua titik tersebut menggunakan jari telunjuk atau ibu jari. Pijat titik ini selama 4-5 detik untuk meredakan otot leher yang kaku,tegang pada bahu,dan sakit kepala kronis sehari-hari.
    unutkan jari,kemudian gunakan ibu jari untuk menekan ketitik tengkorak kepala. Pijat dan stimulasi area ini selama 4-5 detik. Titik ini direkomendasikan saat pasien merasa sakit kepala migrain kelelahan atau mengalami gejala flu.

6. .LAO GONG
Titik ini terletak dibagian tengah telapak tangan. Tekan titik tersebut untuk menstimulasi selama 2-3 detik. Ulangi beberapa kali dalam seminggu. Akupresur pada titik ini berguna untuk meredakan demam ringan dan rasa panik berlebih.

  • 7. HO GU
    Pijatlah titik yang terletak di antara pangkal ibu jari dan jari telunjuk selama 4-5 detik. Rangsangan pada titik ini dapat meredakan sakit kepala,sakit leher,sakit gigi, dan stress. Jangan lakukan jika pasien sedang hamil karena ini bisa memacu induksi dan menyebabkan keguguran kandungan.
  • 8. SHOU SAN LI
    Titik ini terletak pada permukaan luar lengan bawah. Di bawah lipatan siku selebar 3 jari saat siku ditekuk 90 derajat. Pijat area ini selama 4-5 detik karena dapat mengurangi kaku pada leher,nyeri pada bahu dan diare.
  • 9. ZHONG ZHU
    Titik ini terletak di belakang buku-buku jari tangan,antara jari manis dan kelingking. Tekan kuat titik ini sambil memijat selama 4-5 detik. Akupresur ini untuk mengurangi sakit kepala yang muncul tiba-tiba,nyeri bahu,otot leher yang tegang dan nyeri pada punggung bagian atas.
  • 10. NEI GUAN
    Letakkan 4 jari di bawah bagian dalam pergelangan tangan,di situlah titik akupresur untuk mengatasi rasa mual saat hamil,mual karena mabuk, dan sakit kepala. Pijat titik ini perlahan selama 4-5 detik
  • 11. TAI CHONG
    Titik tai chong terletak pada punggung kaki sekitar 2 jari lebarnya dibawah pangkal jari telunjuk dan ibu jari kaki. Pijatan kencang pada area ini selama 2-3 detik berpengaruh pada tekanan darah tinggi,kram menstruasi, sakit punggung belakang dan sakit kepala.
  • 12. SAN YIN JIAO
    Letakkan 4 jari di atas titik tertinggi pergelangan kaki. Berikan tekanan kuat pada titik ini dan pijat selama 4-5 detik. Ini berguna bagi perempuan yang sedang mengalami kram perut karena menstruasi, sakit pinggang dan imsomnia. Tapi ingat tidak disarankan untuk memijat ibu hamil pada bagian ini.
  • 13. ZU SAN LI
    Titik akupresur ini terletak pada sisi yang menghadap ke luar kaki, sekitar 4 jari lebarnya dari bagian bawah tempurung lutut. Tekan dan pijat otot pada area titik sekitar 4-5 detik ketika mengalami rasa lelah dan stress berlebih, atau memiliki masalah pada pencernaan.

Tahap 4. Titik Refleksi dan Akupresur untuk Hipertensi


Ada tiga poin yang bermanfaat untuk pijat. Mereka adalah titik awal yang bagus untuk kesehatan dan kebugaran. Poin-poin ini membantu meningkatkan Qi Anda, membuatnya mengalir dan juga membantu menyehatkan kekurangan mendasar yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

1. Kidney Point (Ginjal)

PERINGATAN: Jangan memijat titik Ginjal jika Anda sedang hamil karena letaknya di dekat titik akupunktur, Ginjal-1, yang digunakan untuk menginduksi persalinan.

