Titik Bekam Untuk Stroke

Titik Bekam Efektif Untuk Mengobati Stroke

Banyak faktor yang bisa memicu terjadinya penyakit stroke pada diri seseorang, diantaranya yang paling umum adalah gaya hidup yang tak sehat, adanya panyakit darah tinggi atau hipertensi, penderita diabetes dan masalah kegemukan atau obesitas juga beresiko besar mengalami serangan stroke. Oleh sebab itu selalu perhatikan kondisi kesehatan dan gaya hidup anda agar terhindar dari penyakit stoke ini.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan kesembuhan, dibutuhkan tekat yang kuat dan optimisme yang tinggi seorang pasien untuk mempercepat penyembuhan. Oleh sebab itu terapi psikologi juga sangat diperlukan untuk membesarkan hati penderita stroke sebagai modal dasar terapi yang akan dijalani selanjutnya. Salah satu terapi yang efektif untuk penyembuhan penyakit stoke adalah dengan melakukan bekam atau hijamah yang sudah terbukti mampu mengobati stroke dengan lebih cepat, aman dan biaya yang relatif lebih murah. Stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak akibat penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke organ tersebut. Kurang lancar atau bahkan terputusnya suplay darah ke otak akan berakibat pada melemahkan fungsi otak karena tak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk regenerasi jaringan dan sel-sel didalam otak.

Kerusakan otak akibat stroke akan berimbas pada kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan atau kiri bahkan kelumpuhan bisa terjadi pada semua anggota badan. Penyakit stroke bisa menimpa siapa saja baik pria maupun wanita, dewasa ini serangan stroke tak hanya menyerang para lansia saja, namun banyak kita jumpai kasus stroke yang dialami oleh orang muda yang kurang memperhatikan gaya hidup sehat.Letak titik bekam strokeBekam atau cupping dalam bahasa inggris telah digunakan oleh manusia untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan untuk menggunakan metode ini untuk pengobatan. Dan bekam merupakan salah satu terapi efektif untuk mempercepat penyembuhan pada penderita strok berat maupun stroke ringan.

Dalam melakukan terapi bekam pada penderita stroke dibutuhkan titik-titik yang tepat agar manfaat bekam bisa lebih cepat dirasakan oleh pasien. Oleh sebab itu disini saya akan berbagi gambar titik bekam stroke kanan dan kiri, karena banyaknya titik bekam yang dibutuhkan untuk pemulihan stroke, disini gambarnya saya bagi menjadi 2 bagian sebagai berikut:Titik bekam stroke kananUntuk penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan seperti kelumpuhan pada tangan dan kaki kanan, silahkan ambil titik bekam yang ada pada bagian tubuh sebelah kanan kecuali untuk titik yang berada di kepala untuk kelumpuhan sebelah kanan berarti titiknya ada pada kepala sebelah kiri karena syaraf kepala adalah terbalik.Titik yang anda butuhkan untuk stroke lumpuh sebelah kanan adalah: Titik nomor 1, 3, 4, 6, 8, 10, 12, 14 dan titik bekam di kaki dan tangan sebelah kanan yakni A, B, C, D, I, J, M, N, O, P yang bisa anda lihat pada gambat titik bekam d bawah.Titik bekam stroke lumpuh sebelah kiriSedangkan untuk terapi bekam yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kiri, titik bekam yang dibutuhkan berbeda dengan titik bekam pada penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada sisi kanan tubuh. Titik bekam yang dibutuhkan sebagian besar terletak pada sisi kiri tubuh dan titik di kepala saja yang berada di sisi kanan.

Dan titik bekam yang diperlukan untuk stroke lumpuh sebelah kiri adalah: Titik nomor 1, 2, 5, 6, 7, 9, 11, 13 dan dilanjutkan dengan titik bekam pada kaki dan tangan sebelah kiri yakni titik E, F, G, H, K, L, M, N, O, P.Tips terapi bekam strokeSebelum melakukan terapi bekam untuk penderita stroke, anda harus bisa menentukan terlebih dahulu apakah strokenya merupakan tipe pendarahan ( hemorragik) atau tipe stroke akibat sumbatan (iskemik). Jika stroke tipe pendarahan tunggu minimal 1 minggu setelah stroke baru bisa boleh dilakukan pembekaman pada titik bekam yang sudah saya jelaskan tadi.Dan jika tipe stroke yang diderita akibat sumbatan, anda boleh melakukan terapi bekam setelah minimal 24 jam setelah serangan stroke. Pembekaman yang dianjurkan adalah bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor pada beberapa titik bekam stroke yang sudah saya jelaskan diatas.Terapi bekam pada penderita stroke bisa anda lakukan maksimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali tergantung kondisi penderita. Untuk mempercepat proses penyembuhan pada penderita stroke, sebaiknya lakukan terapi harian dengan melakukan terapi pijat refleksi dan akupresur untuk penderita stroke. Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi terapi bekam untuk penderita stroke

Titik Akupresur Telapak dan Kaki (H1-8)

Chinese Reflexology Point for the Brain

Memijat Titik Refleksi untuk Otak

Seperti semua poin refleksiologi dalam Pijat Refleksi Tradisional Cina, Anda dapat menggunakan jari tangan, ibu jari, atau buku jari untuk memijat area refleks di kaki Anda. Untuk secara fisik menemukan dan membersihkan butir mikroskopis penyumbatan energi di kaki Anda, tongkat refleksi adalah alat terbaik untuk digunakan. Tongkat memungkinkan Anda merasakan butiran asam urat individu yang menumpuk di kaki Anda dan mewakili penyumbatan energi di tubuh Anda.

Untuk titik Otak, gunakan ibu jari untuk menekan dan menggosok bantalan jari kaki dengan gerakan naik turun dari ujung ibu jari hingga tepat di bawah alas kaki. Saat Anda memijat jari kaki, gerakkan melintasi bantalan jari kaki dari satu sisi ke sisi lainnya. Lakukan ini hingga 1 hingga 2 menit setiap hari. Ulangi untuk jari kaki lainnya.

BrainCopyrightHollyTse

Pentingnya Titik Refleksi Ginjal untuk Memori
Dalam Pengobatan Tradisional Cina, Ginjal menyimpan esensi hidup Anda (energi kekuatan hidup). Ketika esensi kehidupan menjadi habis, saat itulah tanda-tanda penuaan mulai muncul, termasuk uban, penurunan pendengaran dan penglihatan, lutut lemah, kemandulan, dan hilang ingatan. Itulah mengapa sangat penting untuk menjaga energi Ginjal Anda tetap kuat dan sehat. Memijat titik Pijat Refleksi Cina untuk Ginjal dapat membantu Anda melakukan ini.

Importance of the Kidney Reflexology Point for Memory

Yongquan, Finishing strokes

Foot massage - Finishing strokes

Yongquan, Pukulan akhir
Pijat kaki – Pukulan akhir
Orang bisa menggunakan pukulan finishing di akhir pijatan kaki. Untuk menggunakan teknik ini:

letakkan telapak tangan di kedua sisi kaki
tarik perlahan sisi kanan kaki ke depan sambil mendorong sisi kiri ke belakang
lalu dorong sisi kiri kaki ke belakang sambil mendorong sisi kanan ke depan
ulangi gerakan memutar ini, gerakkan tangan dari pergelangan kaki ke jari kaki
kurangi tekanan setiap kali, secara bertahap angkat tangan dari kaki sepenuhnya

Manfaat

Ada bukti ilmiah yang berkembang tentang manfaat pijat bagi kesehatan.

Sebuah studi 2010 menemukan bahwa ketika diintegrasikan ke dalam perawatan akut, terapi pijat dapat membantu seseorang:

menghadapi tantangan kesehatan fisik dan mental
mengalami lebih sedikit rasa sakit
bersantai
mengelola emosi
tidur
Penelitian dari 2018 menemukan bahwa penggunaan pijat tangan dan kaki dalam pengaturan klinis dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki tanda-tanda vital bagi pasien.

Juga, ulasan tahun 2016 menyarankan bahwa profesional perawatan kesehatan merekomendasikan terapi pijat daripada tanpa pengobatan sebagai pilihan manajemen nyeri.

KD-1 & SP-4

null

KD-1, Ginjal 1 atau Yongquan, Mata Air Memancar di bagian bawah kaki. Letaknya sekitar sepertiga dari ujung kaki Anda, sedikit tekanan di dasar metatarsal. Pijat dalam-dalam dengan ibu jari atau jari tengah selama sekitar 10 detik. Bernafas! Jika Anda merasa sakit, minumlah dan ucapkan terima kasih! Titik ginjal 1 adalah awal dari meridian Ginjal dan fondasi Jing Anda, sumber energi Anda. Ini sangat penting untuk tingkat energi Anda, karena Ginjal menyediakan Qi ke semua meridian Anda yang lain. Memijat KD-1 dapat membantu menyembuhkan ingatan yang buruk, mengurangi kegelisahan, kecemasan, kekhawatiran, dan bahkan kegilaan.
KD-1 & SP-4
batal
Lokasi: Bagian bawah kaki, sekitar sepertiga dari jalan ke bawah (K11); di dalam kaki, di pangkal jari kaki (SP4).

Gosok perlahan Ginjal 1 (KI1) dan Limpa 4 (SP4) yang keduanya terletak di kaki. Ini dianggap sebagai poin yang sangat kuat untuk menyeimbangkan energi halus dalam tubuh sekaligus meningkatkan aliran darah ke inti tubuh. Kedua poin ini secara langsung dan erat terkait dengan organ reproduksi pria dan wanita.

JARI-JARI KAKI

acupressure-points-to-combat-piles-pain
Sehat Lewat Jari - Kompasiana.com

Cara melakukan latihan pijat jari

Carilah jari yang jadi target Anda melalui daftar di bawah ini. Kemudian, tekan dan tahan jari tersebut selama 3 – 5 menit sambil bernapas dalam-dalam. Anda dapat melakukannya pada satu jari sesuai tujuan, atau pada seluruh jari jika ingin melakukan harmonisasi tubuh.

Ibu jari: lambung, gelisah, dan sakit kepala

Sebagai jangkar pada tangan, ibu jari membawa beban semua keputusan. Ibu jari umumnya terkait dengan emosi depresi dan gelisah. Ibu jari juga terhubung dengan limfa dan lambung.

Jika Anda merasa murung dan sering khawatir, atau mengalami sakit kepala dan kegelisahan, cobalah untuk menekan dengan lembut ibu jari Anda. Pastikan untuk tidak menekan terlalu keras.

Lakukan selama 3 – 5 menit, atau hingga pikiran Anda kembali jernih.

Jari telunjuk: ginjal, frustrasi, dan nyeri otot

Jari telunjuk terkait dengan perasaan takut dan kebingungan, serta terhubung dengan ginjal.

Pada beberapa penelitian tentang refleksologi, banyak pasien dialisis ginjal yang merasakan perkembangan akibat pijatan ini. Pasien yang memiliki masalah dengan otot atau punggung atau tidak nyaman dengan lengan dan kaki juga merasa lebih baik setelah melakukan pijatan ini.

Jari tengah: Liver, amarah, dan kelelahan

Latihan reflexologi juga dikenal dapat mengurangi area yang sakit dan meradang. Jika Anda merasa lebih lelah dari biasanya, atau mengalami masalah dengan peredaran darah, cobalah memberi tekanan pada jari tengah Anda.

Jari tengah terkait dengan emosi amarah dan kekesalan. Menurut filosofi Jin Shin Jyutsu, jari ini juga meringankan masalah pada liver. Latihan ini juga memberikan efek relaksasi. Setelah melakukan latihan ini, pasien mengalami penurunan pada tekanan darah dan kecemasan.

Jari manis: paru-paru, perasaan negatif, dan gangguan pencernaan

Jika Anda meragukan diri Anda sendiri, atau merasakan energi negatif dan kesedihan, cobalah fokus terhadap jari manis.

Memberi tekanan pada jari manis juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan pernapasan. Latihan reflexologi ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada usus besar dan paru-paru.

Saat melakukan latihan ini, ingatlah untuk selalu tenang dan kendalikan napas Anda.

Jari kelingking: jantung, gugup, dan stress

Pada umumnya, jari kelingking terhubung dengan kepercayaan diri yang rendah. Anda mungkin adalah seorang yang selalu memikirkan secara berlebihan tentang suatu situasi, atau menilai sesuatu terlalu keras.

Sambil Anda melakukan latihan ini, cobalah untuk melepaskan berbagai hal yang mengganggu pikiran Anda, jernihkan pikiran dan fokus pada saat ini.

Latihan ini baik dilakukan jika Anda menderita nyeri pada tubuh atau masalah pada saraf.

Titik Akupresur SP6: Limpa 6 atau San Yin Jiao

San Yin Jiao (SP6) biasanya digunakan untuk urologi, gangguan panggul, insomnia, dan kram menstruasi.

San Yin Jiao (SP6) biasanya digunakan untuk urologi, gangguan panggul, insomnia, dan kram menstruasi. San Yin Jiao (SP6) terletak di bagian dalam kaki Anda, tepat di atas pergelangan kaki Anda. Untuk menemukan titik ini, (1) cari puncak tertinggi dari pergelangan kaki kemudian (2) selebar empat jari ke atas kaki Anda, berikan tekanan dalam sedikit di belakang tulang (tibia) dan pijat area tersebut selama 4-5 detik. Perhatian untuk poin ini: San Yin Jiao (SP6) tidak boleh digunakan dalam kehamilan karena titik ini dapat menyebabkan persalinan.

Intinya terletak di sisi medial kaki.

Titik tersebut terletak empat ruang jari di atas pergelangan kaki di bagian cekungan di bawah tulang (tibia).

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Banyak penelitian telah menunjukkan bahwa menggunakan akupresur untuk merangsang San Yin Jiao (SP6) telah secara efektif mengurangi rasa sakit dan tekanan menstruasi pada wanita muda dengan kram menstruasi [2] serta meningkatkan kesehatan umum wanita [1].

www.quantumterapi.com

Titik Akupresur ST36: Perut 36 atau Zu San Li

Zu San Li (ST36) biasanya digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan, mual dan muntah, serta stres dan kelelahan.

Zu San Li (ST36) biasanya digunakan untuk mengatasi ketidaknyamanan pencernaan, mual dan muntah, serta stres dan kelelahan. Zu San Li (ST36) terletak empat jari di bawah dari bagian bawah penutup lutut Anda, di sepanjang batas luar tulang kering Anda. Jika Anda berada di tempat yang tepat, otot akan keluar saat Anda menggerakkan kaki ke atas dan ke bawah. Untuk menggunakan titik akupresur ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) berikan tekanan ke bawah pada otot, rangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di sisi samping kaki di bawah lutut (patela).

Intinya terletak sekitar ruang empat jari di bawah patela di bagian cekungan di sisi lateral tulang (tibia).

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Dalam literatur dan praktik tradisional Tiongkok, poin ini sering dirangsang untuk promosi kesehatan dan umur panjang.

Ada banyak penelitian ekstensif yang dilakukan dengan Zu San Li (ST36) dalam literatur ilmiah. Dalam studi neuroimaging, stimulasi Zu San Li (ST36) telah terbukti mempengaruhi sistem limbik dan paralimbik di otak [2] yang dapat mempengaruhi respons tubuh terhadap stres [3]. The Journal of Autonomic Neuroscience juga menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan bahwa Nei Guan (P6) dan Zu San Li (ST 36) yang digunakan bersama memiliki efek pada motilitas gastrointestinal [1].

Titik Akupresur LV3: Hati 3 atau Tai Chong

Tai Chong (LV3) biasanya digunakan untuk stres, nyeri punggung bawah, tekanan darah tinggi, kram menstruasi, nyeri tungkai, insomnia dan kecemasan.

Tai Chong (LV3) biasanya digunakan untuk stres, nyeri punggung bawah, tekanan darah tinggi, kram menstruasi, nyeri tungkai, insomnia dan kecemasan. Tai Chong (LV3) terletak di kaki Anda kira-kira selebar dua jari di atas tempat pertemuan kulit jempol kaki dan jari kaki sebelah. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut dengan sepatu Anda lepas kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan menstimulasi area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di antara jempol kaki dan jempol kaki kedua.

Geser jari Anda di sepanjang ruang antara jari kaki pertama dan kedua hingga ujung sendi. Titik ini terletak di cekungan sebelum jari Anda menyentuh tulang (sendi metatarsal).

Berikan tekanan dan pijat selama 2-3 detik.

Indikasi tambahannya seperti yang dinyatakan dalam teks Tiongkok kuno termasuk masalah pencernaan, masalah mata, sakit kelamin, sakit kepala, sariawan, dan mudah tersinggung.

Dalam literatur ilmiah, uji coba secara acak telah menghasilkan hasil yang positif dengan stimulasi akupunktur pada Tai Chong (LV3) dan poin lain untuk mengelola depresi pasca stroke [1]. Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa Tai Chong (LV3) menurunkan tekanan darah dan kadar endotelin-1 plasma pada subjek hipertensi [2].

Titik Akupresur Perut (H2-6)

Dan Tian Pressure Points

3 pressure points make up the Dan Tian

CV 6 | The Sea of Energy

The Conception Vessel(CV) 6 is known for its treatment of digestive issues like bloating, constipation, gastric effect, etc.

The location of this point is an inch below the belly button. As the point is in a sensitive region which may not be able to handle sharp pressure, use a palm to make circular motions on this point.

Massage the point continuously for a couple of minutes while taking deep breaths. Do this three times in a day for assured results.

CV 6

CV 6 is also known for curing menstrual disorders in women, abdominal pain, impotence, asthma, etc. With the activation of life energy in the meridians, heartburn gets relieved in the process of regulating the hormones and digestion process.

Titik Akupresur untuk Refluks Asam:
Berikut adalah daftar 7 titik akupresur teratas untuk menyembuhkan gejala mulas dan memberi Anda penyembuhan mulas lebih cepat tanpa mencari bahan medis apa pun.

CV 6 | Lautan Energi
Conception Vessel (CV) 6 dikenal untuk pengobatan masalah pencernaan seperti kembung, sembelit, efek lambung, dll

Lokasi titik ini satu inci di bawah pusar. Karena titik berada di wilayah sensitif yang mungkin tidak dapat menangani tekanan tajam, gunakan telapak tangan untuk membuat gerakan melingkar pada titik ini.

Pijat titik tersebut secara terus menerus selama beberapa menit sambil menarik napas dalam-dalam. Lakukan ini tiga kali dalam sehari untuk hasil yang pasti.

CV 6 juga dikenal untuk menyembuhkan gangguan menstruasi pada wanita, sakit perut, impotensi, asma, dll. Dengan aktivasi energi kehidupan di meridian, mulas akan lega dalam proses mengatur hormon dan proses pencernaan.

CV 12 | Middle Cavity

Location of this point is too obvious to treat acid reflux symptoms. It is observed below the breastbone, right at the middle of the line joining breastbone and belly button.

It can cure severe problems like gastroenteritis, menstrual bleeding, diarrhoea, gastric ulcers and also many simple yet irritable problems like constipation, vomiting, loss of appetite, abdominal muscular contractions and spasms.

CV12

If you are sensitive to heart, blood pressure fluctuations, do not use this point because the firm pressure increases the stress on the heart which is a severe threat.

Apply soothing, gentle pressure on this ‘Middle Cavity’ point, preferably with an empty stomach. By taking deep breaths, apply the pressure on the point for a couple of minutes.

Ren 17 – Shanzhong

Keterangan foto tidak tersedia.

Ren 17 – Shanzhong/ Central Piller – one of my favourite acupuncture points to needle for lung related disorders and acid reflux – A powerful point in the centre of the chest that works to unbind the chest and assist shortness of breath, wheezing, cough, asthma, fullness and oppression of the chest and control/descend acid reflux. One of my patients describes the sensation as being similiar to a jelly fish movement, in that it feels as though her chest is lifting up much further than it would normally and she is able to take deeper breaths. It’s a very fitting description.

Ren 17-Shanzhong / Central Piller – salah satu akupuntur favorit saya menunjuk jarum untuk gangguan terkait paru-paru dan refluks asam – Titik kuat di tengah dada yang berfungsi untuk membatalkan dada dan membantu sesak napas, mengi, batuk , asma, kepenuhan dan penindasan dada dan kontrol / turunkan refluks asam. Salah satu pasien saya menggambarkan sensasi sebagai similiar terhadap gerakan ikan cincau, rasanya seolah-olah dadanya mengangkat jauh lebih jauh dari biasanya dan dia mampu menarik napas lebih dalam. Ini adalah deskripsi yang sangat pas.

Ren6

null

Location: Two finger spaces down from the belly button.

Belly points can be very tender and since they’re located closer to our reproductive organs and the parts we use in sex, massaging these points should be done with a bit of caution and extra care. Ren6 is one you’ll read about and it’s considered an important point for boosting energy (or qi, in Chinese terms). Since it’s also located on the most calming point of all acupuncture channels, it makes a wonderfully balanced point. So massage with care as Ren6 can help nurture a sense of intimacy and arousal all at once.

ST 25 | Heaven’s Pivot

Not just for stomach acid problems, but we can cure bowel diseases with this point successfully.

ST 25 can cure diarrhea, borborygmus, abdominal and navel pain, dysentery, incomplete digestion, etc.

ST 25

The point is useful for regulating spleen, intestine, irregular menstruation. It is located on both sides of the navel, an inch offset to the center.

Be careful while applying pressure to the point as it is also in the sensitive abdominal region, which may cause severe problems if proper care is not taken while treating acid reflux or any other disease.

Stomach ST30

null

Location: Small spot, above the crotch where the hip hinges and meets the body.

Stomach 30 (ST30) is right near a main artery, which again, helps to increase blood flow in the body. Slowly press on this pressure point for a few seconds, hold, and release. For best results, hold eye contact with your partner during this intimate routine.

These helpful points are chosen for their capacity to calm, which makes for more sensitive and considerate foreplay and more aroused and exciting intercourse. It’s important to be caring and gentle, and gently rub or massage these points with love, like a soft kiss, and not harsh pressure.

In general, when it comes to acupressure, Perzigian advises that each individual requires their own unique treatment (ideally, tailored to them by a professional). Acupressure’s purpose was never for sexual arousal.

PENGENALAN AKUPRESUR DAN 12 MERIDIAN (H1-1)

Pengobatan Tradisional Cina telah ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan mencakup berbagai praktek medis. Hidup harmonis dengan segala hal penting dalam pendekatan Cina untuk kesehatan dan kesejahteraan. Sementara ini adalah topik yang luas, fokus kami adalah pada berbagai konsep model Pengobatan Tradisional Cina yang relevan dengan penerapan terapi secara alami.

Totok Syaraf Jari Petir adalah cara penyembuhan atau mengobati penyakit melalui Totokan atau pijatan urat saraf dari sumbernya langsung. Karena sesungguhnya sang pencipta memberi pengobatan kepada tubuh manusia itu secara reflek atau langsung dengan kita melakukan aktifitas sehari-hari kita akan sehat. Karena semua titik-titik refleksi Syaraf yang di tubuh, telapak kaki dan tangan sudah mewakili setiap organ atau bagian-bagian tubuh kita. Maka jika ada bagian tubuh kita yang sakit atau fungsi sarafnya tidak normal maka titik refleksi di tangan atau di kaki akan terasa sakit. Untuk itu Pengobatannya dapat dilakukan dengan menekan beberapa titik yang ada di telapak kaki, tangan dan bisa juga dengan totok wajah.

Meridian Akupresur

Ada 12 Organ Meridian adalah saluran berbeda yang mengedarkan energi kehidupan melalui titik-titik penyembuhan ini. Meridian Akupresur menghubungkan Titik-titik tekanan dengan semua organ dan fungsi tubuh, termasuk indra dan emosi, yang memberi nutrisi pada semua sistem. Ini termasuk kelenjar endokrin, getah bening, darah, otot, dan saraf.

Pelajari cara memvisualisasikan saluran energi ini dengan 12 Meridian. Program  ini memberikan informasi rinci tentang setiap Meridian dan mencakup perumpamaan terpandu dan latihan Akupresur.

Nomor Referensi Titik Akupresur: Untuk berlatih Akupresur Mandiri, Anda tidak perlu mengetahui sistem penamaan dan penomoran Titik yang menghasilkan nomor referensi Titik Akupresur. Tetapi akan sangat membantu untuk memahami lebih banyak tentang apa yang dirujuk angka-angka ini, karena Anda akan sering melihatnya saat Anda menjelajahi semua kekayaan materinya.

Nomor referensi Titik tekanan didasarkan pada singkatan dari nama-nama Meridian Akupresur. Misalnya, Lu 1 berarti Titik pertama di Meridian Paru, dan Lv 3 adalah Titik ketiga di Meridian Hati. Berikut adalah daftar 12 Meridian Akupresur, dalam urutan alirannya di dalam tubuh.

