Terapist Totok Syaraf, jarinya ditawar 2M

Ujung Jari Tabib Gaul Asal Situbondo Ditawar Malaysia 2 Miliar Sebulan

SITUBONDO, Beritalima.com

Siapa yang sangka jika bertemu dengan sosok muda dan ganteng Angga Praja Buana (27)
merupakan ahli terapi pijat yang sangat terkenal se antero nusantara bahkan hingga eropa.

Beritalima.com yang diberi kesempatan melihat langsung dalam ruang pengobatan pijet totok saraf. bagaimana pasien yang datang merasakan colekan maut dari ujung jari dari tabib ganteng tersebut.

“Saya sudah dua kali datang untuk mengobati cucu saya Ahmat Safie Darwis (9) yang menderita radang otak sampai susah berbicara dan anggota badannya lumpuh sebelah mirip Stroke. Alhamdulilah sudah menampakan hasilnya sekarang kini cucu saya bisa berbicara lancar,”‘Kata Datuk Mohammad paseian asal negeri jiran Malaysia yang rela antri berhari – hari dan mengaku menginap disebuah hotel dikawasan wisata Pasir Putih.

Hal senada juga di sampaikan oleh Leny(34) Pasein asal Jakarta. Putrinya yang masih duduk dikelas V sekolah dasar. yang juga menderita radang otak hingga mengalami kebutaan pada mata sebelah kiri. pengobatan dibeberapa rumah sakit ternamapun di Ibukota sudah dilakukan sampai akhirnya di rujuk ke sebuah RS di singapura.

“Awalnya putri saya bisa melihat, ternyata lama – lama mata kiri tidak bisa melihat. hasil diagnosa dari dokter di singapura kemungkinan anak saya bisa melihat lagi hanya 10%, tapi setelah saya bawa berobat ke mas Angga, kemarin sudah bisa membaca angka dari jarak empat meter,”Cetusnya senang.

Dibalik Sosok Ganteng Angga Praja Buana pria kelahiran 28 Februari 28 tahun silam ternyata banyak dicari oleh seluruh masyarakat nusantara bahkan hingga ke Eropa karena sentuhan jari mautnya. dianggap mampu menyembuh berbagai macam penyakit.

“Saat ini kami hanya melayani sekitar 60 – 100 pasien setiap hari dengan sistem pendaftaran via telp. saya tidak membedakan pasien baik dari Situbondo sendiri atau dari luar kota maupun luar negeri seperti Brunai, Singapura, Malaysia, Australi, Taiwan , Hongkong, Abu Dabhi, Qatar, dan masih banyak negara lainnya. bahkan saya ditawari mengobati di Malaysia dengan bayaran Rp 2 Miliar/bulan. tapi saya tolak karena banyak orang disini yang membutuhkan bantuan saya,”Tuturnya.

Bahkan Angga bukan hanya piawai colak colek titik syaraf pria dan wanita dalam menyembuhkan. tapi dalam setiap pengobatannya Angga tidak lupa menjabarkan secara gamblang apa saja penyakit yang dialami pasien. apa saja pantangan dan bagaimana meninum obat atau jamu buatannya.

“Saya tidak pernah mematok tarif kepada setiap pasien, seikhlasnya saja bahkan jika ada pasien tidak mampu, saya tidak meminta bayaran serupiahpun, saya juga jelaskan. kesembuhan itu milik Allah. tinggal kita berusaha, sembuh tidaknya tergantung Allah,” Imbuhnya merendah.
(joe)

https://beritalima.com/ujung-jari-tabib-gaul-asal-situbondo-ditawar-malaysia-2-miliar-sebulan/

Titik Bekam Untuk Stroke

Titik Bekam Efektif Untuk Mengobati Stroke

Banyak faktor yang bisa memicu terjadinya penyakit stroke pada diri seseorang, diantaranya yang paling umum adalah gaya hidup yang tak sehat, adanya panyakit darah tinggi atau hipertensi, penderita diabetes dan masalah kegemukan atau obesitas juga beresiko besar mengalami serangan stroke. Oleh sebab itu selalu perhatikan kondisi kesehatan dan gaya hidup anda agar terhindar dari penyakit stoke ini.

Stroke merupakan salah satu penyakit yang membutuhkan kesabaran untuk mendapatkan kesembuhan, dibutuhkan tekat yang kuat dan optimisme yang tinggi seorang pasien untuk mempercepat penyembuhan. Oleh sebab itu terapi psikologi juga sangat diperlukan untuk membesarkan hati penderita stroke sebagai modal dasar terapi yang akan dijalani selanjutnya. Salah satu terapi yang efektif untuk penyembuhan penyakit stoke adalah dengan melakukan bekam atau hijamah yang sudah terbukti mampu mengobati stroke dengan lebih cepat, aman dan biaya yang relatif lebih murah. Stroke merupakan sebuah penyakit yang disebabkan oleh terganggunya aliran darah ke otak akibat penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke organ tersebut. Kurang lancar atau bahkan terputusnya suplay darah ke otak akan berakibat pada melemahkan fungsi otak karena tak mendapatkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan untuk regenerasi jaringan dan sel-sel didalam otak.

Kerusakan otak akibat stroke akan berimbas pada kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan atau kiri bahkan kelumpuhan bisa terjadi pada semua anggota badan. Penyakit stroke bisa menimpa siapa saja baik pria maupun wanita, dewasa ini serangan stroke tak hanya menyerang para lansia saja, namun banyak kita jumpai kasus stroke yang dialami oleh orang muda yang kurang memperhatikan gaya hidup sehat.Letak titik bekam strokeBekam atau cupping dalam bahasa inggris telah digunakan oleh manusia untuk mengobati berbagai macam penyakit sejak ribuan tahun yang lalu, bahkan Rasulullah Muhammad shallallaahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan untuk menggunakan metode ini untuk pengobatan. Dan bekam merupakan salah satu terapi efektif untuk mempercepat penyembuhan pada penderita strok berat maupun stroke ringan.

Dalam melakukan terapi bekam pada penderita stroke dibutuhkan titik-titik yang tepat agar manfaat bekam bisa lebih cepat dirasakan oleh pasien. Oleh sebab itu disini saya akan berbagi gambar titik bekam stroke kanan dan kiri, karena banyaknya titik bekam yang dibutuhkan untuk pemulihan stroke, disini gambarnya saya bagi menjadi 2 bagian sebagai berikut:Titik bekam stroke kananUntuk penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kanan seperti kelumpuhan pada tangan dan kaki kanan, silahkan ambil titik bekam yang ada pada bagian tubuh sebelah kanan kecuali untuk titik yang berada di kepala untuk kelumpuhan sebelah kanan berarti titiknya ada pada kepala sebelah kiri karena syaraf kepala adalah terbalik.Titik yang anda butuhkan untuk stroke lumpuh sebelah kanan adalah: Titik nomor 1, 3, 4, 6, 8, 10, 12, 14 dan titik bekam di kaki dan tangan sebelah kanan yakni A, B, C, D, I, J, M, N, O, P yang bisa anda lihat pada gambat titik bekam d bawah.Titik bekam stroke lumpuh sebelah kiriSedangkan untuk terapi bekam yang mengalami kelumpuhan pada anggota badan sebelah kiri, titik bekam yang dibutuhkan berbeda dengan titik bekam pada penderita stroke yang mengalami kelumpuhan pada sisi kanan tubuh. Titik bekam yang dibutuhkan sebagian besar terletak pada sisi kiri tubuh dan titik di kepala saja yang berada di sisi kanan.

Dan titik bekam yang diperlukan untuk stroke lumpuh sebelah kiri adalah: Titik nomor 1, 2, 5, 6, 7, 9, 11, 13 dan dilanjutkan dengan titik bekam pada kaki dan tangan sebelah kiri yakni titik E, F, G, H, K, L, M, N, O, P.Tips terapi bekam strokeSebelum melakukan terapi bekam untuk penderita stroke, anda harus bisa menentukan terlebih dahulu apakah strokenya merupakan tipe pendarahan ( hemorragik) atau tipe stroke akibat sumbatan (iskemik). Jika stroke tipe pendarahan tunggu minimal 1 minggu setelah stroke baru bisa boleh dilakukan pembekaman pada titik bekam yang sudah saya jelaskan tadi.Dan jika tipe stroke yang diderita akibat sumbatan, anda boleh melakukan terapi bekam setelah minimal 24 jam setelah serangan stroke. Pembekaman yang dianjurkan adalah bekam basah yakni dengan mengeluarkan darah kotor pada beberapa titik bekam stroke yang sudah saya jelaskan diatas.Terapi bekam pada penderita stroke bisa anda lakukan maksimal 2 minggu sekali atau 1 bulan sekali tergantung kondisi penderita. Untuk mempercepat proses penyembuhan pada penderita stroke, sebaiknya lakukan terapi harian dengan melakukan terapi pijat refleksi dan akupresur untuk penderita stroke. Demikian semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan referensi terapi bekam untuk penderita stroke

Tubuh Manusia Ternyata Punya Muatan Listrik

Tubuh Manusia Ternyata Punya Muatan Listrik, Apa Bisa Digunakan?

Terbit: 15 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Listrik merupakan rangkaian fenomena fisika yang berhubungan dengan kehadiran dan aliran muatan listrik. Sengatan listrik menimbulkan berbagai macam efek yang telah umum diketahui, seperti petir, listrik statis, induksi elektromagnetik dan arus listrik.

Tubuh Manusia Ternyata Punya Muatan Listrik, Apa Bisa Digunakan?

Tanpa Anda sadari, manusia ternyata memiliki aliran listrik, kok bisa? Semua yang kita lakukan dikendalikan dan diaktifkan oleh sinyal listrik yang mengalir melalui tubuh kita. Seperti yang telah Anda pelajari dalam fisika intro, semuanya terdiri dari atom, dan atom terdiri dari proton, neutron dan elektron.

Proton memiliki muatan positif, neutron memiliki muatan netral, dan elektron memiliki muatan negatif. Bila muatan ini tidak seimbang, sebuah atom menjadi muatan positif atau negatif.

Peralihan antara satu jenis muatan dan yang lainnya memungkinkan elektron mengalir dari satu atom ke atom lainnya. Aliran elektron ini, atau muatan negatif, adalah apa yang kita sebut listrik. Karena tubuh kita adalah atom besar, kita bisa menghasilkan listrik

Ketika kita berbicara tentang sistem saraf yang mengirimkan “sinyal” ke otak, atau sinapsis “menyambar,” atau otak menyuruh tangan kita untuk berkontraksi di sekitar pegangan pintu, yang sedang kita bicarakan adalah listrik yang membawa pesan antara titik A dan titik B. Ini seperti sinyal kabel digital yang membawa 1s dan 0s yang mengantarkan “Law & Order.” Kecuali di tubuh kita, elektron tidak mengalir di sepanjang kawat; Sebagai gantinya, muatan listrik meloncat dari satu sel ke sel berikutnya sampai mencapai tujuannya.

Listrik adalah kunci untuk bertahan hidup. Sinyal listrik cepat, yang memungkinkan tanggapan seketika untuk mengendalikan pesan. Jika tubuh kita bergantung sepenuhnya, katakanlah, pergerakan bahan kimia untuk memberitahu hati kita untuk mempercepat saat ada sesuatu yang membahayakan kita.

Sinyal penting yang memberitahu hati kita untuk mempercepat saat kita berada dalam bahaya berasal dari massa sel di hati kita yang disebut nodus sinoatrial, atau nodus SA. Ini terletak di atrium kanan, dan mengendalikan irama detak jantung dan pergerakan darah dari jantung ke setiap bagian tubuh kita. Ini alat pacu jantung alami tubuh kita, dan menggunakan sinyal listrik untuk mengatur kecepatan.

Tapi denyut nadi kita bukanlah satu-satunya hal yang bergantung pada impuls listrik yang dihasilkan oleh sel kita. Hampir semua sel kita mampu menghasilkan listrik.

Kita akan melihat peran listrik di dalam tubuh dan mencari tahu dari mana asal kita menghasilkan listrik.

Titik awalnya sederhana: Saat ini, sel-sel di tubuh Anda yang tidak aktif mengirim pesan sedikit bermuatan negatif. Itu akan menarik dari sana.

Negatif adalah keadaan alami sel Anda. Ini terkait dengan sedikit ketidakseimbangan antara ion potasium dan natrium di dalam dan di luar sel, dan ketidakseimbangan ini menetapkan ruang untuk kapasitas listrik Anda.

Membran sel Anda berlatih dengan trik yang sering disebut sebagai gerbang sodium-potassium. Ini adalah mekanisme yang sangat kompleks, namun penjelasan sederhana dari gerbang ini, dan bagaimana mereka menghasilkan muatan listrik, berjalan seperti ini:

Saat istirahat, sel Anda memiliki lebih banyak ion potasium di dalamnya daripada ion natrium, dan ada lebih banyak ion natrium di luar sel. Ion potasium negatif, sehingga bagian dalam sel memiliki muatan yang sedikit negatif.