Titik ginjal adalah salah satu titik terpenting untuk pijat untuk hipertensi. Itu karena membantu meningkatkan Qi Ginjal Anda, menyelaraskan meridian Ginjal, dan mengencangkan (ya, itu istilah dalam istilah Pengobatan Tradisional Cina) Defisiensi ginjal yang mungkin menjadi akar dari peningkatan tekanan darah.

Selain itu, mereka yang menderita hipertensi sekunder yang berhubungan dengan ginjal juga akan mendapat manfaat dari hal ini. Harmonisasi meridian Ginjal membantu mendukung fungsi ginjal. Jika Anda ingin membaca lebih lanjut tentang hal ini dan bagaimana hal ini membantu nenek saya ketika dia mengalami gagal ginjal, daftar ke buletin saya dan Anda akan menerima serangkaian pelajaran online gratis. Poin Ginjal adalah pelajaran 3.

Cara Menemukan dan Memijat Titik Refleksi Ginjal

Titik refleksi ginjal Anda terletak di telapak kedua kaki. Untuk menemukan titik ini, bayangkan garis horizontal yang membagi dua kaki Anda dari ujung jempol kaki Anda (garis 1 dalam diagram) ke pangkal tumit Anda (garis 4 dalam diagram).

Chinese Reflexology poiint for kidney

Chinese Reflexology poiint for Ginjal Titik Ginjal Anda terletak di atas garis horizontal ini (garis 3 dalam diagram) dan di bawah garis di bagian bawah telapak kaki Anda (garis 2 pada diagram).

Selanjutnya, bayangkan garis vertikal yang membagi kaki Anda menjadi dua. Ini berpotongan dengan garis horizontal (garis 3) untuk membentuk empat kuadran. Dua pertiga titik Ginjal terletak di kuadran dalam atas dan sepertiga lainnya terletak di kuadran luar atas.

Untuk memijat titik ini, tekan dengan ibu jari Anda dan gosok ke atas dan ke bawah selama sekitar 15 hingga 30 detik. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan buku jari untuk menggosoknya dengan gerakan naik turun. Ulangi untuk kaki lainnya. Berlatihlah setiap hari.

Jika Anda merasakan iritasi kulit akibat gesekan saat menggosok, hentikan memijat titik tersebut hingga kulit sembuh. Anda bisa menggunakan pelumas seperti minyak almond atau Vaseline untuk mengurangi gesekan.

Jika Anda ingin mempelajari lebih lanjut tentang Titik Ginjal, termasuk petunjuk lebih rinci tentang cara menemukan titik ini secara akurat, Anda dapat mengeklik di sini untuk mendaftar pelajaran gratis.Tai Chong (Hati-3)
PERINGATAN: Jangan memijat titik Tai Chong (Hati-3) jika Anda sedang hamil. Titik ini dengan kuat menggerakkan Qi dan merupakan kontraindikasi (tidak digunakan) saat hamil karena dapat menyebabkan persalinan.

2. Tai Chong, Liver-3 (LV-3)

Terletak di meridian Hati tubuh Anda. Dalam Pengobatan Tiongkok, Hati memainkan peran kunci dalam memastikan kelancaran aliran Qi ke seluruh tubuh. Emosi kemarahan dan frustrasi terkait dengan Hati dan berdampak negatif pada kemampuan Hati untuk memperlancar aliran Qi di tubuh Anda.

Bagaimana Menemukan dan Memijat Hati-3

Cara menemukan hati taichong 3 Titik ini terletak di bagian atas kaki di selaput antara jempol kaki dan kedua jari kaki. Gunakan ibu jari Anda untuk merasakan tulang kedua jari kaki agar Anda bisa merasakan di mana keduanya berpotongan. Kemudian geser ibu jari Anda selebar ibu jari di atas persimpangan ini dan tekan ke dalam jaring di antara tulang. Tekan dan tahan sekitar satu menit di setiap kaki.

how to locate taichong liver 3

Poin ini sangat bermanfaat untuk memperlancar aliran Qi Hati di tubuh Anda serta darah bergizi dan kekurangan Yin di Hati.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa saya tidak mengajarkan poin refleksi hati di sini. Saya hanya mengajarkan poin ini di lokakarya dan kelas karena salah satu fungsi utama hati Anda adalah menyaring darah dan memecah racun di dalam tubuh.