  1. Lu – Lung – Kandung Kemih
  2. B – Kemih
  3. LI – Usus Besar
  4. K – Ginjal
  5. ST – Perut
  6. P – Perikardium
  7. Sp – Limpa
  8. TW – Triple Warmer
  9. H – Jantung
  10. GB – Kantung Empedu
  11. SI – Usus Kecil
  12. Lv – Hati

Saluran Meridian Akupresur Tambahan
Ada Meridian Akupresur lain yang juga ada di tubuh. Dua dari perjalanan yang paling banyak digunakan di sepanjang garis tengah tubuh, baik di depan maupun di belakang. Titik Akupresur juga ditemukan di sepanjang saluran ini, seperti CV 17, Laut Ketenangan, di tengah tulang dada.

CV – Kapal Konsepsi
GV – Governing Vessel

TOTOK MERIDIAN

Apa itu Totok Meridian?

Totok Meridian atau Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik. Gary sang Founder mengatakan sebagai “Akupuntur Plus”.

Sekilas Tentang EFT

Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik.

EFT bekerja berdasarkan prinsip berikut:

“The cause of all negative emotions is a disruption in the body’s energy system.”

“Penyebab semua emosi negatif adalah gangguan pada sistem energi tubuh.”

Emosi negatif yang dialami oleh individu umumnya diawali dengan representasi internal yang buruk. Kondisi ini berlanjut oleh gangguan pada sistem energi tubuh. EFT sangat efektif untuk merestorasi sistem energi tubuh.

Pengenalan EFT Video klik: 

Manfaat EFT

EFT terbukti telah membantu melalui Mind-Body Healing Techique yang sangat berguna untuk penyakit fisik, mental (trauma, fobia- penyakit psikologi), masalah masalah kehidupan seperti kegagalan, keluh kesah dan banyak testimoni yang dibuktikan oleh banyak orang yang sudah menggunakan EFT di seluruh dunia.

InsyaAllah… Beberapa manfaat EFT dapat mengatasi masalah-masalah sebagai berikut: Trauma & Shock, PTSD (post-traumatic stress disorder), Stress, Depresi, Pelecehan Sexsual, Cemas & Marah, Phobia dan ketakutan, Relationship problems, kesedihan yang mendalam & berbagai kasus penyakit seperti diabetes, darah tinggi, asam urat, dll, Permasalahan wanita, pria dan anak-anak.

EFT juga baik untuk masalah-masalah fisik seperti:  Sakit Punggung, Sakit kepala dan Migrain, Leher kaku, Insomnia (susah tidur), Kecanduan bahan-bahan adiktif, Permasalahan berat badan, kurang kosentrasi, Permasalahan mata, Kurang bergairah, Beberapa bentuk dari dyslexia, Berhenti merokok.

Meridian adalah jalur lalu lintas energi dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur/jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energi pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan darah dan saraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energi meridian ini masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada mahluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi Keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari informasi dari chi dapat berhubungan di bagian-bagian internal manusia.

Titik akupunktur

Dalam salah satu artikel tentang Akupunktur disebutkan bahwa di dalam jalur meridian mengalir 2 macam arus energi yaitu energi “Yang” (positif,panas) dan energi “Yin” (negatif,dingin). Manusia atau bagian tubuh manusia akan sehat apabila arus energi yang melalui meridian terdapat keseimbangan antara arus energi “Yang” dan arus energi “Yin”. Kalau “Yang” dan “Yin” tidak seimbang maka manusia akan terganggu kesehatannya atau sakit.

Kelebihan energi “Yang” akan menimbulkan gangguan atau sakit dengan gejala kelebihan energi misalnya panas, kejang-kejang, rasa nyeri. Kelebihan energi “Yin” atau kekurangan energi “Yang” akan menimbulkan gangguan atau sakit yang ditandai dengan gejala kekurangan energi misalnya dingin, lumpuh, baal/mati rasa/anaesthesia.

Di titik-titik tertentu pada meridian terdapat pusat kontrol yang mengatur arus energi “Yang” dan “Yin” untuk suatu bagian tubuh atau organ tertentu. Titik inilah titik yang dikenal sebagai titik akupunktur. Apabila terdapat kelebihan energi “Yang” di suatu bagian tubuh atau organ tertentu maka sinshe akan menusuk titik akupunktur untuk menghambat aliran energi “Yang” sehingga tercapai keseimbangan antara energi “Yang” dan “Yin”. Apabila terdapat kelebihan energi “Yin” atau dengan kata lain kekurangan energi “Yang” maka sinshe akan menusuk titik akupunktur lalu memutar-mutar jarum akupunktur untuk merangsang energi “Yang” sehingga tercapai keseimbangan antara energi “Yang” dan “Yin”. Jadi yang dilakukan pada akupunktur adalah merangsang atau menghambat energi “Yang”.

Perkembangan selanjutnya dari akupunktur adalah:

  • Memasukkan obat melalui jarum dengan menggunakan jarum akupunktur yang berlubang ditengahnya.
  • Menghubungkan jarum akupunktur dengan arus listrik lemah (arus DC)
  • Menekan titik akupunktur dengan jari atau benda tumpul (accupressure)
  • Menggunakan teknologi Low Level Laser Therapy (LLLT) pada konsep Akunktur.

Fungsi

Fungsi meridian antara lain:

  • Penghubung bagian tubuh sebelah atas dan tubuh sebelah bawah
  • Penghubung bagian tubuh sebelah kanan dan tubuh sebelah kiri
  • Penghubung organ-organ dalam dengan permukaan tubuh
  • Penghubung organ-organ dalam dan alat gerak
  • Penghubung organ-organ dalam dengan organ-organ dalam lainnya
  • Penghubung organ dalam dengan jaringan penunjang tubuh
  • Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya.

Hubungan ini terbentuk menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang beraksi bersamaan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Akan tetapi, jika ada penyakit masuk ke dalam meridian, maka meridian bisa menjadi jalur penyakit untuk menyebar dalam tubuh, karena itu kita harus merangsang titik-titik pada meridian untuk mengusir penyakit.

Letak

Meridian terletak di dalam tubuh, letaknya bervariatif tergantung jalurnya. Jalur meridian ada yang melewati sela-sela tulang, ada yang berada di sela-sela otot, dan karena wujudnya yang tidak nyata ada juga yang menembus atau menyelimuti organ. Sebagian organ ada yang muncul dekat dengan permukaan kulit.

Macam Meridian

Ada 12 meridian utama yang menghubungkan organ tubuh kita

  1. Meridian Paru (di jalurnya ada 11 pasang titik akupunktur)
  2. Meridian Usus Besar (di jalurnya ada 20 pasang titik akupunktur))
  3. Meridian Lembung (di jalurnya ada 45 pasang titik akupunktur))
  4. Meridian Limpa (di jalurnya ada 21 pasang titik akupunktur))
  5. Meridian Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur))
  6. Meridian Usus Kecil (di jalurnya ada 19 pasang titik akupunktur))
  7. Meridian Kandung Kemih (di jalurnya ada 67 pasang titik akupunktur))
  8. Meridian Ginjal (di jalurnya ada 27 pasang titik akupunktur))
  9. Meridian Selaput Jantung (di jalurnya ada 9 pasang titik akupunktur))
  10. Meridian Tri Pemanas (di jalurnya ada 23 pasang titik akupunktur))
  11. Meridian Empedu (di jalurnya ada 44 pasang titik akupunktur))
  12. Meridian Hati (di jalurnya ada 14 pasang titik akupunktur))

Meridian lainnya antara lain:

  1. Meridian Ren (di jalurnya ada 24 titik akupunktur)
  2. Meridian Du (di jalurnya ada 28 titik akupunktur)

Referensi

  • Chang, Stephen T.The Great Tao; Tao Longevity; ISBN 0-942196-01-5 Stephen T. Chang
  • Kaptchuck, Ted J., The Web That Has No Weaver; Congdon & Weed; ISBN 0-8092-2933-1Z
  • Jin, Guanyuan, Xiang, Jia-Jia and Jin, Lei: Clinical Reflexology of Acupuncture and Moxibustion; Beijing Science and Technology Press, Beijing, 2004. ISBN 7-5304-2862-4
  • Maciocia, Giovanni, The Foundations of Chinese Medicine: A Comprehensive Text for Acupuncturists and Herbalists; Churchill Livingstone; ISBN 0-443-03980-1
  • Ni, Mao-Shing, The Yellow Emperor’s Classic of Medicine: A New Translation of the Neijing Suwen with Commentary; Shambhala, 1995; ISBN 1-57062-080-6
  • Holland, Alex Voices of Qi: An Introductory Guide to Traditional Chinese Medicine; North Atlantic Books, 2000; ISBN 1-55643-326-3
  • Unschuld, Paul U., Medicine in China: A History of Ideas; University of California Press, 1985; ISBN 0-520-05023-1
  • Qu, Jiecheng, When Chinese Medicine Meets Western Medicine – History and Ideas (in Chinese); Joint Publishing (H.K.), 2004; ISBN 962-04-2336-4
  • Chan, T.Y. (2002). Incidence of herb-induced aconitine poisoning in Hong Kong: impact of publicity measures to promote awareness among the herbalists and the public. Drug Saf. 25:823–828.
  • Benowitz, Neal L. (2000) Review of adverse reaction reports involving ephedrine-containing herbal products. Submitted to U.S. Food and Drug Administration. Jan. 17.
  • Porkert, Manfred The Theoretical Foundations of Chinese Medicine MIT Press, 1974 ISBN 0-262-16058-7
  • Hongyi, L., Hua, T., Jiming, H., Lianxin, C., Nai, L., Weiya, X., Wentao, M. (2003) Perivascular Space: Possible anatomical substrate for the meridian. Journal of Complimentary and Alternative Medicine. 9:6 (2003) pp851-859

12 MERIDIAN

Petunjuk Penggunaan Akupresur

Untuk merangsang titik akupuntur dengan benar, Anda harus menerapkan tekanan probing yang dalam. Oleh karena itu, berikan tekanan hanya dengan:

Gunakan ujung

use finger tip
use a knuckle

Temukan poin

Anda dapat menelusuri area atau gejala nyeri untuk mendapatkan daftar titik akupuntur untuk dicoba. Gambar dan teks memberikan perkiraan lokasi suatu titik. Lebar ibu jari dan lebar telapak tangan (lebar di empat jari, tidak termasuk ibu jari) yang ditunjukkan pada diagram mengacu pada orang yang dirawat. Jelajahi area dengan tekanan probing yang dalam, sampai titik yang tepat muncul dengan sentakan tajam. Ini dimulai sebagai sentakan, dan setelah beberapa saat menjadi sensasi mati rasa, atau kesemutan yang memancar dari titik itu. Ini bisa sangat mengejutkan untuk pertama kalinya, tetapi sensitivitas menurun seiring dengan pengalaman.

Berikan tekanan, tarik napas dalam-dalam, rileks
Saat Anda sudah menemukan intinya, berikan tekanan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi menggunakan titik yang sama di sisi lain tubuh Anda. Anda akan segera merasa lega. Anda mungkin merasakan pelepasan ketegangan, drainase sinus, atau keringat. Anda mungkin bersendawa atau buang angin. Terkadang titik-titik di sisi tubuh yang berlawanan akan memiliki efek yang berbeda. Jika gejala meningkat, jangan gunakan sisi atau titik itu.

Bagaimana jika poin pertama tidak membantu?
Jika poin pertama tidak berhasil, coba poin atau poin berikutnya sampai Anda menemukan poin yang berhasil. Mungkin ada lebih dari satu pendekatan untuk gejala Anda, seperti “ginjal” vs. “sakit punggung”. Saat Anda menemukan titik yang membantu, gunakan titik itu. Jika rasa lega hanya sementara, rangsang kembali intinya. Terkadang rasa sakit akan hilang dan kembali tiga atau empat kali, lebih sedikit setiap kali.

Tips penggunaan yang efektif
Temukan tempat yang tenang, duduk atau berbaring, rileks. Hindari musik keras, olahraga, makanan, obat-obatan atau alkohol sambil merangsang titik akupuntur.

Bagaimana cara kerjanya?
Menurut pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), tubuh manusia membungkus aliran bioenergi yang berkelanjutan, atau daya kehidupan, yang disebut “chi,” ki “atau” qi. “Kekuatan hidup ini terdiri dari sifat-sifat yang saling terkait dan saling terkait yang dikenal sebagai” yin ” dan “yang,” atau wanita / pria, gelap / terang, negatif / positif, yang mengilhami dan memengaruhi segala sesuatu di sekitar kita di dunia alami, dan juga di dalam diri kita. Chi mengalir masuk dan keluar tubuh melalui jalur yang disebut “meridian, “mempengaruhi fungsi semua organ. Ketika Yin dan Yang seimbang, kita menjadi sehat. Ketika alirannya terganggu atau tidak harmonis, timbul penyakit dan rasa sakit. Di sepanjang meridian terdapat sejumlah besar titik tekanan yang bertindak sebagai” katup ” untuk aliran chi. Merangsang titik akupuntur dapat membantu memulihkan keseimbangan, menghilangkan gejala.

The 12 Primary Meridians

12 Meridian Utama

  1. Heart
  2. Pericardium
  3. Lung
  4. Spleen
  5. Liver
  6. Kidney
  7. Small Intestine
  8. Large Intestine
  9. Triple Energizer
  10. Stomach
  11. Gallbladder
  12. Bladder

The 2 Major Extraordinary Vessels

  1. Conception Vessel
  2. Governing Vessel

The 6 Minor Extraordinary Vessels

  1. Penetrating Vessel
  2. Girdling Vessel
  3. Yin Linking Vessel
  4. Yin Motility Vessel
  5. Yang Linking Vessel
  6. Yang Motility Vessel

1. Heart Meridian

Acupuncture Meridian - Heart

Poin Meridian Jantung:

HT 1: ji quan / Mata Air Tertinggi
Fungsi: Menutrisi Heart yin, membersihkan panas kosong.
Indikasi: Nyeri di daerah kosta dan jantung, penyakit skrofula, nyeri dingin pada siku dan lengan, tenggorokan kering.
HT 2: qing ling / Cyan Spirit
Fungsi: Membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, mengatur Qi dan darah.
Indikasi: Nyeri di daerah jantung dan hipokondriak, bahu dan lengan.
HT 3: shao hai / Laut Kecil
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menenangkan pikiran, membersihkan panas.
Indikasi: Nyeri jantung, nyeri spasmodik dan mati rasa pada tangan dan lengan, tremor pada tangan, penyakit skrofula, nyeri di ketiak dan daerah hipokondriak.
HT 4: ling dao / Spirit Pathway
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri jantung, nyeri spasmodik pada siku dan lengan, kehilangan suara secara tiba-tiba.
HT 5: tong li / Menembus Interior
Fungsi: Menenangkan pikiran, menguatkan Qi Jantung, bermanfaat bagi lidah, bermanfaat bagi Kandung Kemih.
Indikasi: Palpitasi, pusing, penglihatan kabur, sakit tenggorokan, tiba-tiba kehilangan suara, afasia dengan kaku pada lidah, gagap, nyeri pada pergelangan tangan dan siku.
HT 6: yin xi / Yin Cleft
Fungsi: Menutrisi jantung yin, membersihkan panas, berhenti berkeringat, menenangkan pikiran.
Indikasi: Nyeri jantung, histeria, keringat malam, hemoptisis, epistaksis, kehilangan suara mendadak.
HT 7: shen men / Spirit Gate
Fungsi: Menenangkan pikiran, memelihara darah Hati, membuka lubang.
Indikasi: Nyeri jantung, iritabilitas, histeria palpiasi, amnesia, insomnia, mania, epilepsi, demensia, nyeri di daerah hipokondriak, sensasi demam di telapak tangan, sklera kekuningan.
HT 8: shao fu / Rumah Kecil
Fungsi: Membersihkan jantung api, Jantung kosong panas, Jantung dahak api, menenangkan pikiran.
Indikasi: Palpitasi, nyeri di dada, nyeri spasmodik jari kelingking, sensasi demam di telapak tangan, enuresis, disuria, pruritus genitalia eksterna.
HT 9: shao chong / Lonjakan Kecil
Fungsi: Membersihkan panas, meredakan angin, membuka lubang Jantung, mengurangi kepenuhan, memulihkan kesadaran.
Indikasi: Palpitasi, nyeri jantung, nyeri di dada dan daerah hipokondriak, mania, penyakit demam, kehilangan kesadaran

2. Pericardium Meridian

Acupuncture Meridian - Pericardium

Titik Meridian Perikardium
PC 1: Tian chi / Celestial Pool
Fungsi: Membuka dada dan meluruskan Qi, menekan batuk dan menenangkan dispnea, mendifusi paru-paru dan membersihkan panas.
Indikasi: Sensasi sesak di dada, nyeri di daerah hipokondriak, pembengkakan dan nyeri di daerah ketiak.

PC 2: tian quan / Celestial Spring
Fungsi: Membuka dada dan memperbaiki Qi, menyehatkan jantung dan menenangkan jiwa, mempercepat darah, mengubah stasis, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri jantung, distensi daerah hipokondriak, batuk, nyeri di dada, punggung dan aspek medial lengan

PC 3: Qu ze / Marsh di Tikungan
Fungsi: Menenangkan perut, membersihkan panas, mendinginkan darah, mengeluarkan racun api, membuka lubang, menghentikan kejang, menggerakkan darah dan menghalau stasis, menenangkan pikiran.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, penyakit demam, lekas marah, sakit perut, muntah, nyeri pada siku dan lengan, tremor pada tangan dan lengan.

PC 4: xi men / Cleft Gate
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menghentikan rasa sakit, menenangkan jantung, membuka dada, mengatur darah, mendinginkan darah, memperkuat pikiran.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, hematemesis epistaksis, nyeri dada hemoptisis, furunkel, epilepsi.

PC 5: jian shi / Kurir Perantara
Fungsi: Mengatasi dahak di Jantung, mengatur Qi Jantung, membuka dada, mengatur panas perut.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, sakit perut, muntah, penyakit demam, lekas marah, malaria, gangguan jiwa, epilepsi, pembengkakan ketiak, kontraktur siku dan lengan.

PC 6: nei guan / Inner Pass
Fungsi: Membuka dada, mengatur Qi Jantung dan darah, mengatur dan membersihkan Triple Energizer, menenangkan pikiran, mengatur terminal yin, menyelaraskan perut.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, dada tersumbat, nyeri di daerah hipokondriak, sakit perut, mual, muntah, cegukan, gangguan jiwa, epilepsi, insomnia, penyakit demam, lekas marah, malaria, kontraktur dan nyeri pada siku dan lengan.

PC 7: da ling / Great Mound
Fungsi: Menenangkan pikiran, membersihkan panas.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, sakit perut, muntah, gangguan jiwa, epilepsi, dada tersumbat, nyeri di daerah hipokondriak, kejang, susah tidur, lekas marah, bau mulut.

PC 8: lao gong / Istana Kerja Keras
Fungsi: Membersihkan api Hati, menenangkan pikiran.
Indikasi: Nyeri jantung, gangguan jiwa, epilepsi, gastritis, bau mulut, infeksi jamur pada tangan dan kaki, muntah, mual.

PC 9: zhong chong / Hub Pusat
Fungsi: Membersihkan panas, memulihkan kesadaran, mengusir angin.
Indikasi: Nyeri jantung, palpitasi, kehilangan kesadaran, afasia dengan lidah kaku dan bengkak, penyakit demam, heat stroke, kejang, sensasi demam di telapak tangan.

3. Lung Meridian

Acupuncture Meridian - Lung

Titik Meridian Paru

LU 1: zhong fu / Pusat Perbendaharaan
Fungsi: Mengatur Qi Paru dan menghentikan batuk, merangsang Qi Paru turun, menyebarkan rasa kenyang di dada dan menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Berguna untuk semua masalah paru-paru, terutama batuk, mengi, asma dan dada terasa penuh serta masalah lokal seperti nyeri di dada, bahu dan punggung.

LU 2: yun men / Cloud Gate
Fungsi: Membubarkan rasa kenyang dari dada, merangsang aksi turun Qi Paru, menghentikan batuk.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri di dada, bahu dan lengan, dada terasa penuh.

LU 3: tian fu / Gudang Surgawi
Fungsi: Membersihkan panas paru-paru dan mengatur Qi Paru-paru.
Indikasi: Asma, epistaksis, nyeri pada aspek medial lengan atas.

LU 4: xia bai / Guardian White
Fungsi: Mengatur Qi dan darah, meredakan nyeri.
Indikasi: Batuk, dada terasa penuh, nyeri pada aspek medial lengan atas.

LU 5: chi ze / Cubit Marsh
Fungsi: Membersihkan Panas Paru-paru, merangsang aksi turun Qi Paru, mengeluarkan dahak dari Paru-paru, bermanfaat bagi Kandung Kemih, melemaskan otot-otot.
Indikasi: Batuk, hemoptisis, demam sore hari, asma, sakit tenggorokan, dada terasa penuh, kejang kekanak-kanakan, nyeri spasmodik siku dan lengan, mastitis.

LU 6: kong zui / Lubang Koleksi
Fungsi: Mengatur Qi Paru dan menyebabkan Qi Paru turun, membersihkan panas, menghentikan pendarahan.
Indikasi: Batuk, nyeri di dada, asma, hemoptisis, radang tenggorokan, nyeri spasmodik pada siku dan lengan.

LU 7: que lie / Urutan Rusak
Fungsi: Merangsang penurunan dan penyebaran Qi Paru-paru, mengedarkan Qi pertahanan dan melepaskan bagian luar, mengeluarkan angin luar, membuka Kapal Konsepsi, memberi manfaat pada Kandung Kemih dan membuka saluran air, membuka hidung, berkomunikasi dengan Usus Besar.
Indikasi: Batuk terus menerus, sakit tenggorokan, sakit kepala, migrain, leher kaku, kelumpuhan wajah, sakit gigi, nyeri dan / atau kelemahan pada pergelangan tangan.

LU 8: jing qu / Saluran Selokan
Fungsi: Mendifusikan Qi Paru-paru dan menurunkan Qi, mengalirkan angin dan membentuk bagian luar.
Indikasi: Batuk, asma, demam, nyeri di dada, radang tenggorokan, nyeri di pergelangan tangan.

LU 9: tai yuan / Great Abyss
Fungsi: Mengatasi dahak, mengatur Qi Paru, menghentikan batuk, menguatkan Qi Paru, Yin Paru dan mengumpulkan Qi, meningkatkan sirkulasi darah, mempengaruhi denyut nadi, membersihkan panas paru-paru dan hati.
Indikasi: Batuk, asma, hemoptisis, radang tenggorokan, palpitasi, nyeri dada, pergelangan tangan dan lengan.

LU 10: yu ji / Perbatasan Ikan
Fungsi: Membersihkan panas paru-paru, bermanfaat bagi tenggorokan.
Indikasi: Batuk, hemoptisis, radang tenggorokan, kehilangan suara, demam, rasa panas di telapak tangan.

LU 11: shao shang / Lesser Shang
Fungsi: Mengusir angin (baik interior maupun eksterior), menstimulasi penyebaran dan penurunan Qi Paru, bermanfaat bagi tenggorokan, membuka lubang, dan meningkatkan resusitasi.
Indikasi: Sakit tenggorokan, batuk, asma, epistaksis, demam, hilang kesadaran, mania, nyeri spasmodik pada ibu jari.