Ion natrium positif, sehingga daerah yang berada tepat di luar membran sel adalah positif. Tidak ada perbedaan biaya yang cukup kuat untuk menghasilkan listrik, meskipun, dalam keadaan beristirahat ini.

Bila tubuh perlu mengirim pesan dari satu titik ke titik lain, itu akan membuka pintu gerbang. Saat pintu membran terbuka, ion natrium dan kalium bergerak bebas masuk dan keluar dari sel. Ion potasium yang bermuatan negatif meninggalkan sel, tertarik pada sisi positif di luar membran, dan ion natrium yang bermuatan positif masuk ke dalamnya, bergerak ke arah muatan negatif.

Hasilnya adalah sebuah saklar dalam konsentrasi dua jenis ion —dan sakelar cepat yang bertanggung jawab. Ini seperti beralih antara 1 dan 0 —membalik antara positif dan negatif ini menghasilkan dorongan listrik. Impuls ini memicu gerbang di sel berikutnya untuk membuka, menciptakan muatan lain, dan seterusnya. Dengan cara ini, dorongan listrik bergerak dari saraf di jari kaki Anda yang terhenti sampai ke bagian otak Anda yang merasakan rasa sakit.

Ini juga bagaimana simpul SA memberitahu otot-otot jantung Anda untuk berkontraksi, bagaimana mata Anda mengatakan kepada otak Anda bahwa apa yang baru saja mereka lihat adalah kata “otak”, dan bagaimana Anda memahami artikel ini sama sekali.

Karena semuanya bergantung pada sinyal listrik ini, kerusakan pada sistem kelistrikan tubuh Anda adalah masalah nyata. Ketika Anda mengalami sengatan listrik, ini akan mengganggu operasi normal sistem, seperti gelombang daya.

Jika tersambar petir, kinerja jantung Anda akan berhenti, ini berbahaya. Proses elektrik tidak bekerja lagi atau terbakar. Ada juga masalah seperti simpul SA yang menyebabkan palpitasi jantung (detak jantung ekstra), atau kekurangan aliran darah ke jantung yang mengganggu alat pacu jantung dan penyebab impuls.

Terkadang inilah yang menyebabkan seseorang meninggal karena penyakit arteri koroner, atau penyempitan arteri. Jika jantung terus-menerus diberi tahu untuk berkontraksi, tidak akan ada kontraksi penuh, dan tidak bisa mendapatkan cukup darah ke bagian tubuh lainnya, yang menyebabkan kekurangan oksigen dan kemungkinan serangan jantung atau stroke.

Dengan begitu banyak listrik melompati, sepertinya tubuh adalah sumber tenaga yang sangat hebat. Tapi bisakah manusia benar-benar menguasai Matrix? Mungkin tidak. Tubuh manusia hanya bisa menghasilkan antara 10 dan 100 milivolt.

Mengapa timbul rasa tersetrum saat kulit bersentuhan?

KlikDokter.com

Perlu diketahui bahwa tubuh manusia sebenarnya merupakan suatu medan listrik alami. Energi listrik yang berada di dalam tubuh bertugas untuk mengatur berbagai fungsi organ, mulai dari otak hingga jantung.

Nah, apabila tubuh berada dalam keadaan yang normal, tiga elemen utama, yakni proton (positif), elektron (negatif), dan neutron (netral) akan memiliki jumlah yang seimbang. Kendati demikian, ada kalanya salah satu elemen menjadi dominan dan menimbulkan ketidakseimbangan.

Orang yang kelebihan elektron akan menghantarkan muatan negatif. Sementara, orang yang kelebihan proton akan menghantarkan muatan positif.

Sama seperti magnet yang hanya bisa saling tarik menarik dan menempel ketika berasal dari medan yang berbeda, muatan listrik juga begitu. Dia hanya akan bereaksi, dalam hal ini seperti tersengat listrik atau tersetrum, bila bertemu dengan muatan listrik yang berbeda.

Sebagai contoh, kebetulan tubuh Anda sedang memiliki muatan elektron yang lebih banyak. Dan tak sengaja Anda bersentuhan dengan kulit orang yang berada di sebelah Anda lalu timbul sensasi tersentrum hingga membuat kedua belah pihak tersentak.

Artinya, orang yang tak sengaja bergesekan dengan Anda adalah orang yang sedang memiliki banyak muatan proton.

Hal itu pun dibenarkan oleh dr. Tania Nathalia dari KlikDokter. Menurutnya, fenomena tersebut terjadi akibat listrik statis yang secara alami berada di dalam tubuh.1 dari 2


Kulit kering salah satu penyebabnya

Menurut dr. Tania, semakin kering kondisi kulit orang yang bersentuhan, semakin besar kemungkinannya untuk merasakan sensasi tersetrum.

Orang yang berkulit kering memang lebih sering mengalami sensasi ini ketimbang orang yang berkulit normal ataupun lembap. Sebab, kulit kering lebih bisa melepaskan elektron dengan mudah, sehingga orang tersebut akan kelebihan muatan positif (proton) di dalam tubuhnya.

“Kalau sudah demikian, jika kulitnya bergesekan dengan orang yang kelebihan muatan negatif (elektron), keduanya pasti akan merasa seperti tersetrum listrik,” jelasnya.

Kulit kering biasanya terjadi akibat udara dingin yang disinyalir membuat atom kehilangan keseimbangan antara jumlah proton dan elektron. Beda halnya bila Anda berada di area yang hangat dan lembap. Kulit pun tidak akan terasa kering dan kondisi elemen listrik di dalam tubuh akan terjaga keseimbangannya.

Intinya, semakin lembap dan hangat udara, kemungkinan untuk merasa tersetrum saat kulit saling bersentuhan akan semakin kecil.

Mencegah tersetrum saat bersentuhan dengan orang lain

Tak cuma menjaga suhu dan kelembapan udara di area sekitar, dr. Tania juga menyarankan dua hal lain bila Anda tak ingin sering merasakan sensasi tersetrum tersebut. Pasalnya, meski diketahui tidak berbahaya, sensasi tersetrum saat bersentuhan itu kerap membuat tak nyaman dan suasana pun menjadi canggung.

Adapun cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk meminimalkan risiko ini adalah menjaga kelembapan kulit dengan banyak minum air putih dan mengaplikasian losion, cairan, atau gel pelembap, khususnya ke area kulit yang memang terbilang sangat kering, seperti siku. Dan yang kedua, kenakan pakaian yang terbuat dari bahan katun.

“Pakaian berbahan katun itu kandungan kapasnya tinggi, sehingga tidak akan menghantarkan listrik.” tutur dr. Tania.

Bahan wol, polyster atau sutra dianggap paling bisa menghilangkan keseimbangan jumlah elemen listrik di dalam tubuh.

Jadi, tersetrum saat bersentuhan bukanlah fenomena yang patut Anda khawatirkan. Sebab, hal ini hanya persoalan ketidakseimbangan elemen listrik statis di dalam tubuh, khususnya antara molekul proton dan elektron yang biasanya dipicu oleh kulit kering, suhu yang dingin, dan beberapa jenis bahan pakaian. Nah, bila Anda merasa tersetrum saat tak sengaja bergesekan dengan kulit orang lain, coba langsung saja oleskan pelembap di area kulit tersebut, ya!

PELATIHAN TOTOK SYARAF JARI PETIR

* Pelatihan Online Terapi Totok Syaraf Jari Petir.. Ilmiah…Mudah.. Murah… Barokah !!! *

Pengobatan Tradisional Cina telah ditemukan lebih dari 5.000 tahun yang lalu dan mencakup berbagai praktek medis. Hidup harmonis dengan segala hal penting dalam pendekatan Cina untuk kesehatan dan kesejahteraan. Sementara ini adalah topik yang luas, fokus kami adalah pada berbagai konsep model Pengobatan Tradisional Cina yang relevan dengan penerapan terapi secara alami.

Totok Syaraf Jari Petir refleksi adalah cara penyembuhan atau mengobati penyakit melalui Totokan atau pijatan urat saraf dari sumbernya langsung. Karena sesungguhnya sang pencipta memberi pengobatan kepada tubuh manusia itu secara reflek atau langsung dengan kita melakukan aktifitas sehari-hari kita akan sehat. Karena semua titik-titik refleksi Syaraf yang di tubuh, telapak kaki dan tangan sudah mewakili setiap organ atau bagian-bagian tubuh kita. Maka jika ada bagian tubuh kita yang sakit atau fungsi sarafnya tidak normal maka titik refleksi di tangan atau di kaki akan terasa sakit. Untuk itu Pengobatannya dapat dilakukan dengan menekan beberapa titik yang ada di telapak kaki, tangan dan bisa juga dengan totok wajah.

Disusun untuk para Terapist, profesi kesehatan dan mereka yang mendapatkan pijatan secara teratur, kursus ini akan mengajarkan Anda cara memberikan pijatan akupresur untuk menghilangkan rasa sakit dan merawat diri sendiri, klien, teman, dan keluarga.

Berikut beberapa detail lebih lanjut tentang apa yang akan Anda pelajari:

1. Bagaimana menemukan titik pijat akupresur yang relevan pada tubuh untuk merangsangnya menggunakan teknik pijat akupresur khusus

2. Bagaimana menerapkan teknik pijat akupresur

3. Cara mengatasi stroke, meredakan nyeri punggung, linu panggul, nyeri leher, nyeri punggung atas, nyeri punggung bawah, lutut dan bahu dengan menggunakan kombinasi pijat akupresur tertentu

4. Bagaimana mendiagnosis sakit tertentu lewat lidah; dari mana asalnya dan cara mengobatinya dengan teknik pijat akupresur

Daftar hari ini untuk mendapatkan diskon khusus.

PELATIHAN TOTOK SYARAF JARI PETIR:

BONUS:

TOTOK MERIDIAN

Apa itu Totok Meridian?

Totok Meridian atau Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik. Gary sang Founder mengatakan sebagai “Akupuntur Plus”.

Sekilas Tentang EFT

Emotional Freedom Techniques (EFT) adalah serangkaian metode yang berorientasi pada sistem energi tubuh, untuk melepaskan individu dari gangguan emosional dan fisik.

EFT bekerja berdasarkan prinsip berikut:

“The cause of all negative emotions is a disruption in the body’s energy system.”

“Penyebab semua emosi negatif adalah gangguan pada sistem energi tubuh.”

Emosi negatif yang dialami oleh individu umumnya diawali dengan representasi internal yang buruk. Kondisi ini berlanjut oleh gangguan pada sistem energi tubuh. EFT sangat efektif untuk merestorasi sistem energi tubuh.

Pengenalan EFT Video klik: 

Manfaat EFT

EFT terbukti telah membantu melalui Mind-Body Healing Techique yang sangat berguna untuk penyakit fisik, mental (trauma, fobia- penyakit psikologi), masalah masalah kehidupan seperti kegagalan, keluh kesah dan banyak testimoni yang dibuktikan oleh banyak orang yang sudah menggunakan EFT di seluruh dunia.

InsyaAllah… Beberapa manfaat EFT dapat mengatasi masalah-masalah sebagai berikut: Trauma & Shock, PTSD (post-traumatic stress disorder), Stress, Depresi, Pelecehan Sexsual, Cemas & Marah, Phobia dan ketakutan, Relationship problems, kesedihan yang mendalam & berbagai kasus penyakit seperti diabetes, darah tinggi, asam urat, dll, Permasalahan wanita, pria dan anak-anak.

EFT juga baik untuk masalah-masalah fisik seperti:  Sakit Punggung, Sakit kepala dan Migrain, Leher kaku, Insomnia (susah tidur), Kecanduan bahan-bahan adiktif, Permasalahan berat badan, kurang kosentrasi, Permasalahan mata, Kurang bergairah, Beberapa bentuk dari dyslexia, Berhenti merokok.

EFT TRAINING

eft_tap
IMG-20200708-WA0023

Pelatihan Zoom Online

TOTOK SYARAF JARI PETIR

Meridian Akupresur

Ada 12 Organ Meridian adalah saluran berbeda yang mengedarkan energi kehidupan melalui titik-titik penyembuhan ini. Meridian Akupresur menghubungkan Titik-titik tekanan dengan semua organ dan fungsi tubuh, termasuk indra dan emosi, yang memberi nutrisi pada semua sistem. Ini termasuk kelenjar endokrin, getah bening, darah, otot, dan saraf.

Pelajari cara memvisualisasikan saluran energi ini dengan 12 Meridian. Program  ini memberikan informasi rinci tentang setiap Meridian dan mencakup perumpamaan terpandu dan latihan Akupresur.