Artinya, seiring waktu, terutama jika Anda tidak 100% sehat, racun dapat menumpuk di Hati. Jika Anda memijat titik ini tanpa panduan, Anda dapat melepaskan lebih banyak racun daripada yang dapat ditangani oleh sistem Anda dan Anda dapat membuat tubuh Anda kewalahan, mengakibatkan gejala detoksifikasi seperti iritabilitas, ruam atau kelelahan. Mereka pada akhirnya akan menghilang, tetapi mengapa membuat diri Anda sengsara ketika ada cara yang lebih baik untuk melakukan ini?

Bagian dari proses penyembuhan untuk menyeimbangkan tubuh Anda adalah menyembuhkan dengan pendekatan yang seimbang :).

3. Shen Men (Heart-7)

Terjemahan bahasa Inggris dari Shen Men adalah “Spirit Gate.” Karena stres dan ketegangan adalah faktor utama dalam meningkatkan tekanan darah Anda, penting untuk menenangkan diri agar tubuh Anda memiliki ruang untuk pulih.

Stres yang terus-menerus meningkatkan ketegangan di arteri dan vena Anda. Ini mengganggu aliran alami Qi di tubuh Anda. Ini muncul secara berbeda pada orang yang berbeda, tetapi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi, inilah yang muncul di tubuh Anda.

Tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa perlu menghilangkan stres. Dan jika Anda menderita hipertensi sekunder terkait ginjal, tubuh Anda

Tubuh Anda memberi tahu Anda bahwa perlu menghilangkan stres. Dan jika Anda menderita hipertensi sekunder terkait ginjal, tubuh Anda meminta Anda untuk melihat faktor-faktor yang memengaruhi keseimbangan di meridian Ginjal dan Ginjal Anda. Dari perspektif Tubuh Pikiran, Anda mungkin bekerja terlalu banyak dan terlalu memaksakan diri. Anda mungkin juga memiliki kebiasaan lama untuk mendahulukan orang lain dari diri Anda sendiri.

Bagaimana Menemukan dan Memijat Jantung-7

Bagaimana menemukan titik akupunktur Shen Men, shenmen, jantung 7 Untuk menemukan titik Heart-7, lihat pergelangan tangan Anda dengan telapak tangan menghadap ke atas. Tepat di pangkal telapak tangan Anda di mana tangan Anda bertemu dengan pergelangan tangan Anda adalah lipatan di kulit. Meskipun ada cukup banyak garis di area ini, satu akan tampak lebih menonjol daripada yang lain.

How to locate Shen Men, shenmen, heart 7 acupuncture point

Selanjutnya, perhatikan di mana pangkal jari kelingking dan jari manis Anda bertemu. Bayangkan sebuah garis vertikal dari titik ini mengarah ke bawah menuju lipatan pergelangan tangan Anda. Tekan lipatan pergelangan tangan tempat garis imajiner ini berpotongan dengannya.

Rasakan sedikit lekukan antara tulang dan tendon di pergelangan tangan Anda. Saat ibu jari Anda menekan ke dalam depresi ini, Anda telah menemukan “Gerbang Jiwa” Anda. Tekan dan tahan titik ini selama sekitar 60 detik di setiap pergelangan tangan. Kapan pun Anda merasa kesal atau stres, Anda dapat menekan poin ini untuk membantu menenangkan diri.

Poin Refleksi Cina Tambahan untuk Tekanan Darah Tinggi
Faktanya adalah tidak ada lima titik pijat refleksi ajaib yang dapat Anda pijat untuk segera menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Bahkan dengan akupunktur, Anda memerlukan beberapa perawatan selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk memengaruhi pembacaan tekanan darah Anda.

Untuk tekanan darah tinggi, secara konsisten memijat semua titik Pijat Refleksi Cina di kaki Anda akan menghasilkan manfaat terbesar karena semuanya saling berhubungan. Jika Anda memikirkannya, ketika Pengobatan Barat tidak dapat menentukan penyebab penyakit atau penyakit, itu mungkin karena lebih dari satu elemen yang terlibat. Misalnya, Anda tidak bisa hanya melihat hidung untuk menyembuhkan diri sendiri dari alergi.