4. Spleen Meridian ( Limpa )

Acupuncture Meridian - Spleen

Spleen Meridian Points

  • SP 1: yin bai / Hidden White
    • Function: Strengthens the Spleen, regulates blood, calms the wind.
    • Indications: Abdominal distension, bloody stools, menorrhagia, uterine bleeding, mental disorders, dream-disturbed sleep, convulsion.
  • SP 2: da du / Great Metropolis
    • Function: Strengthens the Spleen, promotes digestion, clears heat.
    • Indications: Abdominal distension, gastric pain, constipation, febrile diseases with anhidrosis.
  • SP 3: tai bai / Supreme White
    • Function: Strengthens the Spleen, resolves damp, strengthens the spine.
    • Indications: Gastric pain, abdominal distension, constipation, dysentery, vomiting, diarrhea, borborygmus, sluggishness, beriberi.
  • SP 4: gong sun / Yellow Emperor
    • Function: Tonifies Stomach and Spleen, regulates the Penetrating Vessel, stops bleeding, dispels fullness, pacifies the Stomach, removes obstructions, regulates menses.
    • Indications: Gastric pain, vomiting, abdominal pain and distension, diarrhea, dysentery, borborygmus.
  • SP 5: shang qiu / Metal Hill
    • Function: Strengthens Stomach and Spleen, resolves damp.
    • Indications: Abdominal distension, constipation, diarrhea, borborygmus, pain and rigidity of the tongue, pain in the foot and ankle, hemorrhoid.
  • SP 6: san yin jiao / Three Yin Intersection
    • Function: Strengthens Spleen, resolves damp, promotes function of Liver and smooth flow of Liver Qi, tonifies Kidneys, nourishes blood and yin, benefits urination, regulates uterus and menstruation, moves and cools blood and eliminates stasis, stops pain, calms mind.
    • Indications: PMS, abdominal pain and distension, impotence, borborygmus, diarrhea, sterility, delayed labor, nocturnal emission, enuresis, dysuria, edema, hernia, genital pain, dizziness, vertigo, insomnia, muscular atrophy.
  • SP 7: lou gu / Leaking Valley
    • Function: Fortifies the Spleen and harmonizes the stomach, disinhibits damp and disperses swelling, frees the channels and quickens the connecting vessels, regulates Qi and blood.
    • Indications: Abdominal distension, borborygmus, coldness, numbness and paralysis of the knee and leg.
  • SP 8: di ji / Earth’s Crux
    • Function: Removes obstructions from the channel, regulates Qi and blood, regulates the uterus, stops pain.
    • Indications: Abdominal pain and distension, diarrhea, edema, dysuria, nocturnal emission, irregular menstruation, dysmenorrhea.
  • SP 9: yin ling quan / Yin Mound Spring
    • Function: Resolves dampness, benefits the lower energizer, benefits urination, removes obstructions from the channel.
    • Indications: Abdominal pain and distension, diarrhea, dysentery, edema, jaundice, dysuria, enuresis, incontinence of urine, genital pain, dysmenorrhea, knee pain.
  • SP 10: xue hai / Sea of Blood
    • Function: Cools the blood, removes stasis of blood, regulates menstruation, tonifies blood.
    • Indications: Irregular menstruation, dysmenorrhea, uterine bleeding, amenorrhea, urticarial, eczema, erysipelas, pain in the medial aspect of the thigh.
  • SP 11: ji men / Winnower Gate
    • Function: Clears the head and disinhibits Qi, promotes free flow through the waterway.
    • Indications: Dysuria, enuresis, pain and swelling in the inguinal region, muscular atrophy, motor impairment, pain and paralysis of the lower extremities.
  • SP 12: chong men / Surging Gate
    • Function: Removes obstructions from the channel, tonifies yin.
    • Indications: Abdominal pain, hernia, dysuria.
  • SP 13: ju she / Bowel Abode
    • Function: Regulates Qi dynamic, soothes the Liver and relieves pain.
    • Indications: Lower abdominal pain, hernia.
  • SP 14: fu jie / Abdominal Bind
    • Function: Warms the center and dissipates cold, rectifies Qi and downbears counterflow.
    • Indications: Pain around the umbilical region, abdominal distension, hernia, diarrhea, constipation.
  • SP 15: da heng / Great Horizontal
    • Function: Strengthens the Spleen and limbs, resolves damp, regulates Qi, stops pain, promotes the function of the Large Intestine.
    • Indications: Abdominal pain and distension, diarrhea, dysentery, constipation.
  • SP 16: fu ai / Abdominal Lament
    • Function: Clears heat and disinhibits damp, frees bowel Qi.
    • Indications: Abdominal pain, indigestion, constipation, dysentery.
  • SP 17: shi dou / Food Hole
    • Function: Rectifies Qi and disinhibits water, courses the Triple Energizer.
    • Indications: Fullness and pain in the chest and hypochondriac region.
  • SP 18: tian xi / Celestial Ravine
    • Function: Loosens the chest and rectifies Qi, downbears counterflow and suppresses cough.
    • Indications: Fullness and pain in the chest and hypochondrium, cough, hiccup, mastitis, insufficient lactation.
  • SP 19: xiong xiang / Chest Village
    • Function: Diffuses and downbears Lung Qi, suppresses cough and stabilizes dyspnea.
    • Indications: Fullness and pain in the chest and hypochondriac region.
  • SP 20: zhou rong / All-Round Flourishing
    • Function: Diffuses and downbears Lung Qi, suppresses cough and stabilizes dyspnea.
    • Indications: Fullness in the chest and hypochondriac region, cough, hiccough.
  • SP 21: da bao / Great Embracement
    • Function: Moves blood in the blood connecting channels.
    • Indications: Pain in the chest and hypochondriac region, asthma, general aching and weakness.

5. Liver Meridian

Acupuncture Meridian - Liver

Titik Meridian Hati

LR 1: da dun / Tumpukan Besar
Fungsi: Mengatur menstruasi, mengatasi panas lembab, memperlancar aliran Qi Hati, memulihkan kesadaran.
Indikasi: Hernia, enuresis, perdarahan uterus, prolaps uterus, epilepsi.
LR 2: xing jian / Pindah Antar
Fungsi: Menghilangkan api hati, menaklukkan hati Yang, mendinginkan darah, menundukkan angin interior.
Indikasi: Tidak ada.
LR 3: tai chong / Gelombang Tertinggi
Fungsi: Mengembalikan Hati Yang, mengusir angin interior, memperlancar aliran Qi Hati, menenangkan pikiran, menenangkan kejang.
Indikasi: Sakit kepala, pusing dan vertigo, insomnia, sesak, bengkak dan nyeri pada mata, depresi, kejang kekanak-kanakan, deviasi mulut, nyeri di daerah hipokondriak, perdarahan uterus, hernia, enuresis, retensi urin, epilepsi, nyeri pada aspek anterior malleolus medial.

LR 4: zhong feng / Pusat Gundukan
Fungsi: Meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati di Energizer Bawah.
Indikasi: Hernia, nyeri pada genitalia eksterna, emisi nokturnal, retensi urin, nyeri yang membengkak pada hipokondrium.
LR 5: li gou / Kanal Ulat Kayu
Fungsi: Meningkatkan aliran Qi Hati, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Retensi urine, enuresis, hernia, haid tidak teratur, leukorrhea, pruritus atau gatal pada vulva, kelemahan dan atrofi tungkai.
LR 6: zhong du / Central Metropolis
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Nyeri perut dan hipokondriak, diare, hernia, perdarahan uterus, lokia berkepanjangan.
LR 7: xi guan / Sendi Lutut
Fungsi: Membebaskan saluran dan pembuluh penghubung, menghilangkan sendi, menghalau angin, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri pada lutut, terutama jika nyeri pada lutut bagian dalam.

LR 8: qu quan / Spring di Tikungan
Fungsi: Tidak Ada.
Indikasi: Prolaps uterus, nyeri perut bagian bawah, retensi urine, emisi nokturnal, nyeri genitalia eksterna, pruritus vulvae, nyeri pada aspek medial lutut dan paha.
LR 9: yin bao / Yin Bladder
Fungsi: Mengarahkan Hati dan memperbaiki Qi, menyesuaikan pembuluh Penetrasi dan Pembuahan, membersihkan dan melemahkan Energizer Bawah.
Indikasi: Nyeri di daerah lumbosakral, sakit perut bagian bawah, enuresis, retensi urin, haid tidak teratur.
LR 10: (zu) wu li / (Kaki) Lima Li
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung, membersihkan dan menghilangkan panas lembab Energizer Bawah.
Indikasi: perut bagian bawah kembung dan penuh, retensi urin.
LR 11: Sudut yin lian / Yin
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung, mengatur pembuluh Penetrasi dan Pembuahan.
Indikasi: Haid tidak teratur, leukorea, nyeri perut bagian bawah, nyeri di paha dan tungkai.

LR 12: ji mai / Denyut Mendesak
Fungsi: Membebaskan saluran dan menghilangkan dingin.
Indikasi: Nyeri perut bagian bawah, hernia, nyeri pada genitalia luar.
LR 13: zhang men / Camphorwood Gate
Fungsi: Meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati, mengurangi retensi makanan, bermanfaat bagi Perut dan Limpa.
Indikasi: Distensi abdomen, borborygmus, nyeri di daerah hipokondriak, muntah, diare, gangguan pencernaan.
LR 14: qi men / Cycle Gate
Fungsi: Meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati, bermanfaat bagi perut, mendinginkan darah.
Indikasi: Nyeri hipokondriak, perut kembung, cegukan, regurgitasi asam, mastitis, depresi, penyakit demam.

6. Kidney Meridian

Acupuncture Meridian - Kidney

Meridian Akupunktur – Ginjal
Titik Meridian Ginjal

KI 1: yong quan / Mata Air Memancar
Fungsi: Mengencangkan yin, membersihkan panas, menaklukkan angin, menenangkan panas hampa, menenangkan pikiran, memulihkan kesadaran, membersihkan otak.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, pusing, sakit tenggorokan, lidah kering, kehilangan suara, disuria, kejang kekanak-kanakan, sensasi demam di telapak kaki, kehilangan kesadaran.
KI 2: ran gu / Blazing Valley
Fungsi: Membersihkan panas kosong, mendinginkan darah, menyegarkan Kapal Motilitas Yin.
Indikasi: Pruritus vulvae, prolaps uterus, haid tidak teratur, emisi nokturnal, hemoptisis, haus, diare, pembengkakan dan nyeri punggung kaki, omphalitis infantil akut.

KI 3: tai xi / Great Ravine
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, memberi manfaat esensi, memperkuat punggung dan lutut bagian bawah, mengatur rahim.
Indikasi: Sakit tenggorokan, sakit gigi, tuli, tinitus, pusing, meludah darah, asma, haus, haid tidak teratur, insomnia, emisi nokturnal, impotensi, frekuensi berkemih, nyeri di punggung bawah.
KI 4: da zhong / Piala Besar
Fungsi: Memperkuat punggung, mengangkat jiwa.
Indikasi: Meludah darah, asma, kaku dan nyeri punggung bawah, disuria, sembelit, nyeri di tumit, demensia.
KI 5: shui quan / Mata Air
Fungsi: Manfaat buang air kecil, meningkatkan sirkulasi darah, menghentikan sakit perut, mengatur rahim.
Indikasi: Amenore, haid tidak teratur, dismenore, prolaps uterus, disuria, penglihatan kabur.
KI 6: zhao hai / Shining Sea
Fungsi: Menutrisi yin, memberi manfaat bagi mata, menenangkan pikiran, menyegarkan Kapal Motilitas Yin, mendinginkan darah, memberi manfaat pada tenggorokan, meningkatkan fungsi rahim, membuka dada, mendinginkan panas, menenangkan jiwa, memberi manfaat bagi tenggorokan.
Indikasi: Haid tidak teratur, morbid leukorrhea, prolaps uterus, pruritus vulvae, asma, frekuensi miksi, retensi urine, konstipasi, epilepsi, insomnia, radang tenggorokan.

KI 7: fu liu / Aliran Pemulihan
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, mengatasi kelembapan, menghilangkan edema, memperkuat punggung bawah, mengatur keringat.
Indikasi: Edema, distensi abdomen, diare, borborygmus, atrofi otot tungkai, keringat malam, keringat spontan, penyakit demam tanpa berkeringat.
KI 8: jiao xin / Jangkauan Persimpangan
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menghentikan sakit perut, menghilangkan massa, mengatur menstruasi.
Indikasi: Haid tidak teratur, dismenore, perdarahan uterus, prolaps uterus, diare, sembelit, nyeri dan pembengkakan testis.
KI 9: zhu bin / Guest House
Fungsi: Menenangkan pikiran, mengencangkan Yin Ginjal, membuka dada, mengatur Pembuluh Penghubung Yin.
Indikasi: Gangguan jiwa, nyeri pada kaki dan tungkai bawah, hernia.
KI 10: yin gu / Lembah Yin
Fungsi: Mengeluarkan kelembapan dari Lower Energizer, mengencangkan yin Ginjal.
Indikasi: Impotensi, hernia, perdarahan uterus, disuria, nyeri pada lutut dan fossa poplitea, gangguan jiwa.
KI 11: heng gu / Tulang kemaluan
Fungsi: Meningkatkan perut dan menghilangkan kelembapan.
Indikasi: Rasa penuh dan nyeri pada perut bagian bawah, disuria, enuresis, emisi nokturnal, impotensi, nyeri alat kelamin.

KI 12: da he / Manifestasi Hebat
Fungsi: Suplemen Qi Ginjal, mengatur pembuluh Penetrasi dan Konsepsi.
Indikasi: Emisi nokturnal, impotensi, morbid leukorrhea, nyeri pada genitalia luar, prolaps uterus.
KI 13: Lubang di xue / Qi
Fungsi: Mengencangkan Ginjal dan esensi, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Haid tidak teratur, dismenore, disuria, sakit perut, diare.
KI 14: si man / Empat Kepenuhan
Fungsi: Suplemen Qi Ginjal, mengatur pembuluh Penetrasi dan Pembuahan, mendorong aliran bebas melalui saluran air.
Indikasi: Sakit perut dan kembung, diare, emisi nokturnal, haid tidak teratur, dismenore, sakit perut pascapartum.
KI 15: zhong zhu / Arus Sentral
Fungsi: Memelihara saluran Ginjal, mengatur pembuluh Penetrasi dan Pembuahan, menghilangkan penghambat Energizer Bawah.
Indikasi: Haid tidak teratur, sakit perut, sembelit.

KI 16: huang shu / Vitals
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menguatkan Ginjal, bermanfaat bagi Jantung.
Indikasi: Sakit perut dan kembung, muntah, sembelit, diare.
KI 17: shang qu / Usus Bengkok
Fungsi: Membentengi Limpa, menghilangkan kelembapan, menenangkan urat, mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Sakit perut, diare, sembelit.
KI 18: shi guan / Stone Pass
Fungsi: Membentengi pusat dan menyelaraskan perut, membebaskan usus dan menculik stagnasi.
Indikasi: Muntah, sakit perut, sembelit, sakit perut pascapartum, kemandulan.
KI 19: yin du / Yin Metropolis
Fungsi: Menguatkan Limpa dan menyelaraskan perut, mengatur dinamika Qi dan membebaskan Qi perut, mengatur pembuluh Penetrasi dan Pembuahan.
Indikasi: Borborygmus, sakit perut, nyeri epigastrium, konstipasi, muntah.
KI 20: tong gu / Lembah Terbuka
Fungsi: Membentengi Limpa dan menyelaraskan Perut, mengendurkan dada dan meluruskan Qi.
Indikasi: Sakit perut dan kembung, muntah, gangguan pencernaan.

KI 21: kalian semua / Dark Gate
Fungsi: Sakit perut dan kembung, gangguan pencernaan, muntah, diare, mual, morning sickness.
Indikasi: Meluruskan Hati dan memperbaiki Qi, memperkuat Limpa dan menyelaraskan Perut, membersihkan panas perut.
KI 22: bu lang / Corridor Walk
Fungsi: Berdifusi Paru-paru dan menekan batuk, menurunkan aliran balik dan menghentikan muntah.
Indikasi: Batuk, asma, kembung dan sesak di dada dan daerah hipokondriak, muntah, anoreksia.
KI 23: shen feng / Spirit Seal
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, menenangkan pikiran.
Indikasi: Batuk, asma, dada terasa penuh dan daerah hipokondriak, mastitis.
KI 24: ling xu / Spirit Ruings
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, menenangkan pikiran.
Indikasi: Batuk, asma, dada terasa penuh dan daerah hipokondria, mastitis.

KI 25: shen cang / Gudang Roh
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, menenangkan pikiran.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri dada.
KI 26: yu zhong / Pusat Semarak
Fungsi: Mengendurkan dada dan memperlancar aliran Qi, menenangkan dispnea, dan meredakan batuk.
Indikasi: Batuk, asma, penumpukan dahak, dada terasa penuh dan daerah hipokondriak.
KI 27: shu fu / Shu Mansion
Fungsi: Merangsang fungsi Ginjal dalam menerima Qi, menundukkan Qi yang memberontak, menghentikan batuk, menenangkan asma, menghilangkan dahak.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri dada.

7. Small Intestine Meridian ( Usus Kecil )

Acupuncture Meridian - Small Intestine

Titik Meridian Usus Kecil


SI 1: shao ze / Maret Kecil
Fungsi: Mengusir angin panas, menahan angin, membuka lubang, menghilangkan penghalang dari saluran, meningkatkan laktasi.
Indikasi: Sakit kepala, penyakit demam, kehilangan kesadaran, mata merah, kekeruhan pada kornea.
SI 2: qian gu / Lembah Depan
Fungsi: Membersihkan panas.
Indikasi: Mati rasa pada jari tangan, penyakit demam, tinitus, sakit kepala, urine kemerahan.
SI 3: hou xi / Back Ravine
Fungsi: Menghilangkan angin interior dari Governing Vessel, mengeluarkan angin luar, bermanfaat bagi otot, mengatasi kelembaban dan penyakit kuning, menjernihkan pikiran.
Indikasi: Nyeri dan kaku pada leher, tinitus, tuli, sakit tenggorokan, mania, malaria, keseleo lumbal akut, keringat malam, penyakit demam, kontraktur dan mati rasa pada jari, nyeri pada bahu dan siku.

SI 4: wan gu / Tulang Pergelangan Tangan
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menghilangkan panas lembab.
Indikasi: Penyakit demam dengan anhidrosis, sakit kepala, leher kaku, kontraktur jari, nyeri di pergelangan tangan, ikterus.
SI 5: Yang gu / Lembah Yang
Fungsi: Menjernihkan pikiran, menghilangkan penghalang dari saluran, membuang panas lembab dari luar.
Indikasi: Pembengkakan pada leher dan daerah submandibular, nyeri pada tangan dan pergelangan tangan, penyakit demam.
SI 6: yang lao / Merawat Lansia
Fungsi: Manfaat otot, mencerahkan mata, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Penglihatan kabur, nyeri di bahu, siku dan lengan.
SI 7: zhi zheng / Cabang ke Benar
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menenangkan pikiran.
Indikasi: Leher kaku, sakit kepala, pusing, nyeri spasmodik pada siku dan jari, penyakit demam, mania.
SI 8: xiao hai / Laut Kecil
Fungsi: Mengatasi panas lembab, menghilangkan penghalang dari saluran, menenangkan pikiran.
Indikasi: Sakit kepala, pipi bengkak, nyeri di tengkuk, bahu, lengan dan siku, epilepsi.

SI 9: jian zhen / True Shoulder
Fungsi: Melewati angin dan mempercepat pembuluh penghubung, menghilangkan, mengikat dan mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri di daerah skapula, gangguan motorik tangan dan lengan.
SI 10: nao shu / Titik Lengan Atas
Fungsi: Mempercepat darah dan membebaskan pembuluh penghubung, menenangkan otot-otot dan menghilangkan ikatan.
Indikasi: Pembengkakan pada bahu, nyeri dan kelemahan pada bahu dan lengan.
SI 11: tian zong / Celestial Gathering
Fungsi: Mengatasi patogen saluran Tai Yang, menyebarkan stagnasi Qi di dada dan daerah kosta lateral.
Indikasi: Nyeri di daerah skapula, nyeri di bagian lateroposterior siku dan lengan, asma.
SI 12: bing feng / Menggenggam Angin
Fungsi: Membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Nyeri di daerah skapula, mati rasa dan nyeri pada ekstremitas atas, gangguan motorik pada bahu dan lengan.

SI 13: qu yuan / Tembok Bengkok
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat darah.
Indikasi: Nyeri dan kekakuan pada daerah skapula.
SI 14: jian wai shu / Transporter Bahu Luar
Fungsi: Membawa angin dan mempercepat pembuluh penghubung, menghangatkan saluran, dan menghilangkan dingin.
Indikasi: Sakit pada bahu dan punggung, nyeri dan kaku pada leher.
SI 15: jian zhong shu / Central Shoulder Transporter
Fungsi: Mendifusi paru-paru dan membersihkan panas, mengubah dahak dan mencerahkan mata.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri di bahu dan punggung, hemoptisis.

SI 16: tian chuang / Jendela Langit
Fungsi: Menghilangkan angin dan mempercepat pembuluh penghubung, menenangkan jiwa dan memelihara Hati.
Indikasi: Sakit tenggorokan, tiba-tiba kehilangan suara, tuli, tinitus, kaku dan nyeri pada leher.
SI 17: tian rong / Wajah Surgawi
Fungsi: Mengatasi panas lembab, mengusir racun api, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Tuli, tinnitus, radang tenggorokan, pembengkakan pipi, sensasi benda asing di tenggorokan, gondok.
SI 18: quan liao / Lubang Tulang Pipi
Fungsi: Mengusir angin, meredakan nyeri.
Indikasi: Kelumpuhan wajah, kelopak mata berkedut, nyeri di wajah, sakit gigi, pembengkakan pipi, sklera kekuningan.
SI 19: ting gong / Auditory Palace
Fungsi: Menguntungkan telinga.
Indikasi: Tuli, tinitus, otorrhea, gangguan motorik pada sendi rahang bawah, sakit gigi.

8. Large Intestine Meridian ( Usus Besar )

Acupuncture Meridian - Large Intestine

Titik Meridian Usus Besar

LI 1: shang yang / Metal Yang
Fungsi: Membersihkan panas, mencerahkan mata, bermanfaat bagi tenggorokan, menenangkan pikiran, mengusir angin dan menyebarkan dingin.
Indikasi: Sakit gigi, sakit tenggorokan, pembengkakan pada daerah submandibular, mati rasa pada jari tangan, penyakit demam dengan anhidrosis, xerostomia, kehilangan kesadaran.
LI 2: er jian / Spasi Kedua
Fungsi: Membersihkan panas, menghilangkan panas patogen, melemahkan tenggorokan.
Indikasi: Penglihatan kabur, epistaksis (mimisan), sakit gigi, radang tenggorokan, penyakit demam.
LI 3: san jian / Ruang Ketiga
Fungsi: Menghilangkan angin luar, membersihkan panas, mencerahkan mata, bermanfaat bagi tenggorokan.
Indikasi: Sakit gigi, ophthalmalgia, sakit tenggorokan, kemerahan dan bengkak pada jari tangan dan punggung tangan.

LI 4: dia gu / Union Valley
Fungsi: Menghilangkan angin luar, melepaskan bagian luar, merangsang fungsi pendispersi Paru-paru, menghentikan rasa sakit, menghilangkan penghalang dari saluran, menguatkan Qi dan mengkonsolidasikan bagian luar, menyelaraskan fungsi naik dan turun.
Indikasi: Sakit kepala, nyeri di leher bagian tubuh manapun, kemerahan, bengkak dan nyeri pada mata, epistaksis, sumbatan hidung, rinore, sakit gigi, tuli, wajah bengkak, sakit tenggorokan.
LI 5: Yang xi / Yang Jurang
Fungsi: Mengusir angin, melepaskan bagian luar, bermanfaat bagi tenggorokan, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Sakit kepala, kemerahan, nyeri dan bengkak pada mata, sakit gigi, radang tenggorokan, nyeri pada pergelangan tangan.
LI 6: Pian li / Bagian Membelok
Fungsi: Membuka saluran air Paru-paru.
Indikasi: Kemerahan pada mata, tinitus, tuli, epistaksis, nyeri pada tangan dan lengan, radang tenggorokan, edema.

LI 7: wen liu / Arus Hangat
Fungsi: Membersihkan panas, menghentikan rasa sakit, mengusir angin, bermanfaat bagi tenggorokan.
Indikasi: Sakit kepala, bengkak pada wajah, radang tenggorokan, borborygmus, sakit perut, pegal pada bahu dan lengan.
LI 8: xia lian / Punggung Bawah
Fungsi: Menghilangkan angin dan menghilangkan panas, membebaskan saluran dan mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri perut, borborygmus, nyeri pada siku dan lengan, gangguan motorik pada tungkai atas.
LI 9: shang lian / Upper Ridge
Fungsi: Meluruskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, membebaskan Qi usus.
Indikasi: Nyeri bahu dan lengan, gangguan motorik pada tungkai atas, tangan dan lengan mati rasa, borborygmus, sakit perut.
LI 10: shou san li / Lengan Tiga Mil
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menguatkan Qi.
Indikasi: Sakit perut, diare, sakit gigi, pembengkakan pada pipi, gangguan motorik pada tungkai atas, nyeri pada bahu dan punggung.

LI 11: qu chi / Pool di Tikungan
Fungsi: Mengusir angin luar, membersihkan panas, mendinginkan darah, mengatasi kelembaban, mengatur Qi dan darah bergizi, bermanfaat bagi otot dan persendian.
Indikasi: Sakit tenggorokan, sakit gigi, mata kemerahan dan nyeri, penyakit skrofula, urtikaria, gangguan motorik pada ekstremitas atas, sakit perut, muntah, diare, penyakit demam.
LI 12: zhou liao / Lubang Tulang Siku
Fungsi: Mengarahkan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, melemahkan sambungan.
Indikasi: Nyeri, mati rasa dan kontraktur siku dan lengan.
LI 13: shou wu li / Lengan Lima Mil
Fungsi: Mengarahkan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, melemahkan sambungan.
Indikasi: Nyeri di bahu dan lengan, leher kaku, penyakit skrofula.