Nomor Referensi Titik Akupresur: Untuk berlatih Akupresur Mandiri, Anda tidak perlu mengetahui sistem penamaan dan penomoran Titik yang menghasilkan nomor referensi Titik Akupresur. Tetapi akan sangat membantu untuk memahami lebih banyak tentang apa yang dirujuk angka-angka ini, karena Anda akan sering melihatnya saat Anda menjelajahi semua kekayaan materinya.

Nomor referensi Titik tekanan didasarkan pada singkatan dari nama-nama Meridian Akupresur. Misalnya, Lu 1 berarti Titik pertama di Meridian Paru, dan Lv 3 adalah Titik ketiga di Meridian Hati. Berikut adalah daftar 12 Meridian Akupresur, dalam urutan alirannya di dalam tubuh.

Saluran Meridian Akupresur Tambahan
Ada Meridian Akupresur lain yang juga ada di tubuh. Dua dari perjalanan yang paling banyak digunakan di sepanjang garis tengah tubuh, baik di depan maupun di belakang. Titik Akupresur juga ditemukan di sepanjang saluran ini, seperti CV 17, Laut Ketenangan, di tengah tulang dada.

CV – Kapal Konsepsi
GV – Governing Vessel

Energi Penyembuhan

Titik Akupresur efektif dalam menyalurkan energi penyembuhan. Ini karena hambatan listrik di permukaan kulit berkurang di tempat-tempat ini. Oleh karena itu, pekerjaan energi penyembuhan yang paling ampuh menggunakan Titik Akupresur untuk meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan.

Kebijaksanaan kesehatan Asia kuno mengakui bahwa energi kehidupan ada di mana-mana dan menghubungkan semua makhluk hidup. Dalam Pengobatan Tradisional Cina (TCM), energi kehidupan ini disebut Qi atau Chi, dan di Jepang disebut Ki. Praktik yoga mengacu pada kekuatan hidup sebagai prana. Semua istilah ini mengacu pada energi yang sama di tubuh kita dan di alam.

12 Meridian TCM adalah jalur energi tubuh. Terapi Akupresur menggerakkan energi kehidupan ini melalui Meridian untuk meningkatkan aliran dan keseimbangan. Grafik Akupresur dan Akupunktur menunjukkan di mana garis meridian berada pada tubuh, dan di mana Titik-titik tersebut berada di sepanjang garis tersebut.

Titik Akupresur adalah tempat energi diblokir, dan juga yang Anda gunakan untuk melepaskan rasa sakit atau ketegangan dengan baik. Saat energi penyembuhan mengalir melalui meridian, ini meningkatkan sirkulasi, melepaskan stres, dan menyeimbangkan tubuh. Mempelajari jalur Meridian dan Poin adalah kunci untuk menggunakan Akupresur untuk mentransmisikan energi penyembuhan Qi.

Penyumbatan Energi, baik dari stres, trauma, atau cedera, adalah awal dari semua masalah kesehatan. Aliran energi Anda memengaruhi Anda dalam banyak hal, seperti apa yang Anda rasakan, ketahanan Anda, dan bahkan cara Anda berpikir. Artinya, pikiran negatif dapat membuat penyumbatan dalam energi Anda, dan pikiran positif dapat meningkatkan kekuatan hidup Anda.

Ketika energi tubuh terhambat, ini menyebabkan ketidakseimbangan emosi, gejala fisik, atau keduanya. Karena penyumbatan energi ini terjadi di Titik Akupresur, semua metode Akupresur membantu energi kehidupan tubuh mengalir dan menjadi seimbang kembali. Berbagai metode, seperti sentuhan ringan, ketukan, atau sekadar menahan titik, bisa efektif.

Terapi Akupresur juga dapat diintegrasikan dengan banyak metode perawatan kesehatan pelengkap lainnya, yang menambah dampaknya. Contohnya termasuk sentuhan terapi, kerja somatik, citra terpandu, terapi bodywork Asia, psikologi energi, dan terapi pijat.

1603744649567
1603744772647

Program Pelatihan Online

Meskipun program pelatihan online dalam akupresur jarang terjadi, ada organisasi nirlaba yang menawarkan program sepuluh kursus yang menghasilkan diploma atau sertifikat kelulusan. Secara umum, tidak ada persyaratan pendidikan untuk pendaftaran. Secara total, siswa dapat menghabiskan sekitar 8 jam untuk menyelesaikan tugas. Topik kursus umum termasuk kelas-kelas berikut:

  1. Teknik totokan akupresur, perawatan, dan terapi
  2. Alternatif untuk akupresur
  3. Titik akupresur
  4. Bidang energi manusia

*Pelatihan Totok Syaraf Jari Petir – Bonus: Emotional Freedom Techniques (EFT)*

*VIA ZOOM MEETING* atau WA video call

Setiap:
Sabtu-Minggu 2021, Pukul: 20.00 – 21.00 WIB

*Tanggal dan Bulan di tahun 2021*

Klik dibawah ini

✅ *INVESTASI NORMAL : Rp. 700,000*
🔸 *- Early Bird I – Rp. 200,000 sd tanggal 15 *
🔸 *- Early Bird II -Rp. 350,000 sd tanggal 21
*
*FASILITAS* :
– Materi Pelatihan Web e-book, YouTube Video dan WhatsApp.
– E-Sertifikat (harga normal)
– Pembayaran sebelum tanggal 10 & mengajak minimal 2 peserta akan mendapatkan *BONUS FREE Workshop EFT* via ZOOM.

Ayo daftar sekarang untuk dapatkan harga early birdnya dengan melakukan pembayaran ke Rekening:
Rek BCA no: 4740628670 a.n Muhammad Adib.

Konfirmasi bukti transfer.

Informasi hubungi di:
*Hp/ Wa: 0811.187375*

KLINIK TOTOK SYARAF JARI PETIR

JL. KENARI 2 BLOK C8/ 16, PERUMAHAN VILA DAGO TOL. CIATER, SERPONG.

TANGERANG SELATAN 15414

TERAPI SESUAI SYAR’I

  • Pasien Ikhwan  oleh Terapist Ikhwan
  • Pasien Akhwat oleh Terapist Akhwat

Insyaallah dapat mengatasi berbagai gangguan penyakit Medis dan Non Medis seperti:

  • Medis: Stroke, Kanker, Syaraf, Sendi,  Jantung, Rematik, Asma, Alergi, Migrain, Diabetes, Kolesterol, Maag, Sakit Punggung, Sakit kepala dan Migrain, Leher kaku, Insomnia (susah tidur), Kecanduan bahan-bahan adiktif, Permasalahan berat badan, kurang konsentrasi, Permasalahan mata, Kurang bergairah, Beberapa bentuk dari kecanduan, Berhenti merokok.  dll.
  • Non Medis: Emosi, Pikiran, Psikosomatis, Gangguan Sihir/ Jin, Trauma & Shock, PTSD (post-traumatic stress disorder), Stress, Depresi, Pelecehan Sexsual, Cemas & Marah, Phobia dan ketakutan, Relationship problems, kesedihan yang mendalam & berbagai kasus penyakit emosi seperti Permasalahan keluarga, wanita, pria dan anak-anak.

Hubungi HP/ WA: 0811 187375

Akupresur untuk Stroke

12 MERIDIAN

Titik Sistem Penyembuhan untuk Stroke :

Petunjuk Penggunaan Akupresur
Untuk merangsang titik akupuntur dengan benar, Anda harus menerapkan tekanan probing yang dalam. Oleh karena itu, berikan tekanan hanya dengan:

gunakan ujung

use finger tip
use a knuckle

Temukan poin

Anda dapat menelusuri area atau gejala nyeri untuk mendapatkan daftar titik akupuntur untuk dicoba. Gambar dan teks memberikan perkiraan lokasi suatu titik. Lebar ibu jari dan lebar telapak tangan (lebar di empat jari, tidak termasuk ibu jari) yang ditunjukkan pada diagram mengacu pada orang yang dirawat. Jelajahi area dengan tekanan probing yang dalam, sampai titik yang tepat muncul dengan sentakan tajam. Ini dimulai sebagai sentakan, dan setelah beberapa saat menjadi sensasi mati rasa, atau kesemutan yang memancar dari titik itu. Ini bisa sangat mengejutkan untuk pertama kalinya, tetapi sensitivitas menurun seiring dengan pengalaman.

Berikan tekanan, tarik napas dalam-dalam, rileks
Saat Anda sudah menemukan intinya, berikan tekanan selama 15 hingga 30 detik. Ulangi menggunakan titik yang sama di sisi lain tubuh Anda. Anda akan segera merasa lega. Anda mungkin merasakan pelepasan ketegangan, drainase sinus, atau keringat. Anda mungkin bersendawa atau buang angin. Terkadang titik-titik di sisi tubuh yang berlawanan akan memiliki efek yang berbeda. Jika gejala meningkat, jangan gunakan sisi atau titik itu.

Bagaimana jika poin pertama tidak membantu?
Jika poin pertama tidak berhasil, coba poin atau poin berikutnya sampai Anda menemukan poin yang berhasil. Mungkin ada lebih dari satu pendekatan untuk gejala Anda, seperti “ginjal” vs. “sakit punggung”. Saat Anda menemukan titik yang membantu, gunakan titik itu. Jika rasa lega hanya sementara, rangsang kembali intinya. Terkadang rasa sakit akan hilang dan kembali tiga atau empat kali, lebih sedikit setiap kali.

Tips penggunaan yang efektif
Temukan tempat yang tenang, duduk atau berbaring, rileks. Hindari musik keras, olahraga, makanan, obat-obatan atau alkohol sambil merangsang titik akupuntur.

Bagaimana cara kerjanya?
Menurut pengobatan tradisional Tiongkok (TCM), tubuh manusia membungkus aliran bioenergi yang berkelanjutan, atau daya kehidupan, yang disebut “chi,” ki “atau” qi. “Kekuatan hidup ini terdiri dari sifat-sifat yang saling terkait dan saling terkait yang dikenal sebagai” yin ” dan “yang,” atau wanita / pria, gelap / terang, negatif / positif, yang mengilhami dan memengaruhi segala sesuatu di sekitar kita di dunia alami, dan juga di dalam diri kita. Chi mengalir masuk dan keluar tubuh melalui jalur yang disebut “meridian, “mempengaruhi fungsi semua organ. Ketika Yin dan Yang seimbang, kita menjadi sehat. Ketika alirannya terganggu atau tidak harmonis, timbul penyakit dan rasa sakit. Di sepanjang meridian terdapat sejumlah besar titik tekanan yang bertindak sebagai” katup ” untuk aliran chi. Merangsang titik akupuntur dapat membantu memulihkan keseimbangan, menghilangkan gejala.

Tian Chuang (SI-16)

Digunakan untuk mempengaruhi sirkulasi di dalam arteri vertebralis. Berguna untuk berbagai kondisi neurologis termasuk MS, alzheimer, dan stroke.

Drawing Acupuncture Point SI16 Tianchuang, 3D Illustration Stock  Illustration - Illustration of alternative, acupoints: 93440347

TH 16 (TW 16) –

Martial arts - Pressure points: 7. Triple Warmer 11 (TW-11)
Acupressure Point TW16 – HerbalShop

Jendela titik langit, digunakan untuk mempengaruhi sirkulasi di arteri vertebralis dan oksipital. Digunakan dengan berbagai masalah otak yang berkaitan dengan sirkulasi.

Huatuo C1 – mempengaruhi komunikasi ke dan dari otak dan meningkatkan sirkulasi di area GV 20.

Acupuncture For Asthma - Plastic surgery Thailand,cosmetic surgery  Thailand, laser surgery Thailand, plastic surgery,Thailand, cosmetic  surgery Thailand,breast augmentation, face lift, liposuction, nose surgery,  Tummy tuck,

GV 20 – berguna untuk stroke dan semua masalah korteks motorik.

Modern Reflexology on Twitter: "The #GV20 #Acupuncture point is a great  point to raise the #Yang. #Reflexology #ModernReflexology… "


LV 3 – menurunkan angin hati dan meningkatkan sirkulasi energi yang lancar.

3 Acupuncture Points Linked to Relieve Insomnia and Other Sleep Issues -  Natural Beauty Skin Care


LI 4 – Angin jernih dari wajah dan kepala.

5 Best Acupuncture Points You Can Easily Press and Improves Symptoms Chosen  by 100 Acupuncturists (5/5) - Cozy Acupuncture in Salem, MA


SI 17 – window of the sky point, sangat berguna untuk masalah wajah, kelumpuhan, sakit kepala, TMJ, serta tekanan darah tinggi.

Acupressure Point SI17 – HerbalShop


ST 36 – tonifikasi energi secara keseluruhan dan tingkatkan sirkulasi yang baik.

Acupuncture Point ST36 - Zusanli - Stomach | Acupuncture, Acupuncture points,  Meridian acupuncture

* Poin penting untuk tuina: Tiandong, semua titik jendela langit, GV 20, huatuo dari C1 dan kemudian umumnya di leher dan tulang belakang hingga ke area bermasalah.