Ketika Anda secara teratur memijat semua titik refleksiologi Anda, dan idealnya dengan tongkat refleksiologi, tubuh Anda secara bertahap kembali seimbang karena Anda mengatasi ketidakharmonisan Qi yang mendasari dalam tubuh Anda. Pijat refleksi Cina adalah tentang menyembuhkan seluruh tubuh Anda daripada terpaku pada beberapa angka yang muncul dalam pembacaan tekanan darah.

Untuk memahami poin mana yang terbaik untuk kesehatan Anda, saya sarankan membaca artikel saya tentang Cara Mengetahui Poin Pijat Refleksi Cina Terbaik untuk Anda.

Tahap 4: Titik Refleksi Syaraf Untuk Stroke

Titik-titik refleksi stroke fokuskan pada titik pada organ otak dan kepala serta titik refleksi untuk memperlancar peredaran darah. Selain itu titik syaraf untuk system kelenjar juga akan saya tambahkan. Untuk lebih jelasnya berikut ini titik refleksi untuk terapi penderita stroke.

  • Titik refleksi telapak kaki terdiri dari titik refleksi otak kanan dan kiri, kelenjar titik untuk memperlancar peredaran darah serta untuk kekebalan tubuh penderita stroke. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat titik refleksi telapak kaki berseta keterangannya pada link tersebut
  • Titik refleksi punggung kaki terdiri dari 3 titik refleksi kelenjar getah bening dan sistem keseimbangan tubuh silahkan lihat keterangannya di titik refleksi punggung kaki pada posting saya terdahulu atau dengan klik link tersebut
  • Titik refleksi telapak tangan dan punggung tangan terdiri dari titik refleksi kepala, sistem kekebalan tubuh, kelenjar dan untuk kesehatan jantung. Untuk keterangannya silahkan lihat pada posting gambar titik refleksi tangan

Cara Pijat Refleksi Stroke

Sebenarnya untuk penderita stroke anda bisa memijat semua titik refleksi kaki dan tangan tanpa terkecuali, namun memfokuskan pada titik-titik refleksi tertentu seperti yang sudah saya jelaskan diatas, insyaAlloh akan lebih optimal dan menghemat waktu proses terapi. Sebelum melakukan proses pemijatan pada penderita stroke, sebaiknya lakukan pemanasan dengan memijat/menggosok kaki atau tangan yang akan di terapi selama 5 menit, setelah itu lakukan pemijatan dengan menggunakan jari tangan atau stick dari kayu selama 3 menit pada setiap titiknya. Lakukan pemijatan sebanyak 3 kali sehari selama 3 hari berturut-turut, setelah itu anda bisa melakukan terapi setiap hari 1 kali.

Pada penderita stroke yang mengalami kelumpuhan, biasanya tak akan merasakan sakit pada titik refleksi yang diterapi, hal itu wajar karena ada gangguan syaraf sensorik pada otak sebagai pengendali dan kontrol tubuh. Tetap lakukan pemijatan dengan telaten dan insyaAlloh akan ada perubahan pada 2 minggu pertama setelah terapi dimulai.

Titik Akupresur Stroke

Beberpa titik akupresur yang berada di wajah dan kepala bagian depan serta titik akupresur yang berada di kepala dan leher bagian belakang, tambahkan titik akupresur ini dalam sesi terapi pada penderita stroke setelah selesai melakukan pemijatan pada semua titik refleksi yang sudah saya jelaskan diatas. Dan berikut ini gambar titik akupresur untuk penderita stroke.

Untuk pemijatan pada titik akupresur yang sudah saya tandai dengan warna merah pada gambar diatas, jangan memijatnya terlalu keras, lakukan dengan perlahan saja selama 3 menit pada setiap titiknya. Anda juga bisa menambahkan titik akupresur energi untuk menambah stamina penderita stroke pada titik-titik pembangkit energi yang sudah saya share terdahulu. Jangan lupa setelah selesai proses terapi pijat refleksi dan akupresur untuk banyak minum air putih, kalau mampu minimal 500 ml atau 2 gelas besar.