LI 14: bi nao / Lengan Atas
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, mencerahkan mata, menghilangkan dahak dan menyebarkan massa.
Indikasi: Nyeri di bahu dan lengan, leher kaku, penyakit skrofula.
LI 15: jian yu / Tulang Bahu
Fungsi: Manfaat otot, meningkatkan sirkulasi Qi di saluran, menghentikan rasa sakit, mengeluarkan angin.
Indikasi: Nyeri di bahu dan lengan. Gangguan motorik pada ekstremitas atas, rubella, skrofula.
LI 16: kendi u / Tulang Besar
Fungsi: Menggerakkan darah secara lokal, menghilangkan penghalang dari saluran, membuka dada, menundukkan Qi pemberontak yang naik, merangsang turunnya Qi Paru, bermanfaat bagi persendian.
Indikasi: Nyeri dan gangguan motorik pada ekstremitas atas, nyeri pada bahu dan punggung.

LI 17: tian ding / Tripod Surgawi
Fungsi: Menghilangkan tenggorokan dan membersihkan Qi Paru-paru.
Indikasi: Kehilangan suara mendadak, sakit tenggorokan, penyakit skrofula, gondok.
LI 18: fu tu / Asisten Tonjolan
Fungsi: Memberi manfaat pada tenggorokan, meredakan batuk, melegakan dahak dan menyebarkan massa.
Indikasi: Batuk, asma, sakit tenggorokan, tiba-tiba kehilangan suara, penyakit kelenjar, gondok.
LI 19: he liao / Grain Bone-Hole
Fungsi: Mendifusi Qi Paru-paru dan membersihkan panas paru-paru, membersihkan hidung dan membangkitkan semangat.
Indikasi: Obstruksi hidung, epistaksis, deviasi mulut.
LI 20: ying xian / Wewangian Selamat Datang
Fungsi: Menghalau angin luar.
Indikasi: Sumbatan hidung, hiposmia, epistaksis, rinorea, deviasi mulut, gatal dan bengkak pada wajah.

9. Triple Energizer Meridian

Acupuncture Meridian - Triple Energizer

Titik Meridian Pengenergi Tiga Kali Lipat

TE 1: guan chong / Passage Hub
Fungsi: Membersihkan panas, mengeluarkan angin, menyegarkan darah, memulihkan kesadaran, menghentikan kejang.
Indikasi: Sakit kepala, mata kemerahan, sakit tenggorokan, lidah kaku, penyakit demam, lekas marah.
TE 2: ye men / Humor Gate
Fungsi: Membersihkan panas, mengusir angin, memberi manfaat bagi telinga, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Sakit kepala, mata kemerahan, tuli mendadak, sakit tenggorokan, malaria, nyeri di lengan.
TE 3: zhong zhu / Central Islet
Fungsi: Membersihkan panas, mengusir angin, memberi manfaat bagi telinga, mengangkat pikiran, menghilangkan penghalang dari saluran, mengatur Qi.
Indikasi: Sakit kepala, mata kemerahan, tuli, tinitus, radang tenggorokan, penyakit demam, nyeri pada siku dan lengan, gangguan motorik jari.
TE 4: Kolam Yang chi / Yang
Fungsi: Melemaskan otot, menghilangkan penghalang dari saluran, membersihkan panas, mengatur perut, meningkatkan transformasi cairan, memberi manfaat Qi asli, memperkuat pembuluh Penetrasi dan Pembuahan.
Indikasi: Nyeri pada lengan, bahu dan pergelangan tangan, malaria, tuli, haus.
TE 5: wai guan / Outer Pass
Fungsi: Mengusir angin panas, melepaskan bagian luar, menghilangkan halangan dari saluran, bermanfaat bagi telinga, menundukkan Hati Yang.
Indikasi: Penyakit demam, sakit kepala, nyeri di pipi, leher tegang, tuli, tinnitus, nyeri di daerah hipokondriak, gangguan motorik siku dan lengan, nyeri pada jari, tangan gemetar.

TE 6: zhi gou / Parit Cabang
Fungsi: Mengatur Qi, menghilangkan penghalang dari saluran, menghilangkan penghalang dari Usus Besar, membersihkan panas, mengeluarkan angin.
Indikasi: Tinnitus, tuli, nyeri di daerah hipokondriak, muntah, sembelit, penyakit demam, nyeri dan sensasi berat pada bahu dan punggung, suara serak mendadak.
TE 7: hui zong / Konvergensi dan Gathering
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, bermanfaat bagi mata dan telinga, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Tuli, nyeri di telinga, epilepsi, nyeri lengan.
TE 8: san yang luo / Hubungan Tiga Yang
Fungsi: Membersihkan panas, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Tuli, suara serak mendadak, nyeri di dada dan daerah hipokondriak, nyeri di tangan dan lengan, sakit gigi.

TE 9: si du / Four Rivers
Fungsi: Mengarahkan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, membebaskan dan mengatur saluran air, melenyapkan tenggorokan, dan membuka portal.
Indikasi: Tuli, sakit gigi, migrain, suara serak mendadak, nyeri di lengan bawah.
TE 10: tian jung / Celestial Wall
Fungsi: Melemaskan tendon, menghilangkan kelembapan dan dahak, menghalau massa, membersihkan panas, menghilangkan stagnasi, mengatur Qi bergizi dan defensif.
Indikasi: Migrain, nyeri di leher, bahu dan lengan, epilepsi, penyakit kelenjar, gondok.
TE 11: qing leng yuan / Clear Cold Abyss
Fungsi: Membebaskan saluran dan kapal penghubung, membersihkan panas dan mengalirkan api.
Indikasi: Gangguan motorik dan nyeri pada bahu dan lengan, migrain.

TE 12: xiao luo / Dasar Sungai yang Menyebar
Fungsi: Meluruskan saluran, mempercepat pembuluh penghubung dan menggerakkan Qi, membersihkan dan mengalirkan panas yang tertekan di Triple Energizer.
Indikasi: Sakit kepala, kaku leher, gangguan motorik dan nyeri lengan.
TE 13: nao hui / Konvergensi Lengan Atas
Fungsi: Membersihkan dan membuang panas patogen, membebaskan saluran dan pembuluh penghubung, melemahkan sendi.
Indikasi: Gondok, nyeri di bahu dan lengan.
TE 14: xian liao / Lubang Tulang Bahu
Fungsi: Menghilangkan angin dan mengatasi kelembapan, menggerakkan Qi, mempercepat darah dan mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri dan gangguan motorik pada bahu dan lengan atas.
TE 15: tian liao / Lubang Tulang Langit
Fungsi: Menghilangkan angin dan menghilangkan kelembapan, membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri di bahu dan siku, leher kaku.

TE 16: tian you / Celestial Oriole
Fungsi: Membersihkan panas dan mengalirkan api, menghalau angin dan menghilangkan kelembapan, mengurangi pembengkakan dan menghentikan rasa sakit, membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Sakit kepala, leher kaku, wajah bengkak, penglihatan kabur, tuli mendadak.
TE 17: yi feng / Layar Angin
Fungsi: Mengusir angin, bermanfaat bagi telinga.
Indikasi: Tinnitus, tuli, otorrhea, kelumpuhan wajah, sakit gigi, pembengkakan pipi, skrofula, trismus.
TE 18: chi mai / Spasm Vessel
Fungsi: Membersihkan panas dan mengatasi tetani, mempercepat pembuluh penghubung dan mengurangi rasa sakit, membuka portal.
Indikasi: Sakit kepala, tinitus, tuli, kejang kekanak-kanakan.

TE 19: lu xi / Skull Rest
Fungsi: Melewati angin dan mempercepat pembuluh penghubung, membebaskan saluran dan mengurangi rasa sakit, menenangkan jiwa dan menenangkan ketakutan.
Indikasi: Sakit kepala, tinitus, tuli, kejang kekanak-kanakan.
TE 20: jiao sun / Sudut Verteks
Fungsi: Membersihkan kepala dan mencerahkan mata, mengalirkan angin, mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Tinnitus, kemerahan, nyeri dan mata bengkak, gusi bengkak, sakit gigi, parotitis.

TE 21: er men / Ear Gate
Fungsi: Mengarahkan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, membuka portal, dan meningkatkan pendengaran.
Indikasi: Tinnitus, tuli, otorrhea, sakit gigi, bibir kaku.
TE 22: he liao / Harmony Bone-Hole
Fungsi: Menghalau angin dan membebaskan kapal penghubung, membuka portal.
Indikasi: Migrain, tinnitus, lockjaw.
TE 23: si zhu kong / Lubang Bambu Sutra
Fungsi: Mengusir angin, mencerahkan mata, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Sakit kepala, kemerahan dan nyeri mata, penglihatan kabur, kelopak mata berkedut, sakit gigi, kelumpuhan wajah.

10. Stomach Meridian

Acupuncture Meridian - Stomach

Titik Meridian Perut

ST 1: cheng qi / Tear Container
Fungsi: Mengusir angin, mencerahkan mata, menghentikan lakrimasi.
Indikasi: Kemerahan, bengkak dan nyeri pada mata, lakrimasi, rabun senja, kelopak mata berkedut, kelumpuhan wajah.
ST 2: si bai / Empat Putih
Fungsi: Mengusir angin, mencerahkan mata.
Indikasi: Kemerahan, nyeri dan gatal pada mata, wajah lumpuh, kelopak mata berkedut, nyeri pada wajah.
ST 3: ju liao / Lubang Tulang Besar
Fungsi: Mengusir angin, menghilangkan penghalang dari saluran, mengurangi pembengkakan.
Indikasi: Kelumpuhan wajah, kelopak mata berkedut, epistaksis, sakit gigi, pembengkakan pada bibir dan pipi.
ST 4: di cang / Lumbung Tanah
Fungsi: Mengusir angin, menghilangkan penghalang dari saluran, menguntungkan tendon dan otot.
Indikasi: Deviasi mulut, air liur, kelopak mata berkedut.

ST 5: da ying / Penerimaan Besar
Fungsi: Memandu angin dan mempercepat kapal penghubung.
Indikasi: Wajah lumpuh, trismus, pipi bengkak, nyeri di wajah, sakit gigi.
ST 6: jia che / tulang rahang
Fungsi: Mengusir angin, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Wajah lumpuh, sakit gigi, bengkak pada pipi dan wajah, gondongan, trismus.
ST 7: xia guan / Di Bawah Sendi
Fungsi: Menghapus penghalang dari saluran, bermanfaat bagi telinga.
Indikasi: Tuli, tinitus, otorrhea, sakit gigi, kelumpuhan wajah, nyeri pada wajah, gangguan motorik pada rahang.
ST 8: tou wei / Kepala Sudut
Fungsi: Mengusir angin, meredakan nyeri, mencerahkan mata, meredakan pusing, menghilangkan panas.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, oftalmalgia, lakrimasi.

ST 9: ren ying / Prognosis Manusia
Fungsi: Mengatur Qi, menghilangkan massa, menguntungkan tenggorokan, meredakan pembengkakan.
Indikasi: Sakit tenggorokan, asma, gondok, pusing, muka kemerahan.
ST 10: shui tu / Keunggulan Air
Fungsi: Meluruskan Qi Paru-Paru dan Menghilangkan Tenggorokan.
Indikasi: Sakit tenggorokan, asma, batuk.
ST 11: qi she / Qi Abode
Fungsi: Kursus Qi dan arus balik downbears.
Indikasi: Sakit tenggorokan, nyeri dan kaku pada leher, asma, cegukan, gondok.
ST 12: que pen / Empty Basin
Fungsi: Menundukkan Qi yang memberontak.
Indikasi: Batuk, asma, radang tenggorokan, nyeri pada fosa supraclavicular.
ST 13: qi hu / Qi Pintu
Fungsi: Membersihkan panas dan mengendurkan dada.
Indikasi: Dada terasa penuh, asma, batuk, cegukan, nyeri di dada, hipokondrium.

ST 14: ku fang / Ruang penyimpanan
Fungsi: Meluruskan Qi dan mengendurkan dada.
Indikasi: Sensasi sesak dan nyeri pada dada, batuk.
ST 15: wu yi / Atap
Fungsi: Menghilangkan angin dan meredakan nyeri.
Indikasi: Rasa penuh dan nyeri di dada dan daerah kosta, batuk, asma, mastitis.
ST 16: ying chuang / Jendela Payudara
Fungsi: Membersihkan panas dan mengatasi depresi, meredakan nyeri dan menghilangkan pembengkakan.
Indikasi: Rasa penuh dan nyeri di dada dan hipokondrium, batuk, asma, mastitis.
ST 17: ru zhong / Pusat Payudara
Fungsi: Tidak Ada.
Indikasi: Tidak ada.

ST 18: ru gen / Akar Payudara
Fungsi: Mengatur Qi Perut, mengatur payudara dan menyusui, menghalau stagnasi.
Indikasi: Nyeri dada, batuk, asma, mastitis, laktasi tidak cukup.
ST 19: bu rong / Tidak Dikandung
Fungsi: Mengatur bagian tengah dan menyelaraskan Perut.
Indikasi: Perut kembung, muntah, nyeri lambung, anoreksia.
ST 20: cheng man / Dengan asumsi Kepenuhan
Fungsi: Menyelaraskan perut dan meluruskan Qi.
Indikasi: Nyeri lambung, perut kembung, muntah, anoreksia.
ST 21: liang men / Beam Gate
Fungsi: Mengatur perut, menundukkan Qi yang memberontak, menghentikan muntah, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Sakit lambung, muntah, anoreksia, perut kembung, diare.

ST 22: guan men / Pass Gate
Fungsi: Mengatur Perut dan Usus.
Indikasi: Distensi dan nyeri abdomen, anoreksia, borborygmus, diare, edema.
ST 23: tai yi / Kesatuan Tertinggi
Fungsi: Membersihkan Hati dan menenangkan jiwa, membentengi Limpa dan menyelaraskan pusatnya.
Indikasi: Sakit lambung, lekas marah, mania, gangguan pencernaan.
ST 24: hua rou men / Slipper Flesh Gate
Fungsi: Menenangkan jiwa dan menstabilkan watak, mengatur dan menyelaraskan Perut dan Usus.
Indikasi: Sakit lambung, muntah, mania.
ST 25: tian shu / Celestial Pivot
Fungsi: Meningkatkan fungsi Usus, membersihkan panas, mengatur Qi, mengurangi retensi makanan.
Indikasi: Sakit perut dan distensi, borborygmus, nyeri disekitar umbilikus, konstipasi, diare, disentri, haid tidak teratur, edema.

ST 26: wai ling / Outer Mound
Fungsi: Menghilangkan dingin, mengurangi rasa sakit, memperbaiki Qi.
Indikasi: Sakit perut, hernia, dismenore.
ST 27: da ju / Raksasa Besar
Fungsi: Mengatur Qi Perut.
Indikasi: Distensi perut bagian bawah, disuria, hernia, pancaran mani, ejakulasi dini.
ST 28: shui dao / Jalur Air
Fungsi: Manfaat buang air kecil, membuka saluran air, manfaat susah buang air kecil.
Indikasi: Distensi perut bagian bawah, retensi urin, edema, hernia, dismenore, kemandulan

ST 29: gui lai / Kembali
Fungsi: Meredakan stagnasi darah.
Indikasi: Sakit perut, hernia, dismenore, haid tidak teratur, amenore, leukore, prolaps uterus.
ST 30: qi chong / Surging Qi
Fungsi: Mengatur Qi Perut, mengatur Pembuluh Penetrasi, meningkatkan esensi, mengencangkan lautan makanan, mengatur darah.
Indikasi: Sakit perut, borborygmus, hernia, bengkak dan nyeri pada genitalia luar, impotensi, dismenore, haid tidak teratur.
ST 31: bi guan / Sendi Inferior
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri di paha, atrofi otot, gangguan motorik, mati rasa dan nyeri pada ekstremitas bawah.
ST 32: fu tu / Crouching Rabbit
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, mengusir panas angin.
Indikasi: Nyeri pada daerah pinggang dan iliaka, lutut dingin, kelumpuhan atau gangguan motorik dan nyeri pada ekstremitas bawah, beri-beri.

ST 33: Pasar yin shi / Yin
Fungsi: Membawa angin dan menghilangkan dingin, membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, menghilangkan sambungan.
Indikasi: Mati rasa, nyeri, gangguan motorik pada tungkai dan lutut, gangguan motorik pada ekstremitas bawah.
ST 34: liang qiu / Bukit Balok
Fungsi: Menurunkan Qi Perut yang memberontak, menghilangkan penghalang dari saluran, mengeluarkan kelembaban dan angin.
Indikasi: Nyeri dan mati rasa pada lutut, nyeri lambung, mastitis, gangguan motorik pada ekstremitas bawah.
ST 35: du bi / Calf’s Nose
Fungsi: Menyegarkan saluran, mengurangi pembengkakan, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Nyeri, mati rasa dan gangguan motorik lutut, beri-beri.

ST 36: zu san li / Kaki Tiga Mil
Fungsi: Manfaat Perut dan Limpa, menguatkan Qi dan darah, menghalau dingin, menguatkan tubuh, mencerahkan mata, mengatur Qi dan Usus yang bergizi dan defensif, membangkitkan Yang, mengusir angin dan lembab, mengatasi edema.
Indikasi: Nyeri lambung, muntah, cegukan, perut kembung, borborygmus, diare, disentri, sembelit, mastitis, radang usus, nyeri sendi lutut dan tungkai, beri-beri, pusing, susah tidur, edema, batuk, asma, kekurusan akibat defisiensi umum, gangguan pencernaan , apoplexy, hemiplegia, mania.
ST 37: shang ju xu / Hollow Besar Atas
Fungsi: Mengatur fungsi Lambung dan Usus, menghilangkan lembab-panas, menghalau retensi makanan, menenangkan asma.
Indikasi: Sakit perut dan distensi, borborygmus, diare, disentri, konstipasi, enteritidis, kelumpuhan akibat stroke, beri-beri.
ST 38: tiao kou / Pembukaan Pita
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Mati rasa, pegal dan nyeri pada lutut dan tungkai, kelemahan dan gangguan motorik pada bahu, nyeri perut.

ST 39: xia ju xu / Hollow Besar Bawah
Fungsi: Mengatur fungsi Perut dan Usus, menghilangkan lembab-panas, menghilangkan angin-lembab, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Nyeri perut bagian bawah, sakit punggung mengacu pada testis, mastitis, mati rasa dan kelumpuhan pada ekstremitas bawah.
ST 40: feng long / Bountiful Bulge
Fungsi: Mengatasi dahak dan lembab, menenangkan asma, membersihkan panas, menenangkan dan menjernihkan pikiran, membuka dada.
Indikasi: Sakit kepala, pusing dan vertigo, batuk, asma, dahak berlebihan, nyeri di dada, sembelit, mania, epilepsi, atrofi otot, gangguan motorik, nyeri, bengkak atau kelumpuhan pada ekstremitas bawah.
ST 41: jie xi / Pembelahan Jurang
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menghilangkan angin, membersihkan panas, menjernihkan pikiran, mencerahkan mata.
Indikasi: Nyeri pada sendi pergelangan kaki, atrofi otot, gangguan motorik, nyeri dan kelumpuhan pada ekstremitas bawah, epilepsi, sakit kepala, pusing dan vertigo, perut kembung, sembelit.
ST 42: chong yang / Surging Yang
Fungsi: Mengencangkan Perut dan Limpa, menenangkan pikiran, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri pada gigi atas, kemerahan dan pembengkakan pada punggung kaki, kelumpuhan wajah, atrofi otot dan gangguan motorik pada kaki.

ST 43: xian gu / Lembah Tenggelam
Fungsi: Menghilangkan angin dan panas, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Edema wajah atau umum, nyeri perut, borborygmus, pembengkakan dan nyeri punggung kaki.
ST 44: nei ting / Inner Court
Fungsi: Membersihkan panas, menghilangkan rasa kenyang, mengatur Qi, menghentikan rasa sakit, melancarkan pencernaan, menghilangkan angin dari wajah.
Indikasi: Sakit gigi, nyeri di wajah, deviasi mulut, sakit tenggorokan, epistaksis, nyeri lambung, regurgitasi asam, disentri, sembelit, bengkak dan nyeri pada punggung kaki, penyakit demam.
ST 45: li dui / Mulut Parah
Fungsi: Menenangkan pikiran, mencerahkan mata, menjernihkan Hati, mengurangi retensi makanan.
Indikasi: Wajah bengkak, deviasi mulut, epistaksis, sakit gigi, sakit tenggorokan dan suara serak, perut kembung, dingin di tungkai dan f

11. Gallbladder Meridian

Acupuncture Meridian - Gallbladder

Titik Meridian Kantung Empedu

GB 1: tong zi liao / Pupil Lubang Tulang
Fungsi: Mengusir angin panas, membersihkan api, mencerahkan mata.
Indikasi: Sakit kepala, kemerahan dan nyeri pada mata, gangguan penglihatan, lakrimasi, kelainan pada mata dan mulut.
GB 2: ting hui / Auditory Convergence
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menguntungkan telinga, mengusir angin luar.
Indikasi: Tuli, tinitus, sakit gigi, gangguan motorik pada sendi temporomandibular, gondongan, kelainan pada mata dan mulut.
GB 3: shang guan / Gerbang Atas
Fungsi: Membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, meningkatkan pendengaran.
Indikasi: Sakit kepala, tuli, tinnitus, diplacusis, deviasi mata dan mulut, sakit gigi.

GB 4: han yan / Dahi Penuh
Fungsi: Kursus angin, mempercepat pembuluh penghubung, membersihkan panas, menenangkan ketakutan, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Migrain, vertigo, tinnitus, nyeri di luar canthus, sakit gigi, kejang, epilepsi.
GB 5: xuan lu / Tengkorak yang Ditangguhkan
Fungsi: Melancarkan angin dan mempercepat pembuluh penghubung, menyebarkan pembengkakan, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Migrain, nyeri di bagian luar canthus, wajah bengkak.
GB 6: xuan li / Berkas Tertangguhkan
Fungsi: Menghapus penghalang dari saluran, bermanfaat bagi telinga.
Indikasi: Migrain, nyeri di bagian luar canthus, tinnitus, sering bersin.

GB 7: qu bin / Kurva Garis Rambut Temporal
Fungsi: Membersihkan panas dan menghilangkan bengkak, memadamkan angin dan mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Sakit kepala, pembengkakan pipi, trismus, nyeri di daerah temporal, kejang kekanak-kanakan.
GB 8: shuai gu / Valley Lead
Fungsi: Menghapus penghalang dari saluran, bermanfaat bagi telinga.
Indikasi: Migrain, vertigo, muntah, kejang kekanak-kanakan.
GB 9: tian chong / Celestial Hub
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, mengurangi Qi yang naik, menghilangkan angin interior, menenangkan kejang, menenangkan pikiran.
Indikasi: Sakit kepala, epilepsi, bengkak dan kesemutan pada gusi, kejang.

GB 10: fu bai / Putih Mengambang
Fungsi: Melewati dan melemahkan Hati dan Kantung Empedu, menghilangkan angin dan membebaskan pembuluh penghubung.
Indikasi: Sakit kepala, tuli, tinnitus.
GB 11: tou qiao yin / Kepala Portal Yin
Fungsi: Membersihkan panas dan menghilangkan panas saluran kandung empedu, membebaskan telinga dan menghilangkan tenggorokan.
Indikasi: Nyeri di kepala dan leher, tinitus, tuli, nyeri di telinga.
GB 12: wan gu / Penyelesaian Tulang
Fungsi: Menghilangkan angin, menenangkan kejang, mengurangi Qi yang meningkat, menenangkan pikiran.
Indikasi: Sakit kepala, insomnia, bengkak di pipi, nyeri retro-aurikuler, deviasi mata dan mulut, sakit gigi.
GB 13: ben shen / Root Spirit
Fungsi: Menenangkan pikiran, menghilangkan angin, mengumpulkan esensi ke kepala, membersihkan otak.
Indikasi: Sakit kepala, insomnia, vertigo, epilepsi.