SYARAF KEJEPIT & HNP

Nyeri Pinggang dan Herniated Nucleus Pulposus (HNP)

By pdpersi.co.id

Surabaya – Pernah mendengar atau mengalami langsung nyeri pada pinggang secara tiba-tiba ketika berusaha mengangkat beban berat? Atau mungkin nyeri pinggang yang tidak diketahui dengan jelas penyebabnya? Banyak sekali penyebab nyeri pinggang pada manusia. Bisa karena infeksi pada otot atau tulang belakang, trauma atau benturan yang hebat pada pinggang, kelainan tulang belakang, dll. Salah satu yang cukup sering adalah yang dinamakan Herniated Nucleus Pulposus (HNP). Hal ini pastilah sangat menganggu, bukan hanya menimbulkan rasa tidak nyaman atau sakit, tapi juga menghambat produktifitas di kehidupan sehari-hari.

Dan di kalangan medis, secara umum keluhan ini disebut LBP (Low Back Pain). Nyeri ini bisa dikarenakan kekakuan atau cedera terbatas pada otot dan struktur sendi lainnya, karena proses peradangan di dalam rongga tulang panggul, proses sumbatan pada saluran kemih atau pun cedera yang langsung mengenai saraf yang ada di sekitar lokasi tersebut. HNP menjadi salah satu dari kelainan yang juga awalnya dirasakan nyeri pada areal sekitar pinggang.

Apa itu HNP?
Hernia Nucleus Pulposus (HNP) atau biasa dikenal masyarakat sebagai ”syaraf terjepit”, suatu gangguan akibat merembes (menonjol) atau melelehnya (hernia) lapisan atau bantalan permukaanruas tulang belakang (nucleus pulposus) dari ruang anatar ruas tulang (discus intervertebralis).

Tonjolan atau merembesnya HNP tersebut dapat menyebabkan penekanan pada syaraf tulang belakang dan syaraf tepi (yaitu, saraf yang berasal dari syaraf tulang belakang).
Seperti halnya nyeri punggung, HNP paling sering terjadi di daerah punggung bawah atau disebut HNP lumbalis, paling sering (90%) mengenai diskus invertebralis L5-S1 dan L4-L5. HNP di daerah punggung atas sampai leher jarang terjadi hanya sekitar 8% dari seluruh kasus HNP. HNP lumbalis akan membaik dalam waktu kira-kira 6 minggu. Tindakan pembedahan jarang diperlukan kecuali pada keadaan tertentu.

Bagaimana membedakan dengan nyeri punggung oleh penyebab lainnya?
Nyeri oleh karena HNP yang menjepit saraf rasanya lebih menggigit, terasa seperti terbakar atau seperti terkena sengatan listrik. Dirasakan menjalar ke bagian bawah dan jika lebih parah lagi akan terasa nyerinya dari belakang paha menyebar ke bagian bawah hingga betis pada satu sisi. Nyeri dapat timbul setiap saat tidak terbatas apakah sedang beraktifitas atau lagi istirahat. Berbeda dengan nyeri akibat gangguan di saluran kemih. Jika hambatan ada di ginjal, nyeri terasa lebih di ats pinggang, kemeng dan penderita merasa sebatas tidak nyaman saja. Kalau hambatan berada di dalam saluran bagian bawahnya dapat  menimbulkan nyeri kolik, kumat-kumatan, saat parah hingga menimbulkan muntah dan susah melokalisir asal nyeri. 

Nyeri karena peradangan organ bagian dalam, akan tersebar ke bagian perut bawah dan bertambah jika disentuh atau ditekan. Waktu munculnya nyeri relatif lebih konstan. Pada tahap yang lebih ringan, bisa juga dibedakan dengan nyeri akibat kekakuan atau hanya pegal-pegal pada otot pinggang.

Apa penyebab terjadinya HNP?
Penyebab HNP ini berbagai macam. Faktor resikonya antara lain adalah merokok, batuk yang terlalu lama, cara duduk yang salah, menyetir terlalu sering, cara mengangkat barang yang salah, dll. Seiring denagn bertambahnya usia, kemampuan cakram untuk menjalankan fungsinya juga menurun. Faktor-faktor di atas dapat menyebabkan terjadinya herniasi, yaitu keluarnya suatu organ melalui suatu celah dalam tubuh. HNP dapat dianalogikan seperti terjadinya “turun bero”, tetapi pada daerah tulang belakang. Dapat dilihat pada gambar di bawah ini bahwa nukleus pulposus tersebut keluar dari dalam bantalan melalui dinding bantalan melalui dinding bantalan yang lemah, maka nukleus pulposus masuk ke dalam rongga ruas tulang belakang; keadaan inilah yang disebut hernia nukleus pulpolus (HNP). Tergantung besar kecilnya, HNP dapat menyebabkan penekanan pada saraf tulang belakang saraf tepi.

Gejala Klinis
Gejala klinis HNP berbeda-beda tergantung lokasinya. HNP di daerah leher lazim menimbulkan gejala berupa nyeri saat leher digerakkan, nyeri leher di dekat telinga atau di sekitar tulang belikat, dan nyeri yang menjalar ke arah bahu, lengan atas, lengan bawah dan jari-jari. Selain nyeri, juga dapat ditemukan rasa kesemutan dan tebal di daerah yang kurang lebih sama dengan rasa nyeri tersebut. Di daerah punggung bawah, gejala klinis HNP menyerupai HNP leher. Rasa nyeri terasa di daerah pinggang, pantat dan menjalar ke arah betis dan kaki. Seringkali juga terasa sensasi kesemutan dan tebal pada salah satu atau kedua tungkai bawah
.
Gejala-gejala HNP tersebut lazim timbul perlahan-lahan dan semakin terasa hebat jika duduk atau berdiri dalam waktu lama, pada waktu malam hari, setelah berjalan beberapa saat, pada saat batuk atau bersin, serta ketika punggung dibungkukkan ke arah depan. Gejala klinis pada setiap pasien berbeda-beda tergantung pada lokasi dan derajadnya.
HNP pada punggung bawah di daerah yang disebut L1-L2 dan L2-L3 menyebabkan nyeri dan rasa tebal pada sisi depan-samping luar paha. Juga dapat terjadi kelemahan otot-otot untuk menggerakkan sendi paha ke arah perut. HNP di daerah ini jarang terjadi dibandingkan daerah punggung bawah yang lain.

HNP di daerah L3-L4 menimbulkan nyeri di daerah pantat, sisi samping luar paha dan sisi depan betis. Rasa tebal atau kesemutan dapat dirasakan pada sisi depan betis.
Di daerah L4-L5, HNP menyebabkan nyeri di daerah pantat, sisi belakang paha, sisi depan samoing luar betis sampai daerah punggung kaki.

Sementara HNP L5-S1 mengakibatkan nyeri di daerah pantat, sisi belakang paha dan betis sampai ke tumit serta telapak kaki. Rasa tebal dan kesemutan terasa di daerah betis sampai telapak kaki. HNP di kedua daerah ini (yaitu, L4-L5 dan L5-S1) paling sering terjadi.
Pada kasus yang ekstrem, HNP di daerah punggung bwah dapat menyebabkan penekanan sekelompok serabut saraf yang disebut “kauda equina” (bahasa latin yang berarti “ekor kuda”). HNP ini disebut sebagi “ syndrom kauda equina” dengan gejal=gejala nyeri, kesemutan, aras tebal, serta kelemahan atau kelumpuhan kedua tungkai. 

Gejal-gejala tersebut juga disertai ketidakmampuan menahan kencing (mengompol) dan buang air besar. Sindrom ini merupakan suatu keadaan yang serius dan gawat, serta membutuhkan tindakan pembedahan secepatnya.

Diagnosis
Selain berdasarkan gejala-gejala yang dialami oleh penderita, cara terbaik untuk mengetahui ada tidaknya HNP adalah dengan melakukan pemeriksaan MRI. Selain itu, untuk memastikan bahwa HNP yang ditemukan pada MRI memang menjadi penyebab keluhan penderita, perlu dilakukan pemeriksaan EMG (pemeriksaan fungsi  hantaran saraf).

Perlu diketahui bahwa HNP tidak terlihat pada foto rontgen biasa. Pada pasien HNP, foto rontgen dilakukan untuk menentukan ada tidaknya HNP, tetapi untuk mengesampingkan kelainan-kelainan lain (selain HNP) yang dapat menyebabkan nyeri punggung.

Pengobatan
Sebagian besar HNP dapat diobati dengan pengobatan tanpa operasi, terutama jika ditemukan secara dini. Kasus yang telah lama dan berat biasanya memerlukan tindakan operasi.

Pengobatan non-bedah meliputi istiraht berbaring jika nyeri benar-benar berat. Istiraht sebaiknya tidak lebih dari 2 hari karena jika lebih lama akan memperlemah otot-otot punggung. Selain istirahat, nyeri dapat dikurangi dengan obat-obat anti nyeri.

Fisioterapi dapat bermanfaat, khususnya pada keadaan nyeri akut ( mulai timbul tau bertambah berat secara mendadak). Fisioterapi dapat berupa diatermi untuk membuat otot punggung rileks dan TENS (Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation) uanutk mengurangi nyeri. Dan di Instalasi Rehabilitasi Medik RS Darmo, penderita akan mendapatkan penanganan secara menyeluruh mulai dari diagnosis pemeriksaan awal seperti EMG-NCV sampai dengan penanganannya. Instalasi Rehabilitasi Medik ini dapat melayani penderita setiap hari dengan perjanjian, oleh dokter spesialis di bidang tersebut.

Instansi Rehab Medik juga didukung oleh para terapis yang profesioanal dan berpengalaman  di bidanganya.

Para ahli sepakat bahwa waktu yang diperlukan untuk menilai apakah pengobatan non-bedah berhasil atau tidak adalah 3-6 minggu. Jika tidak berhasil, maka pembedahan perlu dilakukan untuk menyembuhkan HNP.

Dewasa ini, para ahli di bidang bedah sedang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu teknik operasi yang menghasilkan suatu sayatan yang minimal, atau bahkan tanpa sayatan. Teknik ini dinamakan minimally invasive surgery.

Teknik ini memungkinkan masa perawatan yang jauh lebih cepat daripada operasi terbuka. Dan bagi pasien yang mengutamakan segi estetik, teknik ini dapat dibuat dengan sayatan dan bekas luka kecil. Perkembangan teknik ini di dunia penyakit HNP menghasilkan berbagai macam teknik antara lain nucleotome, laser central decompression dan directed fragmentectomy. Setiap teknik pasti mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. 

Seperti contohnya teknik central decompression yang salah satunya dapat menggunakan suatu zat kimia bernama cymopapain yang dapat menyebabkan reaksi alergi dan spasme (ketegangan) dari otot. Pada prinsipnya, teknik minimally invasive ini menggunakan suatu alat yang dinamakan artroskopi. Alat ini merupakan suatu alat yang menggunakan suatu alat yang menggunakan suatu tabung berdiameter kecil yang panjang sehingga memungkinkan untuk dimasukkan ke dalam tubuh dengan sayatan yang kecil. Tabung ini dilengkapi dengan alat yang dibutuhkan untuk operasi serta kamera yang memungkinkan dokter bedah melihat organ di dalam tubuh melaui layar. Keuntungan teknik ini selain dari kecilnya sayatan yang ditimbulkan, gambar yang terlihat dari layar dapat diperbesar puluhan kali sehingga kelainan yang kecilpun dapat terlihat dengan jelas.

Bagi anda yang sangat terganggu dengan nyeri pinggang yang disebabkan oleh HNP, anda dapat memikirkan untuk menjalani operasi ini. Tetapi tentunya anda harus menemui dokter spesialis ortopaedi dan traumatologi terlebih dahulu untuk mendiskusikan tentang teknik yang akan dipilih serta mengetahui keuntungan dan resiko dari operasi itu.

Untuk anda yang takut akan di operasi ada banyak cara pengobatan alternatif yang bisa anda pilih..

Source : Green Darmo Hospital Magazine Edisi : Juni – Agustus 2011

Herniated Nucleus Pulposus (HNP)

I.    PENDAHULUAN

Diskus intervertebral dibentuk oleh dua komponen yaitu; nukleus pulposus yang terdiri dari serabut halus dan longgar, berisi sel-sel fibroblast dan dibentuk oleh anulus fibrosus yang mengelilingi nukleus pulposus yang terdiri dari jaringan pengikat yang kuat.

Nyeri tulang belakang dapat dilihat pada hernia diskus intervertebral pada daerah lumbosakral, hal ini biasa ditemukan dalam praktek neurologi. Hal ini biasa berhubungan dengan beberapa luka pada tulang belakang atau oleh tekanan yang berlebihan, biasanya disebabkan oleh karena mengangkat beban/ mengangkat tekanan yang berlebihan (berat). Hernia diskus lebih banyak terjadi pada daerah lumbosakral, juga dapat terjadi pada daerah servikal dan thorakal tapi kasusnya jarang terjadi. HNP sangat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja, tetapi terjadi dengan umur setelah 20 tahun.