Dengan kesabaran, iktiar dan do’a serta tawakal kepada Alloh subhanahu wata’ala, insyaAlloh penyakit stroke bisa sembuh dengan metode pengobatan totokan. refleksi dan akupresur, namun jenis penyakit ini harus selalu menjalani terapi secara rutin dan teratur dan membutuhkan waktu pemulihan yang tidak singkat. Anda juga bisa mengkombinasikan dengan minum obat herbal dan metode pengobatan lainnya yang dibenarkan untuk mempercepat kesembuhan.

Tahap 5: Refleksi untuk melepas stres dan meningkatkan libido

Ada lima titik akupunktur tanpa jarum alias akupresur yang bisa mengatasi stres dan meningkatkan gairah seksual alias libido. Ini titik-titiknya.

1. Titik di kepala

Titik pijatan ini (DU20) terletak di sisi atas kepala. Kepala adalah tempat manusia berpikir. Semua pikiran dan pekerjaan yang dilakukan, pasti melibatkan otak. Seks sendiri juga bisa terhambat jika otak terlalu stres memikirkan banyak hal. Maka dari itu, memijat bagian kepala di titik DU20 ini membantu menenangkan pikiran yang terlalu banyak.

Selain itu, pijatan di titik ini memungkinkan darah mengalir dengan cara yang lebih seimbang di dalam tubuh.

2. Titik di kaki

Lokasi ini terletak di telapak kaki bagian depan (titik K11) dan titik lainnya yakni SP4 terletak di bagian dalam kaki, dekat dengan garis jempol.

Titik K11 dan titik SP4 kedua dianggap sebagai titik yang kuat untuk menyeimbangkan energi di tubuh sambil meningkatkan aliran darah ke pusat tubuh. Kedua titik ini secara langsung dan secara erat berkaitan dengan organ reproduksi pria dan wanita.

3. Titik di betis

Ada dua titik pada pijatan betis ini. Posisi KI7 digunakan untuk meningkatkan Yang, menghangatkan energi tubuh. Selain itu posisi SP6 untuk meningkatkan produksi yin, yang menciptakan ketenangan energi dalam tubuh. Kedua titik ini bisa meningkatkan aliran darah.

Jika aliran darah lancar maka gairah dalam tubuh pasti sejalan beriringan. Titik K17 lebih cocok untuk pria, sedangkan titik SP6 titik yang lebih cocok untuk wanita.

4. Titik di bawah pusar

Lokasi titik ini tepatnya berada sekitar 2 jari di bawah pusar.

Titik ini (Ren6) lokasinya berdekatan dengan organ reproduksi yakni bagian yang digunakan dalam melakukan seks. Pijat bagian ini dengan hati-hati. Pijatan Ren6 merupakan bagian pernting untuk meningkatkan energi.

Ren6 termasuk titik yang seimbang karena letaknya berada pada titik yang paling menenangkan dari semua titik akupunktur. Pijat hati-hati Ren6 karena bisa membantu memelihara rasa keintiman dan gairah seksual dengan pasangan.

5. Titik perut bawah

Yang terakhir dari lima titik akupunktur yang tidak kalah pentingnya adalah bagian perut ini. Titik kecil ini berada di atas selangkangan, setara dengan posisi pinggul.

Titik ST30 ini berada tepat di dekat arteri utama yang bertugas membantu meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Perlahan, tekan titik ini selama beberapa detik, tahan, dan lepaskan. Untuk hasil terbaik, tahan kontak mata dengan pasangan selama melakukan rutinitas ini.

Titik ini dipilih agar dapat meningkatkan ketenangan. Ketenangan bisa membuat foreplay lebih sensitif, merangsang, dan menarik. Lakukan penekanan dengan lembut bukan dengan tekanan keras, dan gosok perlahan.