GB 14: Yang bai / Yang Putih
Fungsi: Menghilangkan angin luar, mengatasi peningkatan Qi.
Indikasi: Sakit kepala di daerah frontal, nyeri pada orbital ridge, sakit mata, vertigo, kelopak mata berkedut, ptosis pada kelopak mata, lakrimasi.
GB 15: tou lin qi / Kepala Menghadap Air Mata
Fungsi: Mengatur pikiran, menyeimbangkan emosi, membersihkan otak, mencerahkan mata, membebaskan hidung.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, lakrimasi, nyeri di bagian luar canthus, rinorea, sumbatan hidung, depresi manik.
GB 16: mu chuang / Jendela Mata
Fungsi: Meluruskan saluran dan pembuluh penghubung, menjernihkan kepala dan mencerahkan mata.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, mata merah dan nyeri, sumbatan hidung.
GB 17: zheng ying / Konstruksi Tegak
Fungsi: Membersihkan panas dan mengeringkan Kantung Empedu, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Migrain, vertigo.
GB 18: cheng ling / Dukungan Spirit
Fungsi: Menenangkan pikiran, membersihkan otak, mengalirkan panas, menyebarkan paru-paru, membebaskan portal.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, epistaksis, rhinorrhea, pikiran obsesif dan demensia.

GB 19: nao kong / Brain Hollow
Fungsi: Membersihkan Kantung Empedu dan mengalirkan api, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung, membangkitkan otak dan membebaskan portal.
Indikasi: Sakit kepala, leher kaku, vertigo, nyeri mata, tinitus, epilepsi.
GB 20: feng chi / Kolam Angin
Fungsi: Menghilangkan angin (interior dan eksterior), menaklukkan Liver Yang, mencerahkan mata, bermanfaat bagi telinga, membersihkan panas, membersihkan otak.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, insomnia, nyeri dan kaku leher, penglihatan kabur, glaukoma, mata merah dan nyeri, tinitus, kejang, epilepsi, kejang kekanak-kanakan, penyakit demam, flu biasa, sumbatan hidung, rinore.
GB 21: jian jing / Bahu Dengan Baik
Fungsi: Merilekskan otot, meningkatkan laktasi, meningkatkan persalinan.
Indikasi: Nyeri dan kaku pada leher, nyeri pada bahu dan punggung, gangguan motorik lengan, laktasi tidak mencukupi, mastitis, skrofula, pitam, persalinan sulit.

GB 22: yuan ye / Armpit Abyss
Fungsi: Melonggarkan dada dan menormalkan Qi, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Dada terasa penuh, pembengkakan di daerah ketiak, nyeri di daerah hipokondriak, nyeri dan gangguan motorik pada lengan.
GB 23: zhe jin / Kursi Otot
Fungsi: Meluruskan Hati dan memperbaiki Qi, menenangkan dispnea, dan menurunkan aliran balik.
Indikasi: Dada terasa penuh, nyeri di daerah hipokondriak, asma.
GB 24: ri yue / Matahari dan Bulan
Fungsi: Mengatasi panas lembab, meningkatkan fungsi Kantung Empedu dan Hati.
Indikasi: Nyeri di daerah hipokondriak, muntah, regurgitasi asam, cegukan, ikterus, mastitis.

GB 25: jing men / Capital Gate
Fungsi: Digunakan lebih banyak untuk diagnosis daripada pengobatan masalah ginjal.
Indikasi: Distensi abdomen, borborygmus, diare, nyeri di daerah pinggang dan hipokondriak.
GB 26: dai mai / Girdling Vessel
Fungsi: Mengatur rahim, mengatasi panas lembab, mengatur Girdling Vessel.
Indikasi: Haid tidak teratur, amenore, leukorea, sakit perut, hernia, nyeri di daerah pinggang dan hipokondriak.
GB 27: wu shu / Pivot Kelima
Fungsi: Memperkuat pinggang dan meningkatkan ginjal, mengatur hati dan memperbaiki Qi, mengobati keputihan.
Indikasi: Leukorea, nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, hernia, sembelit.
GB 28: wei dao / Linking Path
Fungsi: Kursus Qi stagnan, memperbaiki usus, mengikat Kapal Girdling.
Indikasi: Leukorea, nyeri perut bagian bawah, hernia, prolaps uterus.

GB 29: ju lido / Squatting Bone-Hole
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri dan mati rasa di daerah paha dan pinggang, kelumpuhan, atrofi otot tungkai bawah.
GB 30: huan tiao / Putaran Lompat
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menguatkan Qi dan darah, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Nyeri pada daerah pinggang dan paha, atrofi otot tungkai bawah, hemiplegia.
GB 31: feng shi / Pasar Angin
Fungsi: Mengusir angin, melemaskan urat, menguatkan tulang, meredakan gatal.
Indikasi: Nyeri dan pegal di daerah paha dan pinggang, kelumpuhan tungkai bawah, beri-beri, pruritus umum (pembengkakan kulit).
GB 32: zhong du / Sungai Tengah
Fungsi: Menenangkan otot, mempercepat pembuluh penghubung, mengusir angin dan menghilangkan dingin.
Indikasi: Nyeri dan nyeri pada paha dan lutut, mati rasa dan kelemahan pada tungkai bawah, hemiplegia.
GB 33: (xi) yang guan / (Knee) Yang Joint
Fungsi: Menghilangkan angin dan menghilangkan rasa dingin, menenangkan otot-otot, mempercepat pembuluh penghubung dan mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Pembengkakan dan nyeri lutut, kontraktur tendon pada fossa poplitea, kaki mati rasa.

GB 34: Yang ling quan / Yang Mound Spring
Fungsi: Meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati, mengatasi panas lembab, menghilangkan penghalang dari saluran, melemaskan otot, menundukkan Qi yang memberontak.
Indikasi: Hemiplegia, kelemahan, mati rasa dan nyeri pada ekstremitas bawah, bengkak dan nyeri lutut, beri-beri, nyeri hipokondriak, rasa pahit di mulut, muntah, ikterus, kejang kekanak-kanakan.
GB 35: Persimpangan Yang liao / Yang
Fungsi: Merilekskan otot, menghilangkan penghalang dari saluran, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Kepenuhan dada dan daerah hipokondriak, atrofi otot, kelumpuhan tungkai.

GB 36: wai qiu / Bukit Luar
Fungsi: Menghilangkan halangan dari saluran, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Nyeri di daerah leher, dada, paha dan hipokondriak, menggigil dan demam yang menyertai rabies.
GB 37: guang ming / Cahaya Terang
Fungsi: Mencerahkan mata, mengusir angin, membersihkan panas, mengalirkan api ke bawah.
Indikasi: Nyeri di lutut, atrofi otot, gangguan motorik dan nyeri pada ekstremitas bawah, penglihatan kabur, oftalmalgia, rabun senja, nyeri yang membengkak di payudara.
GB 38: Bantuan yang fu / Yang

Fungsi: Mengembalikan Hati Yang, membersihkan panas, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Migren, nyeri kantus luar, nyeri di daerah ketiak, skrofula, nyeri pinggang, nyeri di dada, nyeri di daerah hipokondriak dan aspek lateral ekstremitas bawah, malaria.
GB 39: xuan zhong / Tikungan Ditangguhkan
Fungsi: Manfaat sari, menyehatkan sumsum, menghilangkan angin, memperkuat urat dan tulang, membersihkan dan mendinginkan lembab-panas, bermanfaat bagi Hati dan Kantung Empedu.
Indikasi: Apoplexy, hemiplegia, nyeri di leher, perut kembung, nyeri di daerah hipokondriak, atrofi otot tungkai bawah, nyeri spastik tungkai, beri-beri.
GB 40: qiu xu / Reruntuhan Bukit
Fungsi: Meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati.
Indikasi: Nyeri di leher, bengkak di daerah ketiak, nyeri di daerah hipokondriak, muntah, regurgitasi asam, atrofi otot tungkai bawah, malaria, nyeri dan pembengkakan malleolus eksternal.

ID 41: (zu) lin qi / (Kaki) Menghadap Air Mata
Fungsi: mengatasi panas lembab, meningkatkan kelancaran aliran Qi Hati, mengatur Girdling Vessel.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, nyeri pada canthus luar, skrofula, nyeri di daerah hipokondriak, nyeri payudara yang membengkak, haid tidak teratur, nyeri dan bengkak pada punggung kaki dan kaki.
GB 42: di wu hui / Earth Five-Fold
Fungsi: Membersihkan Liver dan mengeringkan Kantung Empedu, mencerahkan mata dan mempertajam pendengaran.
Indikasi: Nyeri canthus, tinnitus, nyeri payudara yang membengkak, bengkak dan nyeri pada punggung kaki.
GB 43: jia xi / Jurang Terjepit
Fungsi: Mengembalikan Hati Yang, bermanfaat bagi telinga, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Sakit kepala, pusing, vertigo, nyeri di luar canthus, tinitus, tuli, pembengkakan pipi, nyeri di daerah hipokondriak, nyeri payudara yang membengkak, penyakit demam.
GB 44: (zu) qiao yin / (Kaki) Portal Yin
Fungsi: Mengikat Hati Yang, bermanfaat bagi mata, menenangkan pikiran.
Indikasi: Migrain, tuli, tinnitus, ophthalmalgia, gangguan tidur, penyakit demam.

12. Bladder Meridian

Acupuncture Meridian - Bladder

Titik Meridian Kandung Kemih

Catatan: Beberapa sumber memberi nomor pada titik-titik di sepanjang cabang tulang belakang sekunder secara berbeda. Skema penomoran alternatif diberikan dalam tanda kurung. Namun, nama setiap poin tetap sama, terlepas dari nomor yang digunakan.

BL 1: jing ming / Mata Cerah
Fungsi: Mengusir angin, menghilangkan panas, mencerahkan mata, menghentikan rasa sakit, menghentikan gatal, menghentikan lakrimasi.
Indikasi: Kemerahan, bengkak dan nyeri pada mata, gatal pada canthus, lakrimasi, rabun senja, buta warna, penglihatan kabur.
BL 2: zan zhu / Pengumpulan Bambu
Fungsi: Mengusir angin, mencerahkan mata, menenangkan Hati, menghilangkan penghalang dari saluran, menghentikan rasa sakit.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur atau gagal, nyeri di daerah supraorbital, lakrimasi, kemerahan, bengkak dan nyeri pada mata, kelopak mata berkedut, glaukoma.
BL 3: mei chong / Alis Kenaikan
Fungsi: Menghilangkan angin dan menghilangkan panas, mencerahkan mata.
Indikasi: Sakit kepala, pusing, epilepsi, sumbatan hidung.

BL 4: qu chai / Deviating Turn
Fungsi: Membuang panas dan membuka portal, menjernihkan kepala dan mencerahkan mata.
Indikasi: Sakit kepala, obstruksi hidung, epistaksis, penglihatan kabur dan gagal.
BL 5: wu chu / Juara Kelima
Fungsi: Mengikuti angin interior, memulihkan kesadaran.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, epilepsi, kejang.
BL 6: cheng guan / Penjaga Cahaya
Fungsi: Membersihkan panas dan menghilangkan kejengkelan, mencerahkan mata dan membuka portal.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, sumbatan hidung.
BL 7: Tong tian / Sambungan Surgawi
Fungsi: Membawa angin, membersihkan hidung, mencerahkan mata, menghentikan kejang, membuka lubang.
Indikasi: Sakit kepala, pusing, obstruksi hidung, epistaksis, rhinorrhea.

BL 8: luo que / Menolak Koneksi
Fungsi: Menghilangkan angin dan menghilangkan panas, menjernihkan kepala dan mencerahkan mata.
Indikasi: Pusing, penglihatan kabur, tinnitus, mania.
BL 9: yu zhen / Bantal Giok
Fungsi: Menghalau angin dan mempercepat kapal penghubung, membebaskan portal dan mencerahkan mata.
Indikasi: Sakit kepala dan sakit leher, pusing, oftalmalgia, sumbatan hidung.
BL 10: tian zhu / Pilar Surgawi
Fungsi: Mengusir angin, membersihkan otak, membuka lubang, menenangkan otot-otot, menghilangkan penghalang dari saluran, mencerahkan mata, menyegarkan punggung bawah.
Indikasi: Sakit kepala, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, leher kaku, nyeri di bahu dan punggung.

BL 11: da zhu / Antar-Jemput Besar
Fungsi: Menyehatkan darah, mengeluarkan angin, memperkuat tulang, menenangkan otot, melepaskan bagian luar.
Indikasi: Sakit kepala, nyeri di leher dan punggung, nyeri dan pegal di daerah skapula, batuk, demam, leher kaku.
BL 12: feng men / Gerbang Angin
Fungsi: Mengusir dan mencegah angin luar, melepaskan angin luar, merangsang fungsi pendispersi Paru-paru, mengatur Qi nutrisi dan pertahanan.
Indikasi: Pilek biasa, batuk, demam dan sakit kepala, leher kaku, sakit punggung.
BL 13: fei shu / Lung Transporter
Fungsi: Merangsang fungsi pendispersi dan penurunan paru-paru, mengatur Qi Paru-paru, mengatur Qi yang bergizi dan defensif, mengencangkan Qi Paru-paru, menghentikan batuk, membersihkan panas.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri dada, meludah darah, demam sore, keringat malam.

BL 14: jue yin shu / Pengangkut Absolut Yin
Fungsi: Mengatur Jantung.
Indikasi: Batuk, nyeri jantung, palpitasi, dada tersumbat, muntah.
BL 15: sin shu / Pengangkut Jantung
Fungsi: Menenangkan pikiran, membersihkan panas, menstimulasi otak, menyegarkan darah, menyehatkan jantung.
Indikasi: Nyeri jantung, panik, hilang ingatan, palpitasi, batuk, meludah darah, emisi nokturnal, keringat malam, mania, epilepsi.
BL 16: du shu / Pengatur Transporter
Fungsi: Mengatur Jantung, menyegarkan darah.
Indikasi: Sakit jantung, sakit perut.
BL 17: ge shu / Diafragma Transporter
Fungsi: Memelihara darah, menyegarkan darah, membuka dada, menghilangkan penghalang dari diafragma, menguatkan Qi dan darah, membersihkan panas, menenangkan pikiran, menenangkan Qi Perut.
Indikasi: Muntah, cegukan, sendawa, susah menelan, asma, batuk, meludah darah, demam sore, keringat malam, campak.
BL 18: gan shu / Pengangkut Hati
Fungsi: Manfaat Hati dan Kantung Empedu, mengatasi panas lembab, menggerakkan Qi stagnan, bermanfaat bagi mata, menghilangkan angin.
Indikasi: Penyakit kuning, nyeri di daerah hipokondriak, mata merah, penglihatan kabur, rabun senja, gangguan jiwa, epilepsi, sakit punggung, meludah darah, epistaksis.
BL 19: dan shu / Gallbladder Transporter
Fungsi: Mengatasi panas lembab di Hati dan Kantung Empedu, menenangkan perut, melemaskan diafragma.
Indikasi: Penyakit kuning, mulut terasa pahit, nyeri di dada dan daerah hipokondriak, TBC paru, demam sore.

BL 20: pi shu / Pengangkut Limpa
Fungsi: Mengencangkan Limpa dan Perut, mengatasi kelembapan, menyehatkan darah.
Indikasi: Nyeri epigastrium, perut kembung, ikterus, muntah, diare, disentri, tinja berdarah, haid banyak, edema, anoreksia, sakit punggung.
BL 21: wei shu / Pengangkut Perut
Fungsi: Mengatur dan mengencangkan Qi Perut, mengatasi kelembapan, menenangkan Perut, mengurangi retensi makanan.
Indikasi: Nyeri di dada dan daerah hipokondriak dan epigastrik, anoreksia, distensi abdomen, borborygmus, diare, mual, muntah.
BL 22: san jiao shu / Triple Energizer Transporter
Fungsi: Mengatasi kelembapan, membuka saluran air, mengatur transformasi cairan di Energizer Bawah.
Indikasi: Borborygmus, perut kembung, gangguan pencernaan, muntah, diare, disentri, edema, nyeri dan kaku pada punggung bawah.

BL 23: shen shu / Pengangkut Ginjal
Fungsi: Mengencangkan Ginjal dan menutrisi saripati Ginjal, menguatkan punggung bawah, menyehatkan darah, memberi manfaat pada tulang dan sumsum, mengatasi kelembapan, memperkuat fungsi Ginjal dalam penerimaan Qi, mencerahkan mata, bermanfaat bagi telinga.
Indikasi: Emisi nokturnal, impotensi, enuresis, haid tidak teratur, leukorea, nyeri pinggang, kelemahan lutut, penglihatan kabur, pusing, tinitus, tuli, edema, asma, diare.
BL 24: qi hai shu / Sea-of-Qi Transporter
Fungsi: Memperkuat punggung bawah, menghilangkan penghalang dari saluran, mengatur Qi dan darah.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, haid tidak teratur, dismenore, asma.
BL 25: da chang shu / Pengangkut Usus Besar
Fungsi: Meningkatkan fungsi Usus Besar, memperkuat punggung bawah, menghilangkan penghalang dari saluran, mengurangi kepenuhan dan pembengkakan.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, borborygmus, distensi abdomen, diare, konstipasi, nyeri, atrofi otot, mati rasa dan gangguan motorik pada ekstremitas bawah, linu panggul.

BL 26: quan yuan shu / Origin Pass Transporter
Fungsi: Memperkuat punggung bawah, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, perut kembung, diare, enuresis, linu panggul, sering buang air kecil.
BL 27: xiao chang shu / Pengangkut Usus Kecil
Fungsi: Meningkatkan fungsi Usus Kecil, mengatasi kelembapan, membersihkan panas, bermanfaat buang air kecil.
Indikasi: Nyeri perut bagian bawah dan distensi, disentri, emisi nokturnal, hematuria, enuresis, morbid leukorrhea, nyeri punggung bawah, linu panggul.
BL 28: pang guang shu / Bladder Transporter
Fungsi: Mengatur Kandung Kemih, mengatasi kelembapan, membersihkan panas, menghentikan rasa sakit, menghilangkan stagnasi, membuka saluran air di Energizer Bawah, memperkuat pinggang.
Indikasi: Retensi urine, enuresis, sering buang air kecil, diare, sembelit, kaku dan nyeri punggung bawah.

BL 29: zhong lu shu / Central Backbone Transporter
Fungsi: Memperkuat tulang belakang lumbar, menghangatkan Yang dan menghilangkan rasa dingin.
Indikasi: Disentri, hernia, kaku dan nyeri pada bagian bawah nyeri.
BL 30: bai huan shu / Pengangkut Cincin Putih
Fungsi: Menghangatkan yang, mengatur menstruasi, mengatur saluran, memperbaiki Lower Energizer.
Indikasi: Enuresis, nyeri akibat hernia, morbid leukorrhea, haid tidak teratur, disuria, sensasi dingin, nyeri punggung bawah, konstipasi, tenesmus, prolaps rektum.
BL 31: shang liao / Lubang Tulang Atas
Fungsi: Mengatur Energizer Bawah, mengencangkan daerah pinggang dan lutut, memelihara Ginjal.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, disuria, sembelit, haid tidak teratur, morbid leukorrhea, prolaps uterus.

BL 32: ci liao / Lubang Tulang Kedua
Fungsi: Mengatur Energizer Bawah, mengencangkan daerah pinggang dan lutut, memelihara Ginjal.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, hernia, haid tidak teratur, leukorea, dismenore, emisi nokturnal, impotensi, enuresis, disuria, atrofi otot, nyeri, mati rasa dan gangguan motorik pada ekstremitas bawah.
BL 33: zhong liao / Lubang Tulang Tengah
Fungsi: Mengatur Energizer Bawah, mengencangkan daerah pinggang dan lutut, memelihara Ginjal.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, sembelit, diare, disuria, haid tidak teratur, morbid leukorrhea.
BL 34: xia liao / Lubang Tulang Bawah
Fungsi: Mengatur Energizer Bawah, mengencangkan daerah pinggang dan lutut, memelihara Ginjal.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, sakit perut bagian bawah, disuria, sembelit, leukore yang tidak wajar.

BL 35: hui yang / Pertemuan Yang
Fungsi: Membersihkan dan membuang panas lembab Energizer Bawah.
Indikasi: Disentri, tinja berdarah, diare, wasir, impotensi, morbid leukorrhea.
BL 36 (50): cheng fu / Menerima Dukungan
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Nyeri di punggung bawah dan daerah gluteal, sembelit, atrofi otot, nyeri, mati rasa dan gangguan motorik pada ekstremitas bawah.

BL 37 (51): yin men / Gate of Abundance
Fungsi: Memperkuat tulang belakang lumbal, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Nyeri di punggung bawah dan paha, atrofi otot, nyeri, mati rasa dan gangguan motorik pada ekstremitas bawah, hemiplegia.
BL 38 (52): fu xi / Sumbing Superfisial
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung, mempercepat darah dan mengurangi rasa sakit, membersihkan dan menghilangkan penghambat Energizer Bawah.
Indikasi: Mati rasa di daerah gluteal dan femoralis, kontraktur tendon di fossa poplitea.
BL 39 (53): wei yang / Di luar Tikungan
Fungsi: Membuka saluran air di Energizer Bawah, bermanfaat bagi Kandung Kemih.
Indikasi: Kekakuan dan nyeri punggung bawah, distensi dan perut bagian bawah terasa penuh, edema, disuria, kram pada tungkai dan kaki.

BL 40 (54): wei zhong / Bagian Tengah Tikungan
Fungsi: Membersihkan panas, mengatasi kelembapan, melemaskan otot-otot, menghilangkan penghalang dari saluran, mendinginkan darah, menghilangkan stasis darah, membersihkan panas musim panas.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, gangguan motorik sendi panggul, kontraktur tendon di fossa poplitea, atrofi otot, nyeri, mati rasa dan gangguan motorik pada ekstremitas bawah, hemiplegia, nyeri perut, muntah, diare, erisipelas.
BL 41 (36): fu fen / Cabang Terlampir
Fungsi: Menghubungkan angin dan menghilangkan dingin, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Kekakuan dan nyeri pada bahu, punggung dan leher, mati rasa pada siku dan lengan.
BL 42 (37): po hu / Pintu Jiwa Jasmani
Fungsi: Merangsang turunnya Qi Paru, mengatur Qi, membersihkan panas, menghentikan batuk dan asma, menundukkan Qi yang memberontak.
Indikasi: TBC paru, hemoptisis, batuk, asma, leher kaku, nyeri di bahu dan punggung.

BL 43 (38): gao huang shu / Vitals (Area di bawah Hati)
Fungsi: Mengencangkan Qi, memperkuat defisiensi, menutrisi saripati, menutrisi paru-paru, menyegarkan pikiran, menghentikan batuk dan menenangkan asma.
Indikasi: TBC paru, batuk, asma, meludah darah, keringat malam, daya ingat buruk, emisi nokturnal.
BL 44 (39): shen tang / Spirit Hall
Fungsi: Melonggarkan dada dan meluruskan Qi, menekan batuk dan menstabilkan dispnea, menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Asma, nyeri jantung, palpitasi, dada tersumbat, batuk, pegal linu dan nyeri punggung.
BL 45 (40): yi xi / Yi Xi (terjemahan tidak tersedia)
Fungsi: Mengatasi bagian luar dan membersihkan panas, mendifusi Paru-Paru dan memperbaiki Qi, membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Batuk, asma, nyeri pada bahu dan punggung.

BL 46 (41): ge guan / Diaphragm Pass
Fungsi: Tidak Ada.
Indikasi: Disfagia, cegukan, muntah, sendawa, nyeri dan punggung kaku.
BL 47 (42): hun men / Ethereal Soul Gate
Fungsi: Mengatur Qi Hati, mengakar jiwa halus.
Indikasi: Nyeri di dada dan daerah hipokondriak, sakit punggung, muntah, diare.
BL 48 (43): Yang gang / Yang Headrope
Fungsi: Membersihkan Kantung Empedu dan Perut, mengubah panas lembab.
Indikasi: Borborygmus, sakit perut, diare, nyeri di daerah hipokondriak, penyakit kuning.
BL 49 (44): yi she / Reflection Abode
Fungsi: Mengencangkan Limpa, merangsang daya ingat dan konsentrasi.
Indikasi: Distensi abdomen, borborygmus, muntah, diare, kesulitan menelan.

BL 50 (45): wei cang / Lumbung Perut
Fungsi: Menyelaraskan perut dan mengubah kelembapan, memperbaiki Qi dan menghilangkan bagian tengah.
Indikasi: Distensi perut, nyeri di daerah epigastrium dan punggung, gangguan pencernaan kekanak-kanakan.
BL 51 (46): huang men / Vitals Gate
Fungsi: Mengatur Triple Energizer, memastikan penyebaran yang mulus dari Triple Energizer Qi ke bagian Heart.
Indikasi: Sakit perut, sembelit, massa perut.
BL 52 (47): zhi shi / Will Chamber
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, memperkuat punggung, memperkuat kemauan.
Indikasi: Emisi nokturnal, impotensi, enuresis, frekuensi buang air kecil, disuria, haid tidak teratur, nyeri pada punggung dan lutut, edema.
BL 53 (48): bao huang / Vitalitas Kandung Kemih
Fungsi: Membuka saluran air di Lower Energizer, merangsang transformasi dan ekskresi cairan.
Indikasi: Borborygmus, perut kembung, nyeri di punggung bawah, anuria.