Menjebolnya (hernia) nucleus pulposus bisa ke korpus vertebra diatas atau di bawahnya. Bisa juga menjebol langsung ke kanalis vertbralis. Menjebolnya sebagian dari nucleus pulposus ke dalam korpus vertebra dapat dilihat dari foto roentgen polos dan dikenal sebagai nodus Schmorl. Robekan sirkumferensial dan radikal pada nucleus fibrosus diskus intervertebralis berikut dengan terbentuknya nodus schomorl merupakan kelainan mendasari “low back pain”sub kronik atau kronik yang kemudian disusun oleh nyeri sepanjang tungkai yang dikenal sebagai khokalgia atau siatika

II.  DEFINISI:

Hernia Nukleus pulposus (HNP) atau potrusi Diskus Intervertebralis (PDI) adalah suatu keadaan dimana terjadi penonjolan pada diskus intervertebralis ke dalam kanalis vertebralis (protrusi diskus ) atau nucleus pulposus yang terlepas sebagian tersendiri di dalam kanalis vertebralis (rupture discus).

III. EPIDEMIOLOGI

HNP sering terjadi pada daerah L4-L5 dan L5 –S1 kemudian pada C5-C6 dan paling jarang terjadi pada daerah torakal, sangat jarang terjadi pada anak-anak dan remaja tapi kejadiannya meningkat dengan umur setelah 20 tahun.

IV. INSIDENS

  • Hernia Iumbo Sakral lebih dari 90 %
  • Hernia Sercikal 5-10 % .

V.   ETIOPATO FISIOLOGI

Nukleus pulposus terdiri dari jaringan penyambung longgar dan sel-sel kartilago yang mempunyai kandungan air yang tinggi. Nukleus pulposus bergerak, cairan menjadi padat dan rata serta melebar dibawah tekanan dan menggelembungkan annulus fibrosus.

Menjebolnya nukleus pulposus ke kanalis vertebralis berarti bahwa nukleus pulposus menekan pada radiks yang bersama-sama dengan arteri radikulasi berada dalam bungkusan dura. Hal ini terjadi bila penjebolan di sisi lateral. Bilamana tempat herniasinya di tengah, maka tidak ada radiks yang terkena.

Salah satu akibat dari trauma sedang yang berulangkali mengenai diskus intervertebrais adalah terobeknya annulus fibrosus. Pada tahap awal, robeknya anulus fibrosus itu bersifat sirkumferensial, karena gaya traumatik yang berkali-kali, berikutnya robekan itu menjadi lebih besar dan disamping itu timbul sobekan radikal. Kalau hal ini sudah terjadi, maka soal menjebolnya nukleus pulposus adalah soal waktu dan trauma berikutnya saja.

V.1 Hernia Lumbosacralis

Penyebab terjadinya lumbal menonjol keluar, bisanya oleh kejadian luka posisi fleksi, tapi perbandingan yang sesungguhnya pada pasien non trauma adalah kejadian yang berulang. Proses penyusutan nukleus pulposus pada ligamentum longitudinal posterior dan annulus fibrosus dapat diam di tempat atau ditunjukkan/dimanifestasikan dengan ringan, penyakit lumbal yang sering kambuh. Bersin, gerakan tiba-tiba, biasa dapat menyebabkan nucleus pulposus prolaps, mendorong ujungnya/jumbainya dan melemahkan anulus posterior. Pada kasus berat penyakit sendi, nucleus menonjol keluar sampai anulus atau menjadi “extruded” dan melintang sebagai potongan bebas pada canalis vertebralis. Lebih sering, fragmen dari nucleus pulposus menonjol sampai pada celah anulus, biasanya pada satu sisi atau lainnya (kadang-kadang ditengah), dimana mereka mengenai menimpa sebuah serabut atau beberapa serabut syaraf. Tonjolan yang besar dapat menekan serabut-serabut saraf melawan apophysis artikuler.

V.2 Hernia Servikalis

Keluhan utama nyeri radikuler pleksus servikobrakhialis. Penggerakan kolumma vertebralis servikal menjadi terbatas, sedang kurvatural yang normal menghilang. Otot-otot leher spastik, kaku kuduk, refleks biseps yang menurun atau menghilang Hernia ini melibatkan sendi antara tulang belakang dari C5 dan C6 dan diikuti C4 dan C5 atau C6 dan C7. Hernia ini menonjol keluar posterolateral mengakibatkan tekanan pada pangkal syaraf. Hal ini menghasilkan nyeri radikal yang mana selalu diawali gejala-gejala dan mengacu pada kerusakan kulit.

V.3 Hernia Thorakalis

Hernia ini jarang terjadi dan selalu berada digaris tengah hernia. Gejala-gejalannya terdiri dari nyeri radikal pada tingkat lesi yang parastesis. Hernia dapat menyebabkan melemahnya anggota tubuh bagian bawah, membuat kejang paraparese kadang-kadang serangannya mendadak dengan paraparese.

Penonjolan pada sendi intervertebral toracal masih jarang terjadi(menurut love dan schorm 0,5 % dari semua operasi menunjukkan penonjolan sendi). Pada empat thoracal paling bawah atau tempat yang paling sering mengalami trauma jatuh dengan posisi tumit atau bokong adalah faktor penyebab yang paling utama.

VI. GAMBARAN KLINIK

VI.1 Henia Lumbosakralis

Gejala pertama biasanya low back pain yang mula-mula berlangsung dan periodik kemudian menjadi konstan. Rasa nyeri di provokasi oleh posisi badan tertentu, ketegangan hawa dingin dan lembab, pinggang terfikasi sehingga kadang-kadang terdapat skoliosis. Gejala patognomonik adalah nyeri lokal pada tekanan atau ketokan yang terbatas antara 2 prosesus spinosus dan disertai nyeri menjalar kedalam bokong dan tungkai. “Low back pain” ini disertai rasa nyeri yang menjalar ke daerah iskhias sebelah tungkai (nyeri radikuler) dan secara refleks mengambil sikap tertentu untuk mengatasi nyeri tersebut, sering dalam bentuk skilosis lumbal.

Syndrom Perkembangan lengkap syndrom sendi intervertebral lumbalis yang prolaps terdiri :

  1. Kekakuan/ketegangan, kelainan bentuk tulang belakang.
  2. Nyeri radiasi pada paha, betis dan kaki
  3. Kombinasi paresthesiasi,  lemah, dan kelemahan refleks

Nyeri radikuler dibuktikan dengan cara sebagai berikut :

  1. Cara Kamp. Hiperekstensi pinggang kemudian punggung diputar kejurusan tungkai yang sakit, pada tungkai ini timbul nyeri.
  2. Tess Naffziger. Penekanan pada vena jugularis bilateral.
  3. Tes Lasegue. Tes Crossed Laseque yang positif dan Tes Gowers dan Bragard yang positif.

Gejala-gejala radikuler lokasisasinya biasanya di bagian ventral tungkai atas dan bawah. Refleks lutut sering rendah, kadang-kadang terjadi paresis dari muskulus ekstensor kuadriseps dan muskulus ekstensor ibu jari.

VI. 2 Hernia servicalis

  • Parasthesi dan rasa sakit ditemukan di daerah extremitas (sevikobrachialis)
  • Atrofi di daerah biceps dan triceps
  • Refleks biceps yang menurun atau menghilang
  • Otot-otot leher spastik dan kakukuduk.

VI.3 Hernia thorakalis

  • Nyeri radikal
  • Melemahnya anggota tubuh bagian bawah dapat menyebabkan kejang paraparesis
  • Serangannya kadang-kadang mendadak dengan paraplegia

VII.     GAMBARAN RADIOLOGIS

      Dapat dilihat hilangnya lordosis lumbal, skoliosis, penyempitan intervertebral,“spur formation”  dan perkapuran dalam diskus. Bila gambaran radiologik tidak jelas, maka sebaiknya dilakukan punksi lumbal yang biasanya menunjukkan protein yang meningkat tapi masih dibawah 100 mg %.

VIII.    DIAGNOSIS

  1.      Diagnosis ditegakkan berdasarkan amanesis, gambaran klinis dan gambaran radiologis. Ada adanya riwayat mengangkat beban yang berat dan berualangkali, timbulnya low back pain. Gambaran klinisnya berdasarkan lokasi terjadinya herniasi.
  2. Diagnosa pada hernia intervertebral , kebocoran lumbal dapat ditemukan secepat mungkin. Pada kasus yang lain, pasien menunjukkan perkembangan cepat dengan penanganan konservatif dan ketika tanda-tanda menghilang, testnya tidak dibutuhkan lagi. Myelografi merupakan penilaian yang baik dalam menentukan suatu lokalisasi yang akurat yang akurat.

IX. DIAGNOSIS BANDING

  1. Tumor tulang spinalis yang berproses cepat, cairan serebrospinalis yang berprotein tinggi. Hal ini dapat dibedakan dengan menggunakan myelografi.
  2. Arthiritis
  3. Anomali colum spinal.

X.   PENATALAKSANAAN

X.1    Hernia Lumbosacralis: Pada fase akut, pasien tidur diatas kasur yang keras beralaskan papan dibawahnya. Traksi dengan beban mulai 6 Kg kemudian berangsur-angsur dinaikkan 10 Kg. pada hernia ini dapat diberikan analgetik salisilat

X.2    Hernia Servicalis: Untuk HNP sevicalis, dapat dilakukan traksi leher dengan kalung glisson, berat beban mulai dari 2 Kg berangsur angsur dinaikkan sampai 5 Kg. tempat tidur dibagian kepala harus ditinggikan supaya traksi lebih efektif.

Untuk HNP yang berat, dapat dilakukan terapi pembedahan pada daerah yang rekuren. Injeksi enzim chympapim kedalam sendi harus selalu diperhatikan.

XI. PROGNOSIS: Terapi konservatif yang dilakukan dengan traksi merupakan suatu perawatan yang praktis dengan kesembuhan maksimal. Kelemahan fungsi motorik  dapat menyebabkan atrofy otot dan dapat juga terjadi pergantian kulit.

Hernia Nukleus Pulposus (HNP) adalah kondisi ketika bantalan atau cakram di antara vertebrata (tulang belakang) keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada di belakangnya. Kondisi ini juga disebut dengan istilah “saraf terjepit”.

Hernia Nukleus Pulposus – Alodokter

HNP umumnya menyerang bagian keempat atau kelima vertebra lumbal (di punggung bawah) atau vertebra serviks (di leher), khususnya pada penderita dewasa yang sudah memasuki umur senja.

Penyebab Hernia Nukleus Pulposus
Di antara ruas tulang belakang terdapat bantalan, dengan bagian tengah yang kenyal seperti jelly dan lapisan luar berupa selubung yang kuat. Seiring bertambahnya usia atau akibat cedera, dapat terjadi penurunan kekuatan dan elastisitas dari bantalan ini, sehingga bagian dalam dari bantalan dapat menonjol keluar dan menekan saraf. Kondisi tersebut mengakibatkan penderita mengalami rasa nyeri hingga penurunan kemampuan gerak fisik.

Selain faktor umur dan cedera, adapun beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena hernia nukleus pulposus, seperti:

Genetika. Kondisi yang diturunkan dari salah satu anggota keluarga yang memiliki riwayat HNP.
Obesitas. Penekanan pada tulang punggung dikarenakan berat tubuh berlebih.
Merokok. Asap rokok dapat menurunkan kadar oksigen pada cakram dan meningkatkan risiko pengikisan pada tulang punggung.
Mengangkat beban berat. Seseorang yang sering mengangkat atau mendorong beban berat secara berulang dengan postur tubuh yang salah, berpotensi mengalami HNP.
Gejala Hernia Nukleus Pulposus
Tidak semua penderita HNP merasakan gejala tertentu dan hanya mengetahuinya saat melakukan tes pemindaian. Akan tetapi, sebagian besar penderita biasanya mengalami gejala, yang berupa:

Nyeri pada kaki atau bahu, dengan intensitas yang dapat meningkat saat batuk, bersin, atau bergerak dalam posisi tertentu.
Melemahnya fungsi otot sehingga menurunkan kemampuan penderita dalam bergerak, membungkuk, atau memindahkan barang.
Beberapa titik anggota tubuh mengalami sensasi kesemutan atau kaku. Biasanya di sekitar punggung, bahu, tangan, tungkai, dan kaki.
Gejala-gejala tersebut terkadang dirasakan juga oleh penderita nyeri punggung ringan akibat keseleo atau terpelintir. Dianjurkan untuk menemui dokter apabila seseorang merasakan gejala di atas agar bisa diketahui penyebabnya.

Diagnosis Hernia Nukleus Pulposus
Mengingat terdapat beberapa potensi penyakit lainnya yang memiliki gejala serupa dengan hernia nukleus pulposus, dokter akan mengevaluasi gejala, melakukan tes fisik (termasuk mengukur kemampuan berjalan, kekuatan otot, refleks, dan kemampuan sensorik), serta serangkaian tes lanjutan untuk memeriksa kondisi tulang dan saraf. Di antaranya adalah:

Tes pemindaian, seperti CT scan (untuk mendapatkan gambaran tentang kondisi kolom tulang belakang dan struktur di sekitarnya), MRI (untuk memastikan di mana lokasi terjadinya HNP dan saraf mana yang ikut terpengaruhi), mielogram (untuk melihat adanya tekanan pada saraf tulang belakang dan saraf lainnya), serta foto Rontgen (untuk memastikan bahwa gejala yang dialami pasien bukan disebabkan oleh patah tulang, tumor, atau infeksi).
Tes darah, untuk memeriksa jika terdapat peradangan atau infeksi.
Pemeriksaan saraf. Tes ini bertujuan untuk melihat lokasi terjadinya kerusakan saraf secara akurat. Metode yang biasanya dipakai adalah pemeriksaan konduksi saraf dan elektromiogram (EMG).
Pengobatan Hernia Nukleus Pulposus
Pengobatan HNP akan disesuaikan dengan tingkat keparahan gejala yang dialami oleh penderita. Beberapa cara yang biasanya disarankan dokter adalah melalui obat-obatan, terapi, atau operasi.

Obat-obatan
Berikut ini adalah beberapa jenis obat-obatan yang mungkin disarankan dokter:

Obat pereda nyeri. Jika kondisi yang dialami pasien termasuk ringan, obat pereda nyeri seperti ibuprofen, paracetamol, dan naproxen bisa digunakan. Walau obat-obatan ini dijual bebas, penderita disarankan untuk berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter agar dosis dapat disesuaikan.
Obat opioid. Jika pasien mengalami nyeri hebat atau nyeri tidak mereda setelah mengonsumsi obat pereda rasa sakit di atas, obat golongan opioid, seperti codein atau kombinasi oxycodone-paracetamol dapat diberikan. Namun obat jenis ini hanya dapat dikonsumsi dalam jangka waktu pendek.
Obat penenang otot. Obat ini akan diresepkan bagi pasien yang mengalami kejang otot.
Obat antikonvulsan. Walaupun obat ini umumnya digunakan untuk mengontrol kejang, antikonvulsan juga dapat digunakan sebagai pereda nyeri saraf yang terjepit.
Suntikan kortikosteroid. Suntikan antiinflamasi streoid umumnya diberikan secara langsung di titik saraf yang bermasalah.
Obat kortikosteriod oral. Dalam kasus tertentu, dokter dapat memberikan obat kortikosteriod oral, seperti prednisone atau methylprednisolone, untuk meredakan peradangan dan pembengkakan.
Terapi

Alhamdulillah. .Biidznillah. .
Sakit Syaraf Kejepit HNP minum *Biosaipress Herbal Sunnah* dalam 30 menit reaksi cepat ..
Subhanallah..

Reseller dan pesan:
Wa. 086697968001
Hp. 0811187375

Secara umum, HNP dapat membaik dalam hitungan hari atau minggu. Namun, jika gejala yang dialami pasien tidak kunjung reda, saran untuk melakukan terapi fisik, seperti olahraga peregangan otot dan latihan posisi tubuh tertentu, akan diberikan. Terdapat juga beberapa jenis olahraga ringan yang dapat dilakukan di rumah, seperti jalan santai dan yoga. Atau terapi lainnya, seperti akupunktur, pijat, dan perawatan chiropratic.

Operasi

Hanya sebagian kecil kasus hernia nukleus pulposus memerlukan tindakan operasi untuk pemulihan. Dokter biasanya akan menyarankan penderita melakukan tindakan operasi jika:

Gejala tidak mereda setelah 6 minggu pengobatan.
Otot melemah dan kaku.
Kesulitan berdiri atau berjalan.
Tidak dapat mengontrol kemih.
Tindakan operasi yang dilakukan adalah disektomi, yaitu pemotongan dan pengangkatan sebagian atau seluruh bantalan yang menjepit saraf. Apabila dilakukan pengangkatan bantalan secara keseluruhan, maka tulang belakang dapat disangga dengan pemasangan logam atau pemasangan cakram buatan sebagai pengganti bantalan.

Walaupun operasi menjadi pilihan terbaik untuk pemulihan, perlu diingat bahwa pasien masih perlu menjaga kondisi dan mengubah pola aktivitas untuk menghindari efek samping atau komplikasi pasca operasi. Untuk mengoptimalkan pemulihan, dokter biasanya akan merekomendasikan program terapi dan rehabilitasi.

Penderita juga dapat meredakan gejala HNP di rumah jika kondisi tidak parah, seperti:

Mengompres dengan air es untuk meredakan rasa nyeri dan peradangan, dilanjutkan dengan kompres air hangat untuk memberi rasa nyaman.
Menghindari beristirahat terlalu lama, karena justru dapat mengakibatkan otot dan sendi menjadi kaku dan lemah. Disarankan untuk melakukan jalan santai atau melakukan pekerjaan ringan, sambil dibarengi waktu istirahat yang cukup agar mempercepat proses pemulihan. Hindari aktivitas yang berat karena berpotensi memperburuk gejala.
Komplikasi Hernia Nukleus Pulposus
Walau jarang, HNP dapat menekan cauda equina yang terletak di punggung bawah dan mengakibatkan komplikasi yang serius, seperti:

Disfungsi pengeluaran cairan dari kandung kemih, dimana penderita akan kesulitan mengeluarkan urine atau tinja, hingga kemandulan secara seksual.
Menurunnya kemampuan beraktivitas, dikarenakan kondisi ini dapat memperburuk gejala, seperti nyeri hebat, otot melemah, atau kaku.
Anestesi sadel, dimana penderita kehilangan kemampuan merasa atau sensasi di titik seperti paha bagian dalam, tungkai belakang, dan di sekitar dubur.
Disarankan bagi penderita HNP untuk segera menemui dokter atau mendatangi rumah sakit terdekat jika merasakan gejala yang mengarah pada komplikasi agar dapat segera ditangani.

Pencegahan Hernia Nukleus Pulposus
Hernia Nukleus Pulposus (HNP) dapat dicegah melalui langkah-langkah berikut ini:

Berolahraga secara teratur. Pilihlah jenis olahraga yang dapat menguatkan otot, sendi dan tulang, khususnya tulang belakang.
Menjaga postur tubuh. Pastikan Anda duduk dengan postur yang tegak dan menompang beban berat menggunakan kaki, bukan punggung. Hal ini dilakukan untuk menjaga postur alami punggung dan mencegah penekanan pada tulang punggung.
Hindari merokok. Zat nikotin yang terkandung dalam rokok dapat melemahkan jaringan bantalan atau cakram tulang punggung.
Menjaga berat badan ideal. Obesitas dapat membebani tulang punggung untuk jangka waktu yang lama, dan mengakibatkan pengikisan tulang yang lebih cepat.
Hindari cedera. Sesuaikan aktivitas dengan kekuatan tubuh Anda, dan hindari pergerakan mendadak yang dapat mengakibatkan cedera pada tulang punggung atau sekitarnya.

hhttps://www.alodokter.com/hernia-nukleus-pulposus

KEAJAIBAN ENZIM

THE MIRACLE OF ENZIM (KEAJAIBAN ENZIM)

Artikel mengenai Tip Sehat dan Keajaiban Enzim  semoga dapat memberika pemahaman mengenai pola hidup sehat menurut Dr. Hiromi Shinya

Dr. Hiromi Shinya “Kesehatan Anda Ditentukan Oleh Apa Yang Anda Makan!”

Simak nasehat-nasehat berharga dari Dr. Hiromi Shinya tentang cara menjalani pola makan yang sehat setiap hari.

 Siapa itu Dr. Hiromi Shinya?

Bagi anda yang telah membaca buku Best Seller dunia di bidang kesehatan yang berjudul “The Miracle of Enzyme”, maka nama Dr. Hiromi Shinya tentunya tidak asing lagi di telinga anda. Dr. Hiromi Shinya adalah Pimpinan dari Surgical Endoscopy di Beth Israel Medical center serta seorang Profesor Klinikal dari Albert Einstein College of Medicine. Beliau adalah seorang penemu teknik Kolonoskopi Modern serta disebut sebagi pemimpin dalam bidang Gastro-Enterologist dunia.Dokter Hiromi Shinya adalah seorang dokter senior yang sangat dihormati di kalangan dokter-dokter. Sumbagsihnya dalam bidang kesehatan sangatlah besar karena membukakan wawasan kita semua mengenai pentingya menjalani pola hidup dan pola makan yang sehat serta membuka mitos-mitos yang salah yang berkenaan dengan makanan.Semua pemikiran dan tulisan Dr. Hiromi Shinya didapatkannya berdasarkan pemeriksaan terhadap lebih dari 370.000 usus pasien melalui prosedur kolonoskopi selama puluhan tahun dan ia melihat ada hubungan yang sangat erat antara makanan, penyakit dan kondisi usus. Berikut ini merupakan rangkuman dari tulisan Dr. Hiromi Shinya dari beberapa buku yang ditulisnya diantaranya “The Miracle of Enzyme” dan “Keajaiban Enzim Awet Muda” (telah tersedia di toko buku Gramedia).

Rangkuman Isi Buku Maupun Kuliah Umum Yang Diberikan Oleh Dr. Hiromi Shinya di Sepanjang Karirnya :

  1. Meski Dr. Hiromi Shinya, M.D. memiliki gelar sebagai seorang dokter medis, namun ia berbeda dengan dokter medis tradisional. Beliau tidak suka dan tidak meyarankan obat-obatan farmasi. Beliau menyarankan hanya menggunakan obat-obatan farmasi ketika benar-benar teramat sangat dibutuhkan saja. Sebagai faktanya Dr. Hiromi Shinya selalu mengetes sendiri obatan-obatan tersebut sebelum diberikan kepada pasien-pasiennya. Ia berhenti melakukan hal ini setelah mencoba mengetes obat umum yang ditujukan untuk pengobatan disfungsi ereksi dan ia merasa hampir saja mati karenanya.
  2.  Dr. Hiromi Shinya melihat bahwa 90% dari segala penyakit diakibatkan oleh hal-hal yang berhubungan dengan gaya hidup. Beliau berdedikasi untuk mengajarkan mengenai perubahan gaya hidup dan pola makan sehingga dapat menghentikan akar dari segala jenis penyakit. Hal inilah yang merupakan fokus dan terapi yang beliau berikan pada para pasiennya.
  3.  Selama lebih dari 40 tahun karir beliau, Dr. Hiromi Shinya telah melihat banyak sekali perubahan dari segi kesehatan di negara kelahirannya yaitu Jepang. Pada tahun 1960, hanya terdapat 400 kasus kanker payudara dan kanker prostat yang dilaporkan terjadi di seluruh negara Jepang. Meski Jepang disebut sebagai negara yang penduduknya paling sehat di seluruh dunia, namun hal ini berubah dengan drastis setelah masuknya susu ke sekolah-sekolah. Orang Jepang memiliki resiko terkena kanker lambung 10 hingga 15 kali lebih besar dibandingkan orang Amerika dimana ia yakin hal ini dikarenakan konsumsi yang banyak atas teh dan asam tanat (tannic acid), sedangkan orang Amerika memiliki resiko terkena kanker usus 10 hingga 15 kali lebih besar dibandingkan orang Jepang semata-mata diakibatkan oleh pola diet atau pola makan mereka.
  4.  Jika seseorang makan makanan yang tinggi protein seperti daging-dagingan, produk olahan susu, keju, yogurt, nasi putih dan serelia yang digiling (refined grains), maka hal tersebut mengakibatkan lapisan otot usus akan menjadi tebal, membuatnya kram dan pada akhirnya akan membuat usus menjadi lebih pendek. Dr. Hiromi Shinya berkata bahwa diet sehat yang tinggi serat akan dapat membuat usus anda menjadi sangat panjang bahkan hingga mencapai 0,5 meter. Beliau juga mengatakan bahwa kondisi usus seseorang juga merupakan indikator yang baik terhadap apa yang terjadi pada arteri (pembuluh darah). Jika kondisi usus anda baik dan sehat demikian juga dengan kondisi arteri anda, demikian juga sebaliknya.
  5.  Kita tidak menerima warisan penyakit dari orangtua kita, kita menerima warisan atas kebiasaan pola makan mereka dan semua permasalahan kesehatan yang menyertainya. Sebuah kebiasaan yang baik dapat mengatasi permasalahan gen yang buruk.