BL 54 (49): zhi bian / Batas Sekuensial
Fungsi: Melemaskan otot, menyegarkan darah, membersihkan panas, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri di daerah lumbosakral, atrofi otot, gangguan motorik pada ekstremitas bawah, disuria, pembengkakan di sekitar genitalia eksterna, wasir, sembelit, beri-beri.
BL 55: he yang / Yang Union
Fungsi: Memperkuat lumbus dan meningkatkan Ginjal, menenangkan otot-otot dan mempercepat pembuluh penghubung, mengatur pembuluh Penetrasi dan Konsepsi.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, nyeri dan kelumpuhan pada ekstremitas bawah.

BL 56: Dukungan cheng jin / Otot
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Kejang otot gastrocnemius, wasir, nyeri punggung bawah akut.
BL 57: cheng shan / Dukungan Gunung
Fungsi: Melemaskan otot, menyegarkan darah, membersihkan panas, menghilangkan penghalang dari saluran.
Indikasi: Nyeri punggung bawah, kejang gastrocnemius, wasir, sembelit, beri-beri.
BL 58: fei yang / Terbang
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, memperkuat Ginjal.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, sumbatan hidung, epistaksis, sakit punggung, wasir, kelemahan tungkai.
BL 59: fu yang / Punggung kaki Yang
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, menyegarkan Kapal Motilitas Yang, memperkuat bagian belakang.
Indikasi: Sensasi berat pada kepala, sakit kepala, nyeri punggung bawah, kemerahan dan pembengkakan pada malleolus eksterna, kelumpuhan pada ekstremitas bawah.

BL 60: kun lun / Pegunungan Kunlun
Fungsi: Mengusir angin, menghilangkan penghalang dari saluran, melemaskan otot-otot, membersihkan panas, menyegarkan darah, memperkuat punggung.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, leher kaku, epistaksis, nyeri di bahu, punggung dan lengan, bengkak dan nyeri neraka, susah melahirkan, epilepsi.
BL 61: pu can / Subservient Visitor
Fungsi: Membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, menyebarkan pembengkakan, mengurangi rasa sakit.
Indikasi: Atrofi otot dan kelemahan ekstremitas bawah, nyeri di tumit.
BL 62: shen mai / Memperluas Kapal
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, bermanfaat bagi mata, melemaskan otot-otot, membuka Yang Motility Vessel, membersihkan pikiran, menghilangkan angin interior.
Indikasi: Epilepsi, mania, sakit kepala, pusing, insomnia, sakit punggung, sakit kaki.

BL 63: jin men / Metal Gate
Fungsi: Menenangkan otot dan mempercepat pembuluh penghubung, membuka portal, menenangkan jiwa.
Indikasi: Mania, epilepsi, kejang infantil, sakit punggung, nyeri pada malleolus eksterna, gangguan motorik dan nyeri pada ekstremitas bawah.
BL 64: jing gu / Capital Bone
Fungsi: Membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung, menenangkan Hati dan jiwa, menghilangkan angin dan membersihkan panas.
Indikasi: Sakit kepala, leher kaku, nyeri di punggung bawah dan paha, epilepsi.
BL 65: shu gu / Bundel Tulang
Fungsi: Menghilangkan penghalang dari saluran, membersihkan panas, menghilangkan angin.
Indikasi: Mania, sakit kepala, leher kaku, penglihatan kabur, sakit punggung, nyeri pada ekstremitas bawah.

BL 66: Tong gu / Bagian Lembah
Fungsi: Membersihkan panas, menghilangkan penghalang dari saluran, menghilangkan angin.
Indikasi: Sakit kepala, leher kaku, penglihatan kabur, epistaksis, mania.
BL 67: zhi yin / Mencapai Yin
Fungsi: Menghilangkan angin, menghilangkan penghalang dari saluran, menyegarkan darah, menjernihkan mata.
Indikasi: Sakit kepala, obstruksi hidung, epistaksis, oftalmalgia, malposisi janin, sulit persalinan, retensi afterbirth, sensasi demam di telapak kaki.

The 2 Major Extraordinary Vessels

1. Conception Vessel (Ren)

Acupuncture Meridian - Conception Vessel

Titik Meridian Kapal Konsepsi
CV 1: hui yin / Pertemuan Yin
Fungsi: Menutrisi yin, manfaat esensi, meningkatkan resusitasi, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Vaginitis, retensi urine, wasir, emisi nokturnal, enuresis, haid tidak teratur, gangguan jiwa.
CV 2: qu gu / Tulang Lengkung
Fungsi: Menghangatkan yang dan suplemen Ginjal, mengatur menstruasi dan menghentikan keputihan.
Indikasi: Retensi dan dribbling urine, enuresis, emisi nokturnal, impotensi, morbid leukorrhea, haid tidak teratur, dismenore, hernia.
CV 3: zhong ji / Tiang Tengah
Fungsi: mengatasi panas lembab, meningkatkan fungsi kandung kemih dari transformasi Qi, membersihkan panas.
Indikasi: Enuresis, emisi nokturnal, impotensi, hernia, perdarahan uterus, haid tidak teratur, dismenore, morbid leukorrhea, frekuensi buang air kecil, retensi urine, nyeri pada perut bagian bawah, prolaps uterus, vaginitis.
CV 4: guan yuan / Origin Pass
Fungsi: Memelihara darah dan yin, memperkuat yang, mengatur rahim, memberi manfaat Qi asli, menguatkan Ginjal, menenangkan pikiran, mengakar jiwa halus.
Indikasi: Enuresis, emisi nokturnal, frekuensi buang air kecil, retensi urin, hernia, dismenore, perdarahan uterus, haid tidak teratur, leukore morbid, nyeri perut bagian bawah, rektum prolaps, perdarahan postpartum, gangguan pencernaan, diare, pitam tipe lembek.
CV 5: shi men / Gerbang Batu
Fungsi: Memperkuat Qi asli, meningkatkan transformasi dan ekskresi cairan di Energizer Bawah, membuka saluran air.
Indikasi: Sakit perut, diare, edema, hernia, anuria, enuresis, perdarahan uterus, amenore, morbid leukorrhea, postpartum hemorrhage.
CV 6: qi hai / Laut Qi
Fungsi: Mengencangkan Qi dan yang, mengatur qi, menguatkan Qi asli, menghilangkan kelembapan.
Indikasi: Sakit perut, enuresis, emisi nokturnal, impotensi, hernia, edema, asma, diare, disentri, perdarahan uterus, haid tidak teratur, dismenore, morbid leukorrhea, amenorrhea, postpartum hemorrhage, konstipasi, flaccid type apoplexy.
CV 7: Persimpangan yin jiao / Yin
Fungsi: Menyehatkan yin, mengatur rahim.
Indikasi: Distensi abdomen, edema, hernia, haid tidak teratur, perdarahan uterus, morbid leukorrhea, pruritus vulvae, postpartum hemorrhage, nyeri perut disekitar umbilikus.
CV 8: shen que / Spirit Tower Gate
Fungsi: Menyelamatkan Yang, memperkuat Limpa, menguatkan Qi asli, menghangatkan dan membebaskan Yang asli, membuka portal dan memulihkan kesadaran, menggerakkan Qi gastrointestinal, mengubah stagnasi akumulasi lembab dingin.
Indikasi: Sakit perut, borborygmus, jenis ayan lembek, rektum turun, diare tidak terkendali.
CV 9: shui fen / Pembagi Air
Fungsi: Menggerakkan Limpa dan menghilangkan kelembapan air.
Indikasi: Mempromosikan transformasi cairan, mengontrol saluran air.
CV 10: xia guan / Venter Bawah
Fungsi: Mempromosikan penurunan Qi perut, mengurangi stagnasi makanan, menguatkan Limpa.
Indikasi: Nyeri epigastrium, sakit perut, borborygmus, gangguan pencernaan, muntah, diare.
CV 11: jian li / Penguatan Interior
Fungsi: Meningkatkan pencernaan di Perut, merangsang turunnya Qi Perut.
Indikasi: Sakit perut, muntah, edema, perut kembung, borborygmus, anoreksia.
CV 12: zhong guan / Central Venter
Fungsi: Mengencangkan Perut dan Limpa, Mengatasi Kelembapan, Mengatur Qi Perut.
Indikasi: Sakit perut, perut kembung, borborygmus, mual, muntah, regurgitasi asam, diare, disentri, ikterus, gangguan pencernaan, insomnia.
CV 13: shang guan / Venter Atas
Fungsi: Membawa Qi Perut yang memberontak.
Indikasi: Sakit perut, perut kembung, mual, muntah, epilepsi, insomnia.
CV 14: ji que / Gerbang Menara Besar
Fungsi: Membawa Qi Perut yang memberontak, menenangkan pikiran, menjernihkan Hati.
Indikasi: Nyeri di daerah jantung dan dada, mual, regurgitasi asam, kesulitan menelan, muntah, gangguan jiwa, epilepsi, palpitasi.
CV 15: jiu wei / Ekor Perkutut
Fungsi: Menenangkan pikiran, bermanfaat bagi Qi asli.
Indikasi: Nyeri di daerah jantung dan dada, mual, gangguan jiwa, epilepsi, jantung berdebar, sulit menelan, gatal pada kulit perut.
CV 16: zhong ting / Istana Pusat
Fungsi: Melonggarkan dada dan memperbaiki Qi, menurunkan aliran balik dan menyelaraskan bagian tengah.
Indikasi: Distensi dan kepenuhan di dada dan daerah interkostal, cegukan, mual, anoreksia.
CV 17: shan zhong / Pusat Peti
Fungsi: Mengencangkan Qi, mengatur Qi, menghilangkan rasa kenyang dari dada, membersihkan paru-paru, menghilangkan dahak, memberi manfaat pada diafragma dan payudara.
Indikasi: Asma, nyeri di dada, dada terasa penuh, palpitasi, laktasi tidak cukup, cegukan, kesulitan menelan.
CV 18: yu tang / Jade Hall
Fungsi: Mengendurkan dada dan meluruskan Qi, menekan batuk dan menghalau dahak.
Indikasi: Nyeri di dada, batuk, asma, muntah.

CV 19: zi gong / Istana Ungu
Fungsi: Mengendurkan dada dan meluruskan Qi, menekan batuk, dan melembutkan tenggorokan.
Indikasi: Nyeri di dada, batuk, asma.
CV 20: hua gai / Kanopi Bunga
Fungsi: Mengendurkan dada, menghilangkan diafragma, membersihkan paru-paru dan menghentikan batuk.
Indikasi: Rasa penuh dan nyeri di dada dan daerah interkostal, batuk, asma.
CV 21: xuan ji / Jade Pivot
Fungsi: Melonggarkan dada dan meluruskan Qi, menekan batuk, dan menurunkan aliran balik.
Indikasi: Nyeri di dada, batuk, asma.
CV 22: tian tu / Cerobong Langit
Fungsi: Merangsang turunnya Qi Paru-paru, melegakan dahak, membersihkan panas, menghentikan batuk, memberi manfaat pada tenggorokan, meredakan asma.
Indikasi: Asma, batuk, radang tenggorokan, tenggorokan kering, cegukan, tiba-tiba suara serak, susah menelan, gondok.
CV 23: lian quan / Ridge Spring
Fungsi: Menghilangkan angin interior, meningkatkan kemampuan bicara, membersihkan api, menghilangkan dahak, menundukkan Qi yang memberontak.
Indikasi: Pembengkakan dan nyeri pada daerah subglossal, air liur dengan glossoplegia, afasia dengan kekakuan lidah karena pitam, suara serak mendadak, kesulitan menelan.
CV 24: wadah cheng jiang / saus
Fungsi: Mengusir angin luar.
Indikasi: Wajah bengkak, gusi bengkak, sakit gigi, air liur, gangguan jiwa, kelainan pada mata dan mulut.

2. Governing Vessel (Du)

Acupuncture Meridian - Governing Vessel

Mengatur Titik Meridian Kapal
GV 1: chang qiang / Panjang Kuat
Fungsi: Mengatur Pembuluh Pengatur dan Pembuahan, mengatasi panas lembab, menenangkan pikiran.
Indikasi: Diare, tinja berdarah, wasir, rektum turun, sembelit, nyeri di punggung bawah, epilepsi.
GV 2: yao shu / Lumbar Transporter
Fungsi: Memadamkan angin interior, menenangkan kejang dan kejang, memperkuat punggung bawah.
Indikasi: Haid tidak teratur, nyeri dan kaku pada punggung bawah, wasir, atrofi otot pada ekstremitas bawah, epilepsi.
GV 3: (yao) yang guan / (Lumbar) Yang Pass
Fungsi: Memperkuat punggung bawah, menguatkan Yang, memperkuat kaki.
Indikasi: Haid tidak teratur, emisi nokturnal, impotensi, nyeri di daerah lumbosakral, atrofi otot, gangguan motorik, mati rasa dan nyeri pada ekstremitas bawah, epilepsi.
GV 4: mung men / Life Gate
Fungsi: Mengencangkan Ginjal, menutrisi Qi asli, menghangatkan gerbang vitalitas, mengusir dingin, memperkuat punggung bawah, manfaat esensi.
Indikasi: Punggung kaku, sakit pinggang, impotensi, emisi nokturnal, gangguan pencernaan, haid tidak teratur, diare, leukore.
GV 5: xuan shu / Poros Ditangguhkan
Fungsi: Membentengi Limpa dan mengharmoniskan Perut, memperkuat lumbar dan lutut.
Indikasi: Nyeri dan kaku pada punggung bagian bawah, diare, gangguan pencernaan.
GV 6: ji zhong / Pusat Tulang Belakang
Fungsi: Membentengi Limpa dan menghilangkan kelembapan, menambah ginjal dan batang desersi, memperkuat lumbar.
Indikasi: Nyeri di daerah epigastrium, diare, epilepsi ikterus, kaku dan nyeri punggung.
GV 7: zhong shu / Poros Tengah
Fungsi: Melengkapi Ginjal dan memperkuat lumbar, menyelaraskan Perut dan meredakan nyeri.
Indikasi: Nyeri di daerah epigastrium, nyeri punggung bawah, punggung kaku.
GV 8: jin suo / Kontraksi Otot
Fungsi: Merilekskan otot, menghilangkan angin interior.
Indikasi: Epilepsi, kaku pada punggung, nyeri lambung.
GV 9: zhi yang / Ekstremitas Yang
Fungsi: Mengatur Hati dan Kantung Empedu, menggerakkan Qi, membuka dada dan diafragma, mengatasi panas lembab.
Indikasi: Penyakit kuning, batuk, asma, punggung kaku, nyeri di dada dan punggung.
GV 10: ling tai / Menara Roh
Fungsi: Mendifusi paru-paru dan menekan batuk, membebaskan saluran dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Batuk, asma, furunkel, nyeri punggung, leher kaku.
GV 11: shen dao / Spirit Path
Fungsi: Mengatur Hati, menenangkan pikiran.
Indikasi: Daya ingat yang buruk, gelisah, palpitasi, nyeri dan kaku pada punggung, batuk, nyeri jantung.
GV 12: shen zhu / Pilar Tubuh
Fungsi: Menghilangkan angin interior, menenangkan kejang, menguatkan Qi Paru-paru, menguatkan tubuh.
Indikasi: Batuk, asma, epilepsi, nyeri dan kaku pada punggung, furunkel.
GV 13: Jalur tao dao / Kiln
Fungsi: Punggung kaku, sakit kepala, malaria, penyakit demam.
Indikasi: Membersihkan panas, melepaskan bagian luar, mengatur Yang Kecil.
GV 14: da zhui / Palu Besar
Fungsi: Membersihkan panas, melepaskan bagian luar, mengeluarkan angin, mengatur Qi yang bergizi dan bertahan, menjernihkan pikiran, menguatkan Yang.
Indikasi: Nyeri leher dan kekakuan, malaria, penyakit demam, epilepsi, demam sore, batuk, asma, flu biasa, punggung kaku.
GV 15: ya men / Mute’s Gate
Fungsi: Menjernihkan pikiran, merangsang bicara.
Indikasi: Gangguan mental, epilepsi, tuli dan bisu, suara serak mendadak, pitam, kaku pada lidah dan afasia, sakit kepala oksipital, kaku leher.
GV 16: feng fu / Wind Mansion
Fungsi: Menghilangkan angin, menjernihkan pikiran, bermanfaat bagi otak.
Indikasi: Sakit kepala, kaku leher, penglihatan kabur, epistaksis, sakit tenggorokan, pasca-ayan, afasia, hemiplegia, gangguan mental.
GV 17: nao hu / Pintu Otak
Fungsi: Menghilangkan angin, bermanfaat bagi otak, menjernihkan pikiran.
Indikasi: Epilepsi, pusing, nyeri dan leher kaku.
GV 18: qiang jian / Ruang Pantang menyerah
Fungsi: Menenangkan Hati dan memadamkan angin, menenangkan urat dan mempercepat pembuluh penghubung.
Indikasi: Sakit kepala, leher kaku, penglihatan kabur, mania.
GV 19: hou ding / Di belakang Vertex
Fungsi: Menenangkan pikiran.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, epilepsi, mania.
GV 20: bai hui / Ratusan Konvergensi
Fungsi: Menjernihkan pikiran, mengangkat roh, menguatkan Yang, memperkuat fungsi Limpa yang naik, menghilangkan angin interior, meningkatkan penyadaran.
Indikasi: Sakit kepala, vertigo, tinnitus, sumbatan hidung, afasia oleh pitam, koma, gangguan jiwa, prolaps rektum dan uterus.
GV 21: qian ding / Sebelum Vertex
Fungsi: Memadamkan angin dan meredakan tetani, membebaskan pembuluh penghubung dan menyebarkan pembengkakan, menstabilkan semangat.
Indikasi: Epilepsi, pusing, penglihatan kabur, sakit kepala vertikal, rhinorrhea.
GV 22: Pertemuan xin hui / Fontanel
Fungsi: Menenangkan Hati dan memadamkan angin, membuka pintu gerbang dan menenangkan ketakutan.
Indikasi: Sakit kepala, penglihatan kabur, rinorea, kejang kekanak-kanakan.

GV 23: shang xing / Bintang Atas
Fungsi: Membuka hidung.
Indikasi: Sakit kepala, ophthalmalgia, epistaksis, rinorea, gangguan jiwa.
GV 24: Shen ting / Spirit Court
Fungsi: Menenangkan pikiran.
Indikasi: Epilepsi, ansietas, vertigo, palpitasi, insomnia, sakit kepala, rhinorrhea.
GV 25: su liao / Lubang Tulang Putih
Fungsi: Membuang panas dan membuka portal, mengembalikan aliran balik Yang dan batang.
Indikasi: Kehilangan kesadaran, obstruksi nasal, epistaksis, rhinorrhea, rosacea.
GV 26: shui gou / Palung Air
Fungsi: Meningkatkan resusitasi, bermanfaat bagi tulang belakang lumbal.
Indikasi: Gangguan mental, epilepsi, histeria, kejang kekanak-kanakan, koma, deviasi mulut, pingsan-pingsan, trismus, bengkak pada wajah, nyeri dan kaku pada punggung bagian bawah.
GV 27: dui duan / Ekstremitas Mulut
Fungsi: Memelihara yin dan membersihkan panas, mengurangi rasa sakit dan menenangkan jiwa.
Indikasi: Gangguan mental, bibir berkedut, bibir kaku, nyeri dan gusi bengkak.
GV 28: Yin jiao / Persimpangan Gusi
Fungsi: Mendifusi Paru-paru dan membebaskan portal, membersihkan panas dan mengalirkan api, mencerahkan mata dan mengurangi rasa gatal.
Indikasi: Gangguan jiwa, nyeri dan bengkak pada gusi, rhinorrhea.

hhttps://www.smarterhealing.com

PELATIHAN TOTOK SYARAF JARI PETIR

* Pelatihan Online Terapi Totok Syaraf Jari Petir.. Ilmiah…Mudah.. Murah… Barokah !!! *

Pengobatan Tradisional Cina telah ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan mencakup berbagai praktek medis. Hidup harmonis dengan segala hal penting dalam pendekatan Cina untuk kesehatan dan kesejahteraan. Sementara ini adalah topik yang luas, fokus kami adalah pada berbagai konsep model Pengobatan Tradisional Cina yang relevan dengan penerapan terapi secara alami.

Totok Syaraf Jari Petir refleksi adalah cara penyembuhan atau mengobati penyakit melalui Totokan atau pijatan urat saraf dari sumbernya langsung. Karena sesungguhnya sang pencipta memberi pengobatan kepada tubuh manusia itu secara reflek atau langsung dengan kita melakukan aktifitas sehari-hari kita akan sehat. Karena semua titik-titik refleksi Syaraf yang di tubuh, telapak kaki dan tangan sudah mewakili setiap organ atau bagian-bagian tubuh kita. Maka jika ada bagian tubuh kita yang sakit atau fungsi sarafnya tidak normal maka titik refleksi di tangan atau di kaki akan terasa sakit. Untuk itu Pengobatannya dapat dilakukan dengan menekan beberapa titik yang ada di telapak kaki, tangan dan bisa juga dengan totok wajah.

Disusun untuk para Terapist, profesi kesehatan dan mereka yang mendapatkan pijatan secara teratur, kursus ini akan mengajarkan Anda cara memberikan pijatan akupresur untuk menghilangkan rasa sakit dan merawat diri sendiri, klien, teman, dan keluarga.

Berikut beberapa detail lebih lanjut tentang apa yang akan Anda pelajari:

1. Bagaimana menemukan titik pijat akupresur yang relevan pada tubuh untuk merangsangnya menggunakan teknik pijat akupresur khusus

2. Bagaimana menerapkan teknik pijat akupresur

3. Cara mengatasi stroke, meredakan nyeri punggung, linu panggul, nyeri leher, nyeri punggung atas, nyeri punggung bawah, lutut dan bahu dengan menggunakan kombinasi pijat akupresur tertentu

4. Bagaimana mendiagnosis sakit tertentu lewat lidah; dari mana asalnya dan cara mengobatinya dengan teknik pijat akupresur

Daftar hari ini untuk mendapatkan diskon khusus.

PELATIHAN TOTOK SYARAF JARI PETIR:

BONUS:

TOTOK MERIDIAN

Apa itu Totok Meridian?

Totok Meridian atau Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik. Gary sang Founder mengatakan sebagai “Akupuntur Plus”.

Sekilas Tentang EFT

Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik.

EFT bekerja berdasarkan prinsip berikut:

“The cause of all negative emotions is a disruption in the body’s energy system.”

“Penyebab semua emosi negatif adalah gangguan pada sistem energi tubuh.”

Emosi negatif yang dialami oleh individu umumnya diawali dengan representasi internal yang buruk. Kondisi ini berlanjut oleh gangguan pada sistem energi tubuh. EFT sangat efektif untuk merestorasi sistem energi tubuh.

Pengenalan EFT Video klik: 

Manfaat EFT

EFT terbukti telah membantu melalui Mind-Body Healing Techique yang sangat berguna untuk penyakit fisik, mental (trauma, fobia- penyakit psikologi), masalah masalah kehidupan seperti kegagalan, keluh kesah dan banyak testimoni yang dibuktikan oleh banyak orang yang sudah menggunakan EFT di seluruh dunia.

InsyaAllah… Beberapa manfaat EFT dapat mengatasi masalah-masalah sebagai berikut: Trauma & Shock, PTSD (post-traumatic stress disorder), Stress, Depresi, Pelecehan Sexsual, Cemas & Marah, Phobia dan ketakutan, Relationship problems, kesedihan yang mendalam & berbagai kasus penyakit seperti diabetes, darah tinggi, asam urat, dll, Permasalahan wanita, pria dan anak-anak.

EFT juga baik untuk masalah-masalah fisik seperti:  Sakit Punggung, Sakit kepala dan Migrain, Leher kaku, Insomnia (susah tidur), Kecanduan bahan-bahan adiktif, Permasalahan berat badan, kurang kosentrasi, Permasalahan mata, Kurang bergairah, Beberapa bentuk dari dyslexia, Berhenti merokok.

EFT TRAINING

eft_tap
IMG-20200708-WA0023

Pelatihan Zoom Online

TOTOK SYARAF JARI PETIR

Meridian Akupresur

Ada 12 Organ Meridian adalah saluran berbeda yang mengedarkan energi kehidupan melalui titik-titik penyembuhan ini. Meridian Akupresur menghubungkan Titik-titik tekanan dengan semua organ dan fungsi tubuh, termasuk indra dan emosi, yang memberi nutrisi pada semua sistem. Ini termasuk kelenjar endokrin, getah bening, darah, otot, dan saraf.