Dr. Hiromi Shinya meyakini bahwa terdapat hubungan langsung antara pola diet atau pola makan harian kita dengan masalah kesehatan yang kita alami saat ini. Hal ini sebenarnya bukanlah sebuah pemikiran yang baru terutama di kalangan praktisi dan orang-orang yang mendedikasikan hidup mereka terhadap kesehatan alami.  Adalah teramat sangat baik ketika mendengar seorang Dokter Medis seperti Dr. Hiromi Shinya pun turut menyuarakan filosofi yang sama disertai dengan bukti-bukti selama 40 tahun perjalanan karirnya mengenai hal ini.Bagaimana Dr. Hiromi Shinya dapat memberikan teorinya mengenai eratnya hubungan antara pola makan dan kesehatan tubuh? Berdasarkan bukti-bukti langsung yang dilihat dari kondisi fisik pasiennya!Sebagai seorang Spesialis Gastrointestinal (pemeriksaan medis yang berkaitan dengan usus), Dr. Hiromi Shinya telah menjalani sebanyak lebih dari 370.000 prosedur kolonoskopi di sepanjang karirnya. Dengan kata lain, Dr. Shinya telah memasukkan kamera ke dalam lebih dari seperempat juta usus manusia dan memfilmkan hasilnya. Apa hasilnya? Yaitu hasil terhadap apa yang kita konsumsi setiap hari selama puluhan tahun!Selama lebih dari 40 tahun Dr. Hiromi Shinya telah menjalankan Prosedur Kolonoskopi dan mengumpulkan data-data diet (pola makan harian) dari para pasiennya. Ia mencocokkan atas apa yang anda makan dan hasil dari pemeriksaan usus anda. Berdasarkan bukti-bukti fisik ini akhirnya Dr. Hiromi Shinya memformulasikan idea beliau terhadap pola diet apa yang bagus dilakukan agar tubuh kita tetap sehat di masa depan. Ia memikirkan mengenai makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk mencegah penyakit jantung, menyembuhkan kanker, dan menghentikan penyakit diabetes tipe 2. Sangatlah sulit berdebat terhadap beliau, terutama Dr. Hiromi Shinya sendiri telah memiliki bukti-bukti fisik akan hal ini di sepanjang karirnya sebagai dokter.Dalam video hasil dokumentasinya (bisa anda tonton di bagian paling bawah dari artikel ini), Dr. Hiromi Shinya menunjukkan lapisan interior dari usus pasien, akumulasi toksin atau racun, penyakit yang diderita oleh pasien tersebut serta data-data tentang bagaimana pola makan harian dari pasien-pasien tersebut sehingga pada akhirnya dapat berkembang menjadi penyakit di dalam tubuh mereka.

Pola Diet Terbaik Berdasarkan Pemikiran Dokter Hiromi Shinya

Dr. Hiromi Shinya menganjurkan pola makan terbaik berdasarkan hasil temuan-temuannya ini. Ia menyarankan pada para pasiennya untuk melakukan 2 perubahan besar yang wajib dilakukan pasiennya jika ingin sembuh atau memiliki tubuh yang kembali sehat, hal tersebut adalah:

  1. Makan makanan yang sebagian besar merupakan diet vegan. Makanan alami dapat menyembuhkan penyakit apapun dikarenakan tubuh biasanya merespon terhadap alam.
  2.  Konsumsi Enzyme Eksogen dari buah buahan dan herbal yang kaya dengan enzyme. Jika keterbatasan waktu untuk memperoleh enzyme eksogen gunakan supplemen Mirazen yang sangat padat dengan Enzyme buah dan herbal dengan teknologi dingin.

Berikut ini detail mengenai pola diet yang disarankan oleh Dr. Hiromi Shinya :

1) Makan 85-95% tumbuh-tumbuhan yang ditanam dan sayur-sayuran dari laut (seperti rumput laut, wakame, dll).

  1. 50% biji gandum utuh, mentah, padi-padian organik, sereal dan kacang-kacangan. Makanan pokoknya terdiri atas gabungan dari 5 jenis padi-padian organik : Beras Coklat + millet, quinoa, amaranth, whole oats (gandum utuh), buckwheat, dan sejenisnya.
  2. 0% sayuran yang ditanam secara organik. Semakin mentah sayuran tersebut semakin baik dikarenakan kandungan enzimnya yang masih tinggi.
  3. 10-15% buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

2) Hanya makan sekitar 10-15% saja daging atau protein yang berasal dari hewan dan tak lebih dari 80-100 gram perharinya. Disarankan yang dimakan adalah daging ikan. Dr. Hiromi Shinya mengatakan bahwa ia sendiri hanya makan daging cuma beberapa kali saja dalam setahun. Daging yang berasal dari hewan yang memiliki temperatur tubuh yang lebih tinggi dibandingkan manusia seharusnya tidak dikonsumsi dikarenakan lemak hewan tersebut akan membeku di dalam tubuh kita sehingga mengakibatkan masalah-masalah kesehatan.

Berikut catatan mengenai ukuran temperatur tubuh manusia dan hewan :

Manusia – 37 derajat CelsiusSapi – 39 – 40 derajat CelsiusBurung – 40.5 hingga 42 derajat CelsiusLalu bagaimana Dr. Hiromi Shinya dapat mengambil kesimpulan dan menentukan mengenai ukuran berapa persen pola makan yang paling sehat dan ideal seperti keterangannya di atas? Hal ini berdasarkan bentuk gigi manusia. Manusia memiliki 3 jenis gigi dan rasio dari gigi-gigi ini merupakan alasan penentuan dari pola diet ini. Berikut keterangan rasio perbandingannya:Gigi geraham memiliki rasio 5 (dari total keseluruhan gigi geraham yang berjumlah 20 buah). Fungsi gigi geraham adalah untuk mengunyah makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.Gigi seri memiliki rasio 2 (dari total keseluruhan gigi seri yang berjumlah 8 buah). Fungsi gigi seri adalah untuk memotong atau mengiris makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.Gigi taring memiliki rasio 1 (dari total keseluruhan gigi taring yang berjumlah 4 buah). Fungsi gigi taring adalah untuk merobek makanan yang berasal dari daging.Jadi rasio total keseluruhan gigi manusia adalah 5:2:1 (Geraham : Seri : Taring) sehingga dari perlengkapan ini bisa diambil kesimpulan bahwa makanan yang ditujukan untuk konsumsi manusia adalah 85% terdiri atas tumbuh-tumbuhan dan hanya sekitar 15%-nya daging.

Pola makan dasar pagi dan malam hari yang dilakukan oleh Dr. Hiromi Shinya adalah sbb :

Satu jam sebelum makan: minum 2-3 gelas air30 menit sebelum makan: makan buah-buahan segarSelanjutnya makan makanan berdasarkan rasio di atas.Dr. Hiromi Shinya mengatakan 2 GAYA HIDUP PALING BURUK yang bisa dilakukan manusia adalah MEROKOK dan MINUM ALKOHOL. Kebiasaan merokok akan memperpendek usia anda hingga 20 tahun.

Selanjutnya Dr. Hiromi Shinya juga mengatakan ada 2 POLA MAKAN PALING BURUK :

1) Banyak mengkonsumsi daging

  • Konsumsi daging sapi setiap harinya akan memicu permasalahan prostat dan kanker
  • Protein daging, terutama casein (protein dari susu) akan menstimulasi dan menyuburkan pertumbuhan kanker. Sedangkan hanya protein yang berasal dari sayuran yang dapat membekukan sel-sel kanker.

2) Mengkonsumsi produk-produk susuCasein jauh lebih buruk dibandingkan daging yang akan menstimulasi dan menyuburkan pertumbuhan kanker

  • Susu sapi diinseminasi secara artifisial untuk menstimulasi produksi susu agar lebih berlimpah. Peningkatan hormon di dalam susu dapat mengakibatkan kanker payudara, demikian juga dengan kanker prostat dan masalah pada kesuburan. Satu-satunya “hewan” yang minum susu dari hewan lainnya hanyalah MANUSIA.
  • Semua orang tidak bertoleransi terhadap laktosa!

Dr. Hiromi Shinya menyarankan hal-hal berikut yang seharusnya dibatasi atau dihindari :

  • Produk-produk susu dan hasil olahannya, teh dan kopi, makanan manis dan gula, nikotin, alkohol, coklat, garam dapur reguler.
  • Lemak dan minyak yang dimurnikan. Semua jenis minyak merupakan lemak yang 100% teroksidasi dan penuh dengan radikal bebas. Anda disarankan hanya memenuhi kebutuhan lemak yang asalnya dari sumber-sumber makanan alami yang tidak dimurnikan alias makanan utuh (whole foods).

Rekomendasi Dr. Hiromi Shinya mengenai pola diet lainnya :

  • Berhentilah makan 4-5 jam sebelum tidur
  • Kunyahlah makanan anda 30-50 kali
  • Rajin makan buah
  • Minum air 2-3 gelas sekitar 60-90 menit sebelum makan
  • Makan buah 30 menit sebelum makan siang atau malam
  • Makan-makanan yang difermentasikan
  • Minum suplemen enzim
  • Disiplin untuk menjalani pola diet yang sehat ini.
  • Kesehatan tubuh anda tergantung atas apa yang anda makan.

Mirazen adalah ekstraksi Enzime buah seperti mengkudu, delima, manggis, dan herbal seperti pegagan, moringa, cinnamon atau kayu manis yang di ekstrak tanpa proses pemanasan sama sekali. Biasa di sebut dengan ektraksi dingin dan proses dua kali ekstrak sehingga menghasilkan cairan pekat dan padat dengan tekhnologi nano sehingga mudah untuk diserap oleh tubuh dan sebaiknya di konsumsi di bawah lidah.