Pelajari cara memvisualisasikan saluran energi ini dengan 12 Meridian. Program  ini memberikan informasi rinci tentang setiap Meridian dan mencakup perumpamaan terpandu dan latihan Akupresur.

Nomor Referensi Titik Akupresur: Untuk berlatih Akupresur Mandiri, Anda tidak perlu mengetahui sistem penamaan dan penomoran Titik yang menghasilkan nomor referensi Titik Akupresur. Tetapi akan sangat membantu untuk memahami lebih banyak tentang apa yang dirujuk angka-angka ini, karena Anda akan sering melihatnya saat Anda menjelajahi semua kekayaan materinya.

Nomor referensi Titik tekanan didasarkan pada singkatan dari nama-nama Meridian Akupresur. Misalnya, Lu 1 berarti Titik pertama di Meridian Paru, dan Lv 3 adalah Titik ketiga di Meridian Hati. Berikut adalah daftar 12 Meridian Akupresur, dalam urutan alirannya di dalam tubuh.

Saluran Meridian Akupresur Tambahan
Ada Meridian Akupresur lain yang juga ada di tubuh. Dua dari perjalanan yang paling banyak digunakan di sepanjang garis tengah tubuh, baik di depan maupun di belakang. Titik Akupresur juga ditemukan di sepanjang saluran ini, seperti CV 17, Laut Ketenangan, di tengah tulang dada.

CV – Kapal Konsepsi
GV – Governing Vessel

Energi Penyembuhan

Titik Akupresur efektif dalam menyalurkan energi penyembuhan. Ini karena hambatan listrik di permukaan kulit berkurang di tempat-tempat ini. Oleh karena itu, pekerjaan energi penyembuhan yang paling ampuh menggunakan Titik Akupresur untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Kebijaksanaan kesehatan Asia kuno mengakui bahwa energi kehidupan ada di mana-mana dan menghubungkan semua makhluk hidup. Dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM), energi kehidupan ini disebut Qi atau Chi, dan di Jepang disebut Ki. Praktik yoga mengacu pada kekuatan hidup sebagai prana. Semua istilah ini mengacu pada energi yang sama di tubuh kita dan di alam.

12 Meridian TCM adalah jalur energi tubuh. Terapi Akupresur menggerakkan energi kehidupan ini melalui Meridian untuk meningkatkan aliran dan keseimbangan. Grafik Akupresur dan Akupunktur menunjukkan di mana garis meridian berada pada tubuh, dan di mana Titik-titik tersebut berada di sepanjang garis tersebut.

Titik Akupresur adalah tempat energi diblokir, dan juga yang Anda gunakan untuk melepaskan rasa sakit atau ketegangan dengan baik. Saat energi penyembuhan mengalir melalui meridian, ini meningkatkan sirkulasi, melepaskan stres, dan menyeimbangkan tubuh. Mempelajari jalur Meridian dan Poin adalah kunci untuk menggunakan Akupresur untuk mentransmisikan energi penyembuhan Qi.

Penyumbatan Energi, baik dari stres, trauma, atau cedera, adalah awal dari semua masalah kesehatan. Aliran energi Anda memengaruhi Anda dalam banyak hal, seperti apa yang Anda rasakan, ketahanan Anda, dan bahkan cara Anda berpikir. Artinya, pikiran negatif dapat membuat penyumbatan dalam energi Anda, dan pikiran positif dapat meningkatkan kekuatan hidup Anda.

Ketika energi tubuh terhambat, ini menyebabkan ketidakseimbangan emosi, gejala fisik, atau keduanya. Karena penyumbatan energi ini terjadi di Titik Akupresur, semua metode Akupresur membantu energi kehidupan tubuh mengalir dan menjadi seimbang kembali. Berbagai metode, seperti sentuhan ringan, ketukan, atau sekadar menahan titik, bisa efektif.

Terapi Akupresur juga dapat diintegrasikan dengan banyak metode perawatan kesehatan pelengkap lainnya, yang menambah dampaknya. Contohnya termasuk sentuhan terapi, kerja somatik, citra terpandu, terapi bodywork Asia, psikologi energi, dan terapi pijat.

1603744649567
1603744772647

Program Pelatihan Online

Meskipun program pelatihan online dalam akupresur jarang terjadi, ada organisasi nirlaba yang menawarkan program sepuluh kursus yang menghasilkan diploma atau sertifikat kelulusan. Secara umum, tidak ada persyaratan pendidikan untuk pendaftaran. Secara total, siswa dapat menghabiskan sekitar 8 jam untuk menyelesaikan tugas. Topik kursus umum termasuk kelas-kelas berikut:

  1. Teknik totokan akupresur, perawatan, dan terapi
  2. Alternatif untuk akupresur
  3. Titik akupresur
  4. Bidang energi manusia

*Pelatihan Totok Syaraf Jari Petir – Bonus: Emotional Freedom Techniques (EFT)*

*VIA ZOOM MEETING* atau WA video call

Setiap:
Sabtu-Minggu 2021, Pukul: 20.00 – 21.00 WIB

*Tanggal dan Bulan di tahun 2021*

Klik dibawah ini

✅ *INVESTASI NORMAL : Rp. 700,000*
🔸 *- Early Bird I – Rp. 200,000 sd tanggal 15 *
🔸 *- Early Bird II -Rp. 350,000 sd tanggal 21
*
*FASILITAS* :
– Materi Pelatihan Web e-book, YouTube Video dan WhatsApp.
– E-Sertifikat (harga normal)
– Pembayaran sebelum tanggal 10 & mengajak minimal 2 peserta akan mendapatkan *BONUS FREE Workshop EFT* via ZOOM.

Ayo daftar sekarang untuk dapatkan harga early birdnya dengan melakukan pembayaran ke Rekening:
Rek BCA no: 4740628670 a.n Muhammad Adib.

Konfirmasi bukti transfer.

Informasi hubungi di:
*Hp/ Wa: 0811.187375*

KLINIK TOTOK SYARAF JARI PETIR

JL. KENARI 2 BLOK C8/ 16, PERUMAHAN VILA DAGO TOL. CIATER, SERPONG.

TANGERANG SELATAN 15414

TERAPI SESUAI SYAR’I

  • Pasien Ikhwan  oleh Terapist Ikhwan
  • Pasien Akhwat oleh Terapist Akhwat

Insyaallah dapat mengatasi berbagai gangguan penyakit Medis dan Non Medis seperti:

  • Medis: Stroke, Kanker, Syaraf, Sendi,  Jantung, Rematik, Asma, Alergi, Migrain, Diabetes, Kolesterol, Maag, Sakit Punggung, Sakit kepala dan Migrain, Leher kaku, Insomnia (susah tidur), Kecanduan bahan-bahan adiktif, Permasalahan berat badan, kurang konsentrasi, Permasalahan mata, Kurang bergairah, Beberapa bentuk dari kecanduan, Berhenti merokok.  dll.
  • Non Medis: Emosi, Pikiran, Psikosomatis, Gangguan Sihir/ Jin, Trauma & Shock, PTSD (post-traumatic stress disorder), Stress, Depresi, Pelecehan Sexsual, Cemas & Marah, Phobia dan ketakutan, Relationship problems, kesedihan yang mendalam & berbagai kasus penyakit emosi seperti Permasalahan keluarga, wanita, pria dan anak-anak.

Hubungi HP/ WA: 0811 187375

Akupresur untuk Stroke

12 MERIDIAN

Titik Sistem Penyembuhan untuk Stroke :

Petunjuk Penggunaan Akupresur
Untuk merangsang titik akupuntur dengan benar, Anda harus menerapkan tekanan probing yang dalam. Oleh karena itu, berikan tekanan hanya dengan:

gunakan ujung

use finger tip
use a knuckle

Temukan poin

Anda dapat menelusuri area atau gejala nyeri untuk mendapatkan daftar titik akupuntur untuk dicoba. Gambar dan teks memberikan perkiraan lokasi suatu titik. Lebar ibu jari dan lebar telapak tangan (lebar di empat jari, tidak termasuk ibu jari) yang ditunjukkan pada diagram mengacu pada orang yang dirawat. Jelajahi area dengan tekanan probing yang dalam, sampai titik yang tepat muncul dengan sentakan tajam. Ini dimulai sebagai sentakan, dan setelah beberapa saat menjadi sensasi mati rasa, atau kesemutan yang memancar dari titik itu. Ini bisa sangat mengejutkan untuk pertama kalinya, tetapi sensitivitas menurun seiring dengan pengalaman.

Berikan tekanan, tarik napas dalam-dalam, rileks
Saat Anda sudah menemukan intinya, berikan tekanan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi menggunakan titik yang sama di sisi lain tubuh Anda. Anda akan segera merasa lega. Anda mungkin merasakan pelepasan ketegangan, drainase sinus, atau keringat. Anda mungkin bersendawa atau buang angin. Terkadang titik-titik di sisi tubuh yang berlawanan akan memiliki efek yang berbeda. Jika gejala meningkat, jangan gunakan sisi atau titik itu.

Bagaimana jika poin pertama tidak membantu?
Jika poin pertama tidak berhasil, coba poin atau poin berikutnya sampai Anda menemukan poin yang berhasil. Mungkin ada lebih dari satu pendekatan untuk gejala Anda, seperti “ginjal” vs. “sakit punggung”. Saat Anda menemukan titik yang membantu, gunakan titik itu. Jika rasa lega hanya sementara, rangsang kembali intinya. Terkadang rasa sakit akan hilang dan kembali tiga atau empat kali, lebih sedikit setiap kali.

Tips penggunaan yang efektif
Temukan tempat yang tenang, duduk atau berbaring, rileks. Hindari musik keras, olahraga, makanan, obat-obatan atau alkohol sambil merangsang titik akupuntur.

Bagaimana cara kerjanya?
Menurut pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), tubuh manusia membungkus aliran bioenergi yang berkelanjutan, atau daya kehidupan, yang disebut “chi,” ki “atau” qi. “Kekuatan hidup ini terdiri dari sifat-sifat yang saling terkait dan saling terkait yang dikenal sebagai” yin ” dan “yang,” atau wanita / pria, gelap / terang, negatif / positif, yang mengilhami dan memengaruhi segala sesuatu di sekitar kita di dunia alami, dan juga di dalam diri kita. Chi mengalir masuk dan keluar tubuh melalui jalur yang disebut “meridian, “mempengaruhi fungsi semua organ. Ketika Yin dan Yang seimbang, kita menjadi sehat. Ketika alirannya terganggu atau tidak harmonis, timbul penyakit dan rasa sakit. Di sepanjang meridian terdapat sejumlah besar titik tekanan yang bertindak sebagai” katup ” untuk aliran chi. Merangsang titik akupuntur dapat membantu memulihkan keseimbangan, menghilangkan gejala.

Tian Chuang (SI-16)

Digunakan untuk mempengaruhi sirkulasi di dalam arteri vertebralis. Berguna untuk berbagai kondisi neurologis termasuk MS, alzheimer, dan stroke.

Drawing Acupuncture Point SI16 Tianchuang, 3D Illustration Stock  Illustration - Illustration of alternative, acupoints: 93440347

TH 16 (TW 16) –

Martial arts - Pressure points: 7. Triple Warmer 11 (TW-11)
Acupressure Point TW16 – HerbalShop

Jendela titik langit, digunakan untuk mempengaruhi sirkulasi di arteri vertebralis dan oksipital. Digunakan dengan berbagai masalah otak yang berkaitan dengan sirkulasi.

Huatuo C1 – mempengaruhi komunikasi ke dan dari otak dan meningkatkan sirkulasi di area GV 20.

Acupuncture For Asthma - Plastic surgery Thailand,cosmetic surgery  Thailand, laser surgery Thailand, plastic surgery,Thailand, cosmetic  surgery Thailand,breast augmentation, face lift, liposuction, nose surgery,  Tummy tuck,

GV 20 – berguna untuk stroke dan semua masalah korteks motorik.

Modern Reflexology on Twitter: "The #GV20 #Acupuncture point is a great  point to raise the #Yang. #Reflexology #ModernReflexology… "


LV 3 – menurunkan angin hati dan meningkatkan sirkulasi energi yang lancar.

3 Acupuncture Points Linked to Relieve Insomnia and Other Sleep Issues -  Natural Beauty Skin Care


LI 4 – Angin jernih dari wajah dan kepala.

5 Best Acupuncture Points You Can Easily Press and Improves Symptoms Chosen  by 100 Acupuncturists (5/5) - Cozy Acupuncture in Salem, MA


SI 17 – window of the sky point, sangat berguna untuk masalah wajah, kelumpuhan, sakit kepala, TMJ, serta tekanan darah tinggi.

Acupressure Point SI17 – HerbalShop


ST 36 – tonifikasi energi secara keseluruhan dan tingkatkan sirkulasi yang baik.

Acupuncture Point ST36 - Zusanli - Stomach | Acupuncture, Acupuncture points,  Meridian acupuncture

* Poin penting untuk tuina: Tiandong, semua titik jendela langit, GV 20, huatuo dari C1 dan kemudian umumnya di leher dan tulang belakang hingga ke area bermasalah.

Titik Akupresur Kepala (H2-6)

TITIK-TITIK YANG BOLEH DIPIJAT

Titik Yin Tang

Wellness@Home - Yintang for Stress Relief | Balanced Energy Wellness

Yintang: Titik Akupunktur Luar Biasa

Salah satu titik akupunktur yang paling terkenal dan paling umum digunakan pada tubuh bernama Yintang, atau Hall of Impression. Titik ini terletak di tengah antara ujung medial alis, di area yang oleh banyak budaya disebut sebagai “mata ketiga”.

Banyak pasien akupunktur pertama kali melihat saya dengan sedikit gemetar ketika saya memberi tahu mereka bahwa kami akan menusuk wajah mereka dengan jarum. Poin ini sebenarnya adalah poin pertama yang saya harus berlatih tusuk jarum sebagai siswa akupunktur, jadi saya dapat meyakinkan Anda bahwa itu sama sekali tidak nyaman atau berbahaya.

Kebanyakan titik akupunktur terletak pada jalur energi tubuh yang disebut meridian dan memiliki nama Cina dan konvensi penamaan bernomor. Sistem penomoran mungkin adalah cara kebanyakan ahli akupunktur Amerika mempelajari poin-poinnya. Titik ini sedikit unik karena terletak pada garis meridian. Itu terletak di kapal Pengatur yang dengan sendirinya sedikit unik. Ada dua belas meridian biasa di badan dan delapan meridian yang ditetapkan sebagai meridian Luar Biasa. Kapal yang mengatur milik salah satu meridian Luar Biasa. Kapal Pengatur memiliki dua puluh delapan titik bernomor satu sampai dua puluh delapan dan Yintang tidak dianggap salah satunya. Yintang adalah salah satu dari banyak titik akupunktur “Ekstra” yang telah didokumentasikan selama berabad-abad memiliki fungsi yang sangat spesifik.

Yintang memiliki tindakan yang sangat ampuh untuk menenangkan pikiran dan karena tindakan ini hampir selalu digunakan dalam pengobatan insomnia, kecemasan dan kegelisahan. Karena letak Yintang, ini bisa menjadi titik efektif untuk mengobati sakit kepala frontal. Yintang juga bermanfaat bagi hidung dan sering digunakan untuk mengobati hidung tersumbat, rinitis, dan mimisan. Yintang dapat digunakan untuk mengobati gangguan pada mata dan dapat dirangsang tidak hanya dengan akupunktur, tetapi juga akupresur. Saya sering memberi pasien saya pekerjaan rumah yang harus dilakukan di antara perawatan akupunktur. Akupresur diri pada sejumlah titik akupunktur di wajah dan kepala akan meningkatkan sirkulasi ke mata dan Yintang salah satunya.

Yintang memiliki fungsi lain yang mungkin tidak begitu kentara. Ini adalah titik akupunktur yang sering digabungkan dengan titik akupunktur lain untuk mengobati hipertensi dan pusing. Dan mendapatkan banyak tekanan akhir-akhir ini adalah penggunaan akupunktur untuk peremajaan wajah. Yintang merupakan titik yang akan digunakan untuk mengurangi kerutan pada batang hidung.

Anda dapat melihat bahwa Yintang benar-benar merupakan titik akupunktur yang luar biasa, bukan hanya karena lokasinya, tetapi juga karena banyaknya aplikasi yang ampuh saat merawat tubuh manusia!

ZAN ZHU

2. Zan Zhu Points - WikiRote

Titik akupresur untuk mata
Kecuali Anda seorang ahli akupunktur terlatih atau Anda menerima perawatan profesional, menggunakan ujung jari Anda untuk memijat titik-titik ini, bukan jarum, adalah cara tambahan untuk menargetkan area ini.

Titik akupresur atau tekanan adalah area spesifik tubuh yang berada di sepanjang meridian atau saluran yang melaluinya energi dalam tubuh kita mengalir.

Titik-titik tekanan ini berakar pada pengobatan tradisional Tiongkok, yang menggunakannya untuk meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Akupresur berbeda dengan akupunktur yang menggunakan jarum untuk menangani berbagai kondisi kesehatan.

Sementara beberapa titik akupresur ada di tubuh, Ani Baran, ahli akupunktur berlisensi dan pemilik Pusat Akupunktur NJ mengatakan ada empat titik akupresur mata yang populer untuk masalah yang berhubungan dengan mata.

Zan Zhu Point
Lokasi: Di ​​sepanjang area mata bagian dalam, di samping hidung.
Indikasi: Titik tekan Zan Zhu digunakan saat mencoba meredakan mata merah, gatal, atau nyeri, produksi air mata berlebihan, alergi, sakit kepala, dan lainnya.
Si Zhu Kong Point
Lokasi: Ditemukan di ujung alis, jauh dari mata.
Indikasi: Si Zhu Kong adalah titik umum yang dapat membantu meredakan sakit kepala dan nyeri migrain, yang merupakan keluhan umum pada mata tegang.
Cheng Qi Point
Lokasi: Tepat di bawah mata dan di tengah area mata.
Indikasi: Titik tekanan Cheng Qi digunakan untuk membantu meredakan gejala konjungtivitis, mata merah, bengkak dan nyeri pada mata, serta kedutan.
Yang Bai Point
Lokasi: Di ​​sisi kiri tengah dahi, tepat di atas mata kiri.
Indikasi: Titik Yang Bai mungkin berguna saat mencoba meredakan sakit kepala, kedutan mata, dan bahkan glaukoma.
Cara memijat titik akupresur untuk mata
Saat memijat titik akupresur untuk mata, penting untuk menggunakan teknik yang benar dan menemukan keseimbangan yang tepat.

Melakukan akupresur wajah, termasuk akupresur mata, membutuhkan pengetahuan tentang titik spesifik dan teknik yang tepat untuk memijat area tersebut.

Dengan kata lain, Anda harus cukup berhati-hati agar tidak menyebabkan rasa sakit tetapi juga memberikan tekanan yang cukup kuat agar efektif.

YINGXIANG POINTS

YINGXIANG POINTS
Titik ini terletak di kedua sisi lubang hidung yang sejajar dengan mata. Pijat bagian titik ini akan membantu membuka sinus, mengatasi sakit kepala dan gigi juga meredakan stress.

3. Yingxiang Points - WikiRote

LI 20 Penggunaan Klinis
Kehilangan bau atau rasa, ingus, masalah hidung a / atau sinus, polip hidung, rinitis, sinusitis, alergi. Sering digabungkan dengan LI 19 dan poin lokal lainnya.
Sistem Penyembuhan : Masalah sinus, sering dikombinasikan dengan LI 17 dan huatuo C3.

SHUAI GU

GB 8 Penggunaan Klinis

  • Migrain, sakit kepala satu sisi atau unilateral dan disertai mual, muntah, atau gangguan penglihatan.
  • Hangover, meredakan sakit kepala dan menyelaraskan jiao tengah.
  • Pada Manusia Perunggu , titik ini diindikasikan untuk pilek & dahak di diafragma & ST, cedera akibat alkohol & agitasi & rasa kenyang dengan muntah terus-menerus

TOTOK AURA WAJAH

Fengchi

Pijat kulit di sekitar area ini untuk membantu mengurangi kelelahan mata, mengurangi keinginan ngemil, dan membantu mengatasi vertigo. Gunakan jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk menekan.

gb-20-meridian-point

9. GB20, Gallbladder 20, or Fengchi, Wind Pool, on the back of the upper neck, in the depression under the occiput bone. This is an important crossing point of the Gall Bladder Meridian and the Yang Wei Extraordinary Vessel. On a physical level it is primarily helpful for dissolving wind invasion, as the back of the neck is particularly vulnerable to wind. It can help avoid or treat a common cold, nasal congestion, headache, redness, swelling and pain of the eye, nosebleeds, painful neck, stiff shoulder, dizziness, vertigo. On a psycho-spiritual level, it’s great to relieve stress from too much studying, mental focus, or sensory input. Hence it is really good for most humans on the planet! Hold your head gently with both hands as shown in the photo, with your thumbs in GB20 point. Massage for 10 seconds while breathing deeply.

Fengchi GB20 : Nomenclature, Location, Function, Indication, Method -  Acupuncture Nepal

Another useful technique for GB20 is to “thump” on the points by snapping forefingers and middle fingers together so that your forefingers “thump” on the points. Do this 36 times simultaneously on both sides. The thump will resonate in your ears!

Tian Zhu

Lokasi UB 10
1,3 cun lateral GV 15 dalam depresi atau 0,5 cun di atas PHL dan 1,3 cun lateral PML pada aspek lateral trapezius.
Untuk tip lokasi titik, baca catatan meridian kami; tidak yakin tentang pengukuran “cun”, baca apa itu cun ?.
UB 10 Gambar

Untuk Apa UB 10 Digunakan?
Penggunaan Klinis UB 10
Meredakan nyeri – masalah leher, kekakuan, ROM, sakit kepala oksipital. Untuk kekakuan di satu sisi leher gabungkan dengan SI 3 di sisi yang sama & GB 39 di sisi yang berlawanan. Nyeri punggung atas dan / atau nyeri bahu.
Membersihkan angin dan mengurangi dingin eksterior – titik sekunder untuk melepaskan eksterior dalam kondisi angin-dingin, primer GB 20.
Sakit mata dan / atau penglihatan kabur.
Menenangkan jiwa – epilepsi, episode manik, pembicaraan berlebihan

Baihui DU20

null

Location: Around the top of the head, above the ears.

Baihui (DU20), titik akupuntur pada manusia yang terletak di bagian atas kepala di persimpangan garis sagital tengah dan hubungan dua puncak telinga, banyak digunakan dalam pengobatan Tiongkok untuk manajemen jantung berdebar, mudah lupa, demensia dan insomnia, dan sebagainya. Seterusnya Zusanli (ST36) terletak 3 cm di bawah Dubi (ST35) dan selebar satu jari sebelum puncak anterior tibia, dan dikenal sebagai titik akupuntur karena perannya dalam mengurangi tekanan darah [9]. Sebuah studi yang baru-baru ini diterbitkan menunjukkan bahwa akupunktur di DU20 dapat mengatur ekspresi faktor neurotropik yang diturunkan dari otak (BDNF) dan memfasilitasi dukungan BDNF untuk neuron, sehingga memperbaiki pembelajaran dan memori pada tikus demensia awal [10]. Di klinik, stimulasi elektroakupunktur jangka panjang di titik akupuntur DU20 dan ST36 memiliki efek yang jelas pada penurunan tekanan darah dan perlindungan dari kelupaan. Namun, sejauh ini belum jelas apakah elektroakupunktur pada kedua titik akupuntur DU20 dan ST36 dapat membalikkan penghalusan otak dan selanjutnya memperbaiki disfungsi saraf dan, jika ya, apa mekanisme yang mendasari. Dalam studi ini, menggunakan tikus hipertensi spontan (SHR), kami mendemonstrasikan efek pemulihan dari elektroakupunktur jangka panjang di DU20 dan ST36 pada aliran darah otak (CBF) di korteks, dan kepadatan arteriol kecil dan kapiler di daerah CA1 hipokampus, juga. sebagai pembelajaran dan kapasitas memori, yang dapat dikaitkan dengan penekanan reseptor angiotensin II tipe 1 (AT1R), endotelin-1 (ET-1), dan reseptor endotelin (ETAR) di jaringan otak.

Titik Akupresur Tangan (H1-7)

Ji Quan : Heart 1

acupuncture-meridian-heart

HT-1, Heart 1, or Ji Quan, Supreme Spring, is located in the front underarm under the shoulder joint. On a physical level, this point can free the chest, activate the meridian, ease chest congestion, improve breathing, treat apoplexy, hemiplegia, and relieve sadness. On a psycho-spiritual level, this point is wonderful as it touches the supreme controller, the emperor within us. That emperor understands that the energy inside us is the same as that outside us. So touching this point unites you with the universal oneness, and invites cohesion among all of the organs. When you feel alone, separated, traumatized, or unloved, feel no warmth or joy, HT-1 connects you to the deepest source. It is called Supreme Spring, like the polestar supporting the center of the universe. Hence this point is extremely helpful for karmic confusion and spiritual disconnection. You can reach both sides simultaneously using the thumbs on the same arm. Massage for 10 seconds and breathe deeply.

Heart 1 “Utmost Source”
To the early Chinese, the Supreme Controller was akin to the emperor, heaven’s representative on earth. The emperor, when healthy, manifests all the qualities we would want in a chief executive: Divine wisdom, radiance, fairness, enlightenment, unselfishness, and love for all. Within us, there exists such a “being” in the form of this official. When the Supreme Controller falls sick, the connection between the “Divine” in us and the “Divine” that created and sustains us may be broken. What greater despair could there than being alienated from this source? We can feel alone, isolated, spiritually cut off, uninspired, intensely anxious, fearful, empty, severed from life. “Utmost Source”, used at the right time, can reestablish this connection and awaken us to the flow of life and love, that permeates all existence. What greater joy and relief could there be than this?

Another useful technique for GB20 is to “thump” on the points by snapping forefingers and middle fingers together so that your forefingers “thump” on the points. Do this 36 times simultaneously on both sides. The thump will resonate in your ears!

Wangu : Small Intestine 4 

si-4 meridian point

10. SI4, Small Intestine 4, or Wangu, Wrist Boneis located  outer edge of the palm, above the little finger, at the meeting line of the red and white skin. This is a significant energy source point of the small intestine meridian, meaning it supports all your body functions and all the other organs. It is excellent for promoting good digestion and a healthy micro-biome. It also eases diabetes or congestion caused by overeating and too many sweets. (Yes, a worldwide epidemic.) It can treat pain in shoulder, arm, and, wrist.  lumbar and jaundice (yellow coloring). Massage with the middle finger of the opposite hand for 10 seconds, breathing deeply. Then do the other side.

This point helps all issues involving the stomach and/or spleen, improve digestion, relieve digestive disturbances including gas, bloating, nausea, diarrhea, GERD, Hiccups, vomiting, and constipation. It also alleviates abdominal pain, distention, coldness and numbness in the legs. On a psychological – emotional level it helps PMS, depression, nervousness, insomnia. A great point to remember!

Massage with the middle finger for 10 seconds while breathing deeply. After a few days you may notice a slight pulse at the point. This is a good sign that circulation has increased. Do not use this point during pregnancy.

It is also an important point to help ground descending energy into the body, after qi gong exercises and energy healing sessions. Helps to avoid running fire sickness after intense Qogong practice, where energy is stuck in the upper part of the head/body causing issues shortness of breath, anxiety, or headache,

Press firmly with the thumb and massage for 10 seconds, while breathing deeply.

Lao Gong

Adalah titik akupunktur (Pericardium 8) dan chakra minor di tengah telapak tangan, sering digunakan oleh praktisi modalitas penyembuhan energi.

Lao Gong dan Penyembuhan Energi
Praktisi Tao dan penyembuh energi lainnya yang menggunakan teknik emisi qigong (terapi qi eksternal) untuk memperkuat dan menyeimbangkan qi (energi daya kehidupan) orang lain sering menggunakan telapak tangan sebagai tempat untuk memancarkan energi. Dan Anda mungkin pernah melihat foto, jika tidak dialami secara langsung, orang suci dan tabib dari berbagai tradisi spiritual yang menawarkan berkah kelompok dengan mengulurkan telapak tangan ke arah para penyembahnya. Apa yang terjadi di sini?

Stram Center for Integrative Medicine Blog

Lao Gong — Istana Buruh
Ternyata, telapak tangan adalah rumah bagi salah satu titik akupunktur paling kuat, yang juga dianggap sebagai chakra minor. Nama Cina untuk titik ini adalah Lao Gong, dan itu adalah titik ke-8 di meridian Perikardium. “Gong” berarti istana, dan “Lao” berarti kerja atau kerja keras; jadi nama titik sering diterjemahkan sebagai “istana kerja keras” atau “istana tenaga kerja”.

Perikardium 8 mungkin dinamai “istana kerja” karena alasan yang sangat biasa: karena tangan adalah bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan pekerjaan manual. Penjelasan yang agak lebih menarik adalah bahwa, menurut sistem Lima Shen, hati adalah kediaman “kaisar” dari semua shen. Karena perikardium adalah kantung yang membungkus dan melindungi jantung, kita dapat menganggapnya juga sebagai “istana” hati (dan kaisar), yang tugasnya (yaitu, bekerja) adalah untuk menghibur dan melindungi raja.

Perikardium 8 – Lokasi
Lokasi klasik dari titik ini adalah di mana ujung jari manis mendarat, di telapak tangan, saat kita membuat kepalan tangan (yaitu, antara tulang metakarpal ke-3 dan ke-4). Beberapa teks modern menentukan lokasi di mana ujung jari tengah mendarat ketika kita mengepalkan tangan (yaitu, antara tulang metakarpal ke-2 dan ke-3). Anda dapat menggunakan salah satu lokasi atau kombinasi — bergantung pada apa yang secara intuitif menarik Anda.

Seperti disinggung di atas, Lao Gong digunakan dalam berbagai cara, dalam konteks penyembuhan qigong — sebagai lokasi untuk memancarkan qi dari satu orang ke orang lain. Indikasi akupunktur klasiknya (yaitu, efek stimulasi terhadap tubuh-pikiran kita sendiri) termasuk menenangkan jiwa dan mengatasi kelelahan.

Cara Mengaktifkan Lao Gong
Untuk memijat Lao Gong Anda sendiri, istirahatkan satu tangan, telapak tangan ke atas, pada jari-jari dan telapak tangan lainnya. Lalu, gunakan ibu jari tangan bawah untuk menjangkau telapak tangan atas. Berikan tekanan sedang, dengan ujung atau ujung ibu jari Anda, gerakkan dalam lingkaran kecil, saat Anda menempatkan fokus mental Anda dengan lembut pada titik tersebut.

Cara lain untuk mengaktifkan energi Lao Gong adalah dengan menyatukan kedua telapak tangan Anda dalam “posisi berdoa” di depan pusat hati Anda. Kemudian pisahkan telapak tangan sedikit, sehingga ada jarak sekitar satu inci di antara keduanya. Dengan perhatian Anda beristirahat dengan lembut di ruang di antara kedua telapak tangan, mulailah menggerakkan kedua tangan Anda dalam gerakan melingkar kecil, pertahankan jarak satu inci di antara keduanya. Perhatikan apa yang Anda rasakan.

Kemudian, perlahan-lahan, dengan gaya seperti gelombang, pisahkan tangan Anda, sampai ada jarak lima atau enam inci di antara mereka; lalu dorong kembali ke arah satu sama lain, sampai hampir tetapi tidak terlalu bersentuhan. Ulangi gerakan ini, sepuluh atau lima belas kali (dengan mata terbuka atau tertutup), dengan perhatian Anda, sekali lagi, di ruang antara kedua telapak tangan, yaitu di antara dua titik Lao Gong.

Kemungkinan Anda akan mulai merasakan sensasi panas atau kesemutan, atau rasa berat (atau ringan), atau perasaan magnetis atau seperti gula-gula di dalam dan di antara telapak tangan. Ini, setidaknya sebagian, adalah aktivasi poin Lao Gong.

Setelah poin Lao Gong Anda diaktifkan dengan cara ini, Anda dapat menggunakan Qi (energi gaya hidup) yang mengalir dari telapak tangan Anda untuk memberi makan, mendukung, dan menyelaraskan Qi teman dan klien Anda, melalui teknik penyembuhan qigong khusus, atau “penumpangan tangan” yang lebih intuitif.

He Gu : Akupresur LI4: Usus Besar 6

He Gu (LI4) biasanya digunakan untuk stres, nyeri wajah, sakit kepala, sakit gigi dan sakit leher.

Hari ini, He Gu (LI4) secara klinis digunakan untuk stres, nyeri wajah, sakit kepala, sakit gigi dan sakit leher. He Gu (LI4) terletak di titik tertinggi otot saat ibu jari dan jari telunjuk dirapatkan. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan merangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Titik tersebut terletak di titik tertinggi otot saat ibu jari dan jari telunjuk disatukan.

Temukan titik di antara jaring jari pertama dan kedua.

Pijat titik tersebut selama 4-5 detik. Saat menerapkan akupresur, cobalah untuk rileks dan bernapas dalam-dalam saat Anda memijat area tersebut. Pijat dan akupresur dapat dilakukan sendiri, atau oleh orang lain yang siap membantu Anda.

Teks pengobatan tradisional Tiongkok kuno mencakup berbagai macam indikasi He Gu (LI4) dari sakit kepala dan sembelit hingga nyeri umum dan persalinan tertunda. Perhatian untuk hal ini adalah bahwa He Gu (LI4) dapat menginduksi persalinan, oleh karena itu tidak boleh digunakan selama kehamilan.

He Gu (LI4) adalah poin yang telah dipelajari secara ekstensif melalui uji coba terkontrol secara acak dan penelitian klinis. Studi terbaru dari Journal of Orofacial Pain menunjukkan bahwa stimulasi He Gu (LI4) secara signifikan mengurangi nyeri myofascial pada otot rahang [2]. Sebuah tinjauan sistematis Cochrane baru-baru ini tentang akupunktur pada migrain dan sakit kepala tipe tegang menunjukkan stimulasi titik akupuntur sebagai pilihan yang efektif dan berharga untuk mengurangi migrain dan sakit kepala tipe tegang [1].

Shou San Li : Titik Akupresur LI10: Usus Besar 10

Shou San Li (LI10) biasanya digunakan untuk nyeri leher, nyeri bahu, diare, dan tennis elbow.

Shou San Li (LI10) biasanya digunakan untuk nyeri leher, nyeri bahu, diare, dan tennis elbow. Shou San Li (LI10) terletak di permukaan luar lengan bawah dan lebar tiga jari di bawah lipatan siku saat siku ditekuk 90 derajat. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik tersebut kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan merangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di dekat permukaan lateral siku.

Ruang tiga jari di bagian distal lipatan siku, di bagian depresi antara otot.

Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik. Saat menerapkan akupresur, cobalah untuk rileks dan bernapas dalam-dalam saat Anda memijat area tersebut. Pijat dan akupresur dapat dilakukan sendiri, atau oleh orang lain yang siap membantu Anda.

Beberapa makalah ilmiah menyebutkan bahwa Shou San Li (LI10) bersama dengan Zu San Li (ST36) meningkatkan keteraturan aktivitas mioelektrik lambung [1] yang mungkin menunjukkan hubungannya dalam mempengaruhi fungsi gastrointestinal.

Zhong Zhu: Titik Akupresur TE3: Triple Energizer 3 atau (Central Islet)

Zhong Zhu (TE3) biasanya digunakan di klinik untuk sakit kepala temporal, ketegangan bahu dan leher, dan nyeri punggung atas.

Zhong Zhu (TE3) biasanya digunakan di klinik untuk sakit kepala temporal, ketegangan bahu dan leher, dan nyeri punggung atas. Titik ini terletak di alur yang dibentuk oleh tendon jari ke-4 dan ke-5 di belakang buku-buku jari. Untuk menggunakan akupresur pada titik ini, (1) temukan titik di alur kemudian (2) gunakan tekanan yang dalam dan kuat untuk memijat dan menstimulasi area tersebut selama 4-5 detik.

Temukan titik di alur antara buku jari ke-4 dan ke-5

Berikan tekanan kuat ke dalam depresi

Pijat dan simulasikan titik tersebut selama 4-5 detik. Stimulasi Zhong Zhu (TE3) ditunjukkan dalam pemindaian MRI fungsional untuk merangsang lobus frontal dan temporal serta lobus oksipital dan serebelum [1]. Ini menunjukkan bahwa Zhong Zhu (TE3) mungkin memiliki efek untuk pasien dengan kondisi klinis yang berhubungan dengan area tersebut. Dalam sebuah studi klinis, Zhong Zhu (TE3) dirangsang dengan akupunktur atau moksibusi untuk mengobati vertigo serviks; kedua metode pengobatan menunjukkan efek terapeutik yang baik tetapi moksibusi menghasilkan tingkat efektif yang lebih tinggi dari 78 kasus klinis [2].

Nei Guan : Titik Akupresur P6: Perikardium 6 atau

Nei Guan biasanya digunakan untuk membantu meredakan mual, sakit perut, mabuk perjalanan, carpal tunnel syndrome, dan sakit kepala.

Nei Guan (P6 atau PC6) biasanya digunakan untuk membantu meredakan mual, sakit perut, mabuk perjalanan, carpal tunnel syndrome, dan sakit kepala. Nei Guan (P6) terletak tiga jari di bawah pergelangan tangan di lengan bawah di antara dua tendon. Untuk mencari dan menggunakan titik akupresur ini, (1) cari titik tersebut dengan membalikkan tangan sehingga telapak tangan menghadap ke atas, kemudian (2) tekan ke bawah di antara kedua tendon, pijat dan rangsang area tersebut selama 4-5 detik.

Intinya terletak di aspek medial tangan.

Jarak empat jari di bawah pergelangan tangan. Terletak di bagian depresi antara tendon. Berikan tekanan dan pijat selama 4-5 detik.

Dikutip dalam banyak penelitian bahwa stimulasi Nei Guan (P6) meredakan mual dan muntah pada kehamilan [1] dan juga membantu mencegah mual dan muntah pasca operasi [2]. The Journal of Autonomic Neuroscience juga menerbitkan sebuah artikel yang menunjukkan P6 dan Zu San Li (ST36) memiliki kombinasi, efek sinergis pada motilitas gastrointestinal [3]. Dalam penelitian lain, Nei Guan juga telah terbukti membantu meringankan cegukan [4].

Akupresur untuk Diabetes

Poin Akupresur untuk Penyembuhan Diabetes

Akupresur telah menjadi praktik kuno selama berabad-abad dan telah membantu meredakan nyeri serta menyembuhkan banyak penyakit dalam tubuh. Perawatan yang sangat efektif ini memengaruhi organ tertentu di tubuh seseorang. Salah satu teknik yang sangat efektif ini adalah titik akupresur untuk diabetes dan membantu mengontrol kadar gula darah seseorang.

Untuk segala bentuk pereda nyeri, titik ini efektif bila digunakan. Salah satunya dengan menahan sendi di antara ibu jari dan jari telunjuk Anda dan menggunakan tekanan ringan selama lima menit. Ini membantu meredakan nyeri di usus besar dan menurunkan suhu tubuh. Titik akupresur untuk diabetes ini membuat Anda merasa bebas stres dan energik.

Titik Akupuntur Tangan

Hand Valley Point

Orang dapat menemukan titik akupuntur ini di dekat area di bawah jari kelingking di pergelangan tangan Anda dan baik untuk jantung Anda saat tekanan diterapkan. Dengan memijat titik ini secara teratur, ini membantu meredakan ketegangan pada jantung seseorang.

Titik Akupuntur Tubuh Bagian Bawah:
Akupresur lutut

Important Acupressure Points for Back Pain

Poin Akupresur Penting untuk Sakit Punggung
Gunakan jari-jari Anda, letakkan 2 cm di bawah lutut, dan pijat area tersebut dengan sedikit tekanan selama lima menit setiap hari untuk membantu menyeimbangkan sistem pencernaan seseorang. Menurut penelitian, diketahui bahwa diabetes dimulai dengan mulas dan dengan pencernaan yang baik, membantu mengurangi masalah. Bentuk teknologi ini sangat baik untuk mencegah artritis, penuaan, dan jenis kelemahan lainnya.

Titik Akupuntur Kaki

Feet Acupoints


Saat menggunakan akupresur pada satu kaki, ini membantu untuk menargetkan hati dan terbaik untuk mengobati diabetes, hipertensi, dan insomnia. Dengan memijat atau menekan secara teratur, titik tekanan ini berkontribusi untuk mengurangi diabetes karena mengontrol kadar glukosa darah.

Titik Acupoint Big Toe

Big Toe Point

Di sini seseorang perlu menekan di bawah jempol kaki dengan jari-jari Anda, karena ini sulit dilakukan sendiri, yang terbaik adalah meminta bantuan seorang teman. Titik akupuntur ini membantu penyembuhan jangka panjang dari diabetes, dengan menekan titik ini secara teratur membantu, dan telah berhasil untuk banyak pasien diabetes.

Bagian belakang Titik Akupuntur Lutut

Back of Knee Acupoint

Titik akupuntur ini melambangkan kandung kemih dan mengeluarkan segala bentuk kotoran dari kandung kemih saat dipijat. Di bagian belakang lutut Anda, di bagian yang tertekuk dapat ditemukan titik tekanan ini. Seseorang perlu memberikan tekanan setidaknya lima menit setiap hari untuk membantu buang air kecil berlebih dan masalah saluran kemih terkait.

Poin Akupresur untuk Diabetes

Saat menggunakan titik akupresur untuk diabetes, itu tidak dapat menyembuhkannya sepenuhnya, tetapi Anda dapat mengontrolnya sampai batas tertentu.

Anda masih perlu minum obat seumur hidup, dan bahkan bisa mendapatkan serangan mendadak. Kabar baiknya adalah bahwa dengan akupresur, Anda dapat menggunakannya melalui serangan parah dan berguna.

Dibandingkan dengan akupunktur, ini tidak melibatkan jarum yang ditusuk ke dalam tubuh dan lebih baik. Dengan memberikan tekanan pada titik akupuntur untuk diabetes, dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Saat menekan, Anda menggunakan jari untuk menstimulasi titik tersebut dan mengatur aliran energi melalui darah. Untuk membantu Anda memahami titik akupresur ini, kami akan melihat titik akupresur yang berbeda untuk diabetes.

Poin Akupresur untuk Diabetes di Tangan
Di tangan Anda, sama seperti kaki Anda, terdapat banyak titik akupresur berbeda yang dapat Anda pijat untuk mengobati berbagai pilihan penyakit. Namun, dengan titik akupuntur spesifik berikut, Anda dapat membantu menjaga diabetes dengan diet dan pengobatan yang terkendali.

The Palm

Titik tekan tidak hanya penting untuk mengobati diabetes, tetapi juga berguna untuk sakit kepala. Anda menemukan titik akupuntur di antara bagian berdaging dari telapak tangan Anda di tengah jari telunjuk dan ibu jari.

Anda dapat menggunakan ibu jari Anda dari tangan yang berlawanan di atas dan jari telunjuk di bawah untuk menekan tempat ini sebentar.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat menerapkan Strip Kesehatan Eva di atasnya. Titik akupuntur mengontrol panas di tubuh Anda dan mengurangi komplikasi di usus besar juga.

Titik Tekanan Pergelangan Tangan-Tangan

Bintik itu ditemukan dengan cepat dan terletak di sisi jari kelingking dekat pergelangan tangan. Dengan memijat titik tersebut, ini membantu menghilangkan stres dari jantung Anda dan mengontrol diabetes secara otomatis.

Wrist Hand Point

Tidak peduli titik akupresur mana untuk diabetes di telapak tangan dan tangan Anda menekan untuk memastikan mengulangi proses pada kedua tangan untuk hasil yang efektif.

Poin Akupresur untuk Diabetes Mellitus

Dengan diabetes mellitus, timbul ketidaknyamanan dan rasa sakit dengan banyak gejala lain yang membuat masalah menjadi lebih buruk. Seperti yang Anda ketahui, ada tiga jenis diabetes melitus yang terdiri dari tipe 1, tipe2, dan diabetes gestasional yang ditemukan selama kehamilan.

Untungnya, Anda dapat meningkatkan kesehatan dengan memberikan tekanan pada titik akupresur berikut untuk diabetes tipe2 dan yang terakhir dengan titik akupresur berikut.

Titik Akupuntur 1:

Di bagian dalam tungkai bawah di bagian belakang tulang kering dan selebar empat jari di atas tulang pergelangan kaki, Anda mendapatkan titik akupresur 1. Berikan tekanan ringan dengan menekan dan memijat titik tersebut selama tiga menit setiap hari pada kedua kaki.

Titik Akupuntur 2:

Anda menemukan titik tekanan ini di antara jempol kaki ke-2 dan di sepanjang garis. Tempatkan lebar tiga jari dari tepi untuk menemukan titiknya. Setelah menemukan tempat tersebut, tekan dan pijat dengan lembut dengan gerakan memutar berlawanan arah jarum jam yang lambat. Lakukan kedua kaki selama tiga menit setiap hari.

Selanjutnya, Anda perlu melakukan ini hingga sepuluh minggu karena membantu membuat tubuh rileks dan mengurangi stres pada saat bersamaan. Oleh karena itu, Anda akan mengontrol diabetes dan kecemasan Anda. Namun, jangan gunakan titik akupuntur ini jika Anda sedang lemah atau lelah.

Titik Akupuntur 3:

Titik tekanan berada di sisi dalam kaki antara bagian bawah tulang pergelangan kaki dan tendon Achilles Anda. Berikan tekanan lembut dengan gerakan memutar searah jarum jam. Memijat tempat tersebut membantu memperkuat sistem kekebalan dan mencegah infeksi.

Titik Akupuntur 4:

Anda akan menemukan titik akupresur di bagian depan kaki bagian bawah dengan mengukur delapan jari di atas maleolus luar. Lakukan pijatan lembut searah jarum jam di tempat selama tiga menit di setiap pergelangan kaki. Menerapkan tekanan ke titik menghilangkan racun yang tidak diinginkan dari tubuh.

Titik KD-3:

Meridian Ginjal tidak hanya berguna untuk digunakan untuk diabetes tetapi juga membantu dengan sakit tenggorokan, pusing, sering buang air kecil, dan sakit kepala. Anda menemukan titik akupuntur di antara ujung maleolus medial dan tendon Achilles. Gunakan ibu jari Anda untuk menekan selama tiga menit dan lakukan hal yang sama pada kaki yang berlawanan.

Titik ST36:

Titik akupresur perut 36 terletak empat jari di bawah pusar Anda. Anda dapat menekan hingga tiga menit untuk menyeimbangkan sistem pencernaan Anda. Selain itu, ini juga membantu mencegah penuaan. Namun, kami tidak menyarankan Anda melakukan ini setelah makan karena bisa membuat Anda sakit.

Poin Akupresur untuk Neuropati Diabetik

Ketika Anda menderita diabetes, masalah umum yang terkait dengannya adalah sistem saraf karena Anda terus merasa seolah-olah ada kesemutan di kaki atau tangan.

Karena itu, tubuh Anda membutuhkan stimulasi teratur untuk meredakan gejala yang berkaitan dengan neuropati perifer.

Titik Neuropati Perifer untuk Kaki

Neuropati dapat memengaruhi area di tungkai bawah dan kaki. Ada beberapa titik akupresur yang harus dirawat:

K6 adalah selebar ibu jari di bawah tulang pergelangan kaki di bagian dalam lipatan kaki Anda. Anda akan melihat lekukan dan perlu menekan terus dengan ibu jari selama dua menit untuk membantu meredakan nyeri pergelangan kaki dan tumit.

B62 dapat Anda temukan di cekungan antara tulang pergelangan kaki bagian luar dan bagian bawah tumit. Tekan dengan lembut selama sepuluh detik dan lepaskan. Ulangi ini hingga lima kali.


Titik Neuropati Perifer untuk Tangan

LU10 berada di tengah bantalan ibu jari di sisi telapak tangan Anda.
LI4 Anda dapat memberikan tekanan dengan menekan ibu jari dan jari telunjuk bersama-sama di atas tonjolan di jaring antara ibu jari dan telunjuk Anda.

Upper-Warmer Depletion-Thirst TCM Diabetes Acupressure

Tips untuk Mengikuti dengan Akupresur untuk Diabetes
Meskipun memberikan tekanan pada titik akupresur yang berbeda untuk diabetes sangat membantu, Anda tetap perlu:

Ikuti diet sehat seperti yang direkomendasikan oleh dokter Anda. Hati-hati dengan gula, minyak, dan garam. Makan makanan berserat tinggi, dan Anda akan melihat perbedaan besar saat menerapkan teknik titik akupuntur.

Pikiran Akhir

Jangan berharap titik-titik akupresur untuk diabetes segera bekerja karena berjangka panjang. Selain itu, ini bukanlah alternatif untuk tidak minum obat, dan tidak perlu mengubah gaya hidup Anda dengannya.

Terapi menunjukkan hasil terbaik yang digunakan dalam jangka panjang. Untuk hasil terbaik, terus berikan tekanan pada titik akupuntur setidaknya selama tiga bulan dengan perawatan Anda yang lain.