Kutipan buku The Miracle of Enzyme (Keajaiban Enzim) oleh Prof Dr Hiromi Shinya TIDAK ada makhluk di dunia ini yang ketika sudah dewasa masih minum susu kecuali manusia. Lihatlah sapi, kambing, kerbau, atau apa pun: begitu sudah tidak anak-anak lagi tidak akan minum susu. Mengapa manusia seperti menyalahi perilaku yang alami seperti itu?“Itu gara-gara pabrik susu yang terus mengiklankan produknya,” ujar Prof Dr Hiromi Shinya, penulis buku yang sangat laris: The Miracle of Enzyme (Keajaiban Enzim) yang sudah terbit dalam bahasa Indonesia dengan judul yang sama. Padahal, katanya, susu sapi adalah makanan/minuman paling buruk untuk manusia. Manusia seharusnya hanya minum susu manusia. Sebagaimana anak sapi yang juga hanya minum susu sapi. Mana ada anak sapi minum susu manusia, katanya.Mengapa susu paling jelek untuk manusia?Bahkan, katanya, bisa menjadi penyebab osteoporosis? Jawabnya: karena susu itu benda cair sehingga ketika masuk mulut langsung mengalir ke kerongkongan. Tidak sempat berinteraksi dengan enzim yang diproduksi mulut kita. Akibat tidak bercampur enzim, tugas usus semakin berat. Begitu sampai di usus, susu tersebut langsung menggumpal dan sulit sekali dicerna. Untuk bisa mencernanya, tubuh
terpaksa mengeluarkan cadangan “enzim induk” yang seharusnya lebih baik dihemat. Enzim induk itu mestinya untuk pertumbuhan tubuh, termasuk pertumbuhan tulang. Namun, karena enzim induk terlalu banyak dipakai untuk membantu mencerna susu, peminum susu akan lebih mudah terkena osteoporosis.Profesor Hiromi tentu tidak hanya mencari sensasi. Dia ahli usus terkemuka di dunia. Dialah dokter pertama di dunia yang melakukan operasi polip dan tumor di usus tanpa harus membedah perut. Dia kini sudah berumur 70 tahun. Berarti dia sudah sangat berpengalaman menjalani praktik kedokteran. Dia sudah memeriksa keadaan usus bagian dalam lebih dari 300.000 manusia Amerika dan Jepang. Dia
memang orang Amerika kelahiran Jepang yang selama karirnya sebagai dokter terus mondarmandir di antara dua negara itu.Setiap memeriksa usus pasiennya, Prof Hiromi sekalian melakukan penelitian. Yakni, untuk mengetahui kaitan wujud dalamnya usus dengan kebiasaan makan dan minum pasiennya. Dia menjadi hafal pasien yang ususnya berantakan pasti yang makan atau minumnya tidak bermutu. Dan, yang dia sebut tidak bermutu itu antara lain susu dan daging.Dia melihat alangkah mengerikannya bentuk usus orang yang biasa makan makanan/minuman yang “jelek”: benjol-benjol, luka-luka, bisul- bisul, bercak-bercak hitam, dan menyempit di sana-sini seperti diikat dengan karet gelang. Jelek di situ berarti tidak memenuhi syarat yang diinginkan usus. Sedangkan usus orang yang makanannya sehat/baik, digambarkannya sangat bagus, bintik-bintik rata, kemerahan, dan segar.Karena tugas usus adalah menyerap makanan, tugas itu tidak bisa dia lakukan kalau makanan yang masuk tidak memenuhi syarat si usus. Bukan saja ususnya kecapean, juga sari makanan yang diserap pun tidak banyak. Akibatnya, pertumbuhan sel-sel tubuh kurang baik, daya tahan tubuh sangat jelek, sel radikal bebas bermunculan, penyakit timbul, dan kulit cepat menua. Bahkan, makanan yang tidak berserat seperti daging, bisa menyisakan kotoran yang menempel di dinding usus: menjadi tinja stagnan yang kemudian membusuk dan menimbulkan penyakit lagi.Karena itu, Prof Hiromi tidak merekomendasikan daging sebagai makanan. Dia hanya menganjurkan makan daging itu cukup 15 persen dari seluruh makanan yang masuk ke perut.Dia mengambil contoh yang sangat menarik, meski di bagian ini saya rasa, keilmiahannya kurang bisa dipertanggungjawabk an. Misalnya, dia minta kita menyadari berapakah jumlah gigi taring kita, yang tugasnya mengoyak-ngoyak makanan seperti daging: hanya 15 persen dari seluruh gigi kita. Itu berarti bahwa alam hanya menyediakan infrastruktur untuk makan daging 15 persen dari seluruh makanan yang kita perlukan.Dia juga menyebut contoh harimau yang hanya makan daging. Larinya memang kencang, tapi hanya untuk menit-menit awal. Ketika diajak “lomba lari” oleh mangsanya, harimau akan cepat kehabisan tenaga. Berbeda dengan kuda yang tidak makan daging. Ketahanan larinya lebih hebat.Di samping pemilihan makanan, Prof Hiromi mempersoalkan cara makan. Makanan itu, katanya, harus dikunyah minimal 30 kali. Bahkan, untuk makanan yang agak keras harus sampai 70 kali. Bukan saja bisa lebih lembut, yang lebih penting agar di mulut makanan bisa bercampur dengan enzim secara sempurna. Demikian juga kebiasaan minum setelah makan bukanlah kebiasaan yang baik. Minum itu, tulisnya, sebaiknya setengah jam sebelum makan. Agar air sudah sempat diserap usus lebih dulu.Bagaimana kalau makanannya seret masuk tenggorokan? Nah, ini dia, ketahuan. Berarti mengunyahnya kurang dari 30 kali! Dia juga menganjurkan agar setelah makan sebaiknya jangan tidur sebelum empat atau lima jam kemudian. Tidur itu, tulisnya, harus dalam keadaan perut kosong. Kalau semua teorinya diterapkan, orang bukan saja lebih sehat, tapi juga panjang umur, awet muda, dan tidak akan
gembrot.Yang paling mendasar dari teorinya adalah: setiap tubuh manusia sudah diberi “modal” oleh alam bernama enzim-induk dalam jumlah tertentu yang tersimpan di dalam “lumbung enzim- induk”. Enzim-induk ini setiap hari dikeluarkan dari “lumbung”-nya untuk diubah menjadi berbagai macam enzim sesuai keperluan hari itu. Semakin jelek kualitas makanan yang masuk ke perut, semakin boros menguras
lumbung enzim-induk. Mati, menurut dia, adalah habisnya enzim di lumbung masing-masing.Maka untuk bisa berumur panjang, awet muda, tidak pernah sakit, dan langsing haruslah menghemat enzim-induk itu. Bahkan, kalau bisa ditambah dengan cara selalu makan makanan segar. Ada yang menarik dalam hal makanan segar ini. Semua makanan (mentah maupun yang sudah dimasak) yang sudah lama terkena udara akan mengalami oksidasi. Dia memberi contoh besi yang kalau lama dibiarkan di udara terbuka mengalami karatan. Bahan makanan pun demikian.Apalagi kalau makanan itu digoreng dengan minyak. Minyaknya sendiri sudah persoalan, apalagi kalau minyak itu sudah teroksidasi. Karena itu, kalau makan makanan yang digoreng saja sudah kurang baik, akan lebih parah kalau makanan itu sudah lama dibiarkan di udara terbuka. Minyak yang oksidasi, katanya, sangat bahaya bagi usus. Maksudnya, mengolah makanan seperti itu memerlukan enzim yang banyak.Apa saja makanan yang direkomendasikan?Sayur, biji-bijian, dan buah. Jangan terlalu banyak makan makanan yang berprotein. Protein yang melebihi keperluan tubuh ternyata tidak bisa disimpan. Protein itu harus dibuang. Membuangnya pun memerlukan kekuatan yang ujung-ujungnya juga berasal dari lumbung enzim. Untuk apa makan berlebih kalau untuk mengolah makanan itu harus menguras enzim dan untuk membuang kelebihannya
juga harus menguras lumbung enzim.Prof Hiromi sendiri secara konsekuen menjalani prinsip hidup seperti itu dengan sungguh- sungguh. Hasilnya, umurnya sudah 70 tahun, tapi belum pernah sakit. Penampilannya seperti 15 tahun lebih muda. Tentu sesekali dia juga makan makanan yang di luar itu. Sebab, sesekali saja tidak apa-apa. Menurunnya kualitas usus terjadi karena makanan “jelek” itu masuk ke dalamnya secara terus-menerus atau
terlalu sering.Terhadap pasiennya, Prof Hiromi juga menerapkan “pengobatan” seperti itu. Pasien-pasien penyakit usus, termasuk kanker usus, banyak dia selesaikan dengan “pengobatan” alamiah tersebut. Pasiennya yang sudah gawat dia minta mengikuti cara hidup sehat seperti itu dan hasilnya sangat memuaskan. Dokter, katanya, banyak melihat pasien hanya dari satu sisi di bidang sakitnya itu. Jarang dokter yang mau melihatnya melalui sistem tubuh secara keseluruhan. Dokter jantung hanya fokus ke jantung. Padahal, penyebab pokoknya bisa jadi justru di usus.Demikian juga dokter-dokter spesialis lain. Pendidikan dokter spesialislah yang menghancurkan ilmu kedokteran yang sesungguhnya.Saya mencoba mengikuti saran buku ini sebulan terakhir ini. Tapi, baru bisa 50 persennya. Entah, persentase itu akan bisa naik atau justru turun lagi sebulan ke depan.Yang menggembirakan dari buku Prof Hiromi ini adalah: orang itu harus makan makanan yang enak. Dengan makan enak, hatinya senang. Kalau hatinya sudah senang dan pikirannya gembira, terjadilah mekanisme dalam tubuh yang bisa membuat enzim-induk bertambah

Terapi Hati

SEHAT HATINYA, SEHAT JASADNYA

Hati manusia terkadang tidak stabil atau sakit seperti halnya badan. Meskipun berbeda antara sifat maupun obatnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

 ” أَلا وإِنَّ فِي الجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الجَسَدُ كُلُّهُ وإذَا فَسَدَت فَسَدَ الجَسَدُ كُلُّهُ أَلا وَهيَ القَلْبُ.“ رواه البخاري ومسلم.

“Ketahuilah, sesungguhnya dalam tubuh manusia ada segumpal daging, jika segumpal daging itu baik, maka akan baik seluruh tubuh manusia, dan jika segumpal daging itu buruk, maka akan buruk seluruh tubuh manusia, ketahuilah bahwa segumpal daging itu adalah hati manusia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Apa obat yang bisa dipakai untuk mengobati hati yang sakit? Berikut ini kami sebutkan 8 obatnya.

💗Pertama: Al-Qur’an al-Karim.

Allah berfirman, artinya,

💥“Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.” 📒💥(QS.Yunus: 57).

Dia juga berfirman, artinya, “Dan Kami turunkan dari al-Quran suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan al-Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian.” 📓💥(QS. al-Isra: 82)

Ibnu Qoyyim berkata, “Inti penyakit hati itu adalah syubhat dan nafsu syahwat. Sedangkan al-Qur’an adalah penawar bagi kedua penyakit itu, karena di dalamnya terdapat penjelasan-penjelasan dan argumentasi-argumentasi yang akurat, yang membedakan antara yang haq dengan yang batil, sehingga penyakit syubhat hilang. Penyembuhan al-Qur’an terhadap penyakit nafsu syahwat, karena di dalam al-Qur’an terdapat hikmah, nasihat yang baik, mengajak zuhud di dunia dan lebih mengutamakan kehidupan akhirat.”📚📓📒💓

Orang yang ingin memperbaiki hatinya hendaknya mengetahui bahwa berobat dengan al-Qur’an itu tidak cukup hanya dengan membaca al-Qur’an saja, tetapi harus memahami, mengambil pelajaran dan mematuhi hukum-hukum yang terkandung di dalamnya.

💥Ya Allah, jadikanlah al-Qur’an itu sebagai pelipur lara, penawar hati dan penghilang kegundahan dan kegelisahan kami. Amin.

💗Kedua: Cinta Kepada Allah.

Cinta kepada Allah merupakan terapi yang mujarab bagi hati. Cinta seorang hamba kepada Allah akan menjadikan hatinya tunduk kepada-Nya, merasa tenteram tatkala mengingat-Nya, mengorbankan perasaannya demi sang kekasihnya, yaitu Allah. Hatinya senantiasa mengharap kepada yang dicintainya untuk memecahkan problem yang ia hadapi. Ia pun tak putus asa dari kasih sayang-Nya. Ia yakin bahwa yang dicintainya adalah Dzat yang tepat untuk mengadukan berbagai masalah. Ia yakin akan diberikan solusi yang terbaik untuknya. Kecintaan kepada-Nya menyebabkan dapat menikmati manisnya iman yang bersemayam di dalam hati.

💗Ketiga: Berdzikir atau Mengingat Allah.

Ketidaktenteraman hati merupakan hal yang membahayakan. Allah memberikan salah satu obat yang bisa menjadi sarana terapi keadaan hati yang demikian.

💥“Ingatlah, hanya dengan mengingat Allahlah hati menjadi tenteram” 💞

demikianlah arti firman Allah dalam 📚QS. ar-Ra’d : 28.

Obat ini menjadikan hati seseorang hidup, terhindar dari kekerasan dan kegelapan. Ibnu Qayyim berkata,

📒💥“Segala sesuatu itu mempunyai penerang, dan sesungguhnya penerang hati itu adalah dzikrullah (mengingat Allah).

Suatu ketika, seorang berkata kepada Hasan al-Basri, “Wahai Abu Sa’id, aku mengadu kepadamu, hati saya membatu.” Maka beliau menjawab,

📒💥“Lunakkanlah dengan dzikir, karena tidak ada yang dapat melunakkan kerasnya hati yang sebanding dengan dzikrullah.”

maka dari itu Allah di dalam banyak ayat-ayat-Nya menyuruh orang-orang yang beriman agar banyak dan sering berdzikir kepada-Nya. Seperti pada firman-Nya, artinya, 📚💥

“Hai orang-orang yang beriman, berdzikirlah (dengan menyebut nama) Allah, dzikir yang sebanyak-banyaknya📒.” (QS. al-Ahzab: 41).

Nabi kita Muhammad selalu berdzikir kepada Allah pada setiap saat, sebagaimana dituturkan oleh istri beliau ‘Aisyah.

💗Keempat: Taubat Nasuha dan Banyak Beristighfar (Minta Ampun)

Perhatikanlah sabda Rasulullah,

💥“Sesungguhnya hatiku kadang keruh, maka aku beristighfar dalam satu hari sebanyak seratus kali”📒 (HR. Ahmad)

Dalam hadis ini Nabi menjelaskan bahwa beliau menghilangkan kabut atau kekeruhan hati beliau dengan istighfar, padahal dosa-dosa beliau yang telah lalu maupun yang akan datang telah diampuni oleh Allah. Bagaimanakah dengan kita yang banyak dosa dan banyak melakukan kemaksiatan? Tidakkah kita lebih membutuhkan istighfar untuk hati kita yang sakit?! Demi Allah, betapa kita semua, sangat membutuhkan istighfar.

💗Kelima: Banyak Berdoa dan Meminta Kepada Allah untuk Memperbaiki dan Membersihkan Hati Serta Memberinya Petunjuk.

Berdoa merupakan pintu utama yang agung untuk memperbaiki hati. Allah berfirman, artinya, “Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk me- rendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras, dan setan pun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan.” 📒(QS. al-An’am: 43).

Teladan kita yang mulia Muhammad sendiri selalu memohon kepada Allah untuk kesucian hatinya, kokoh berjalan di atas kebenaran dan petunjuk. Sebagaimana diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dari Ummu Salamah. Ia meriwayatkan bahwa doa Nabi yang sering beliau panjatkan ialah,

💥“wahai Tuhan Pembolak-balik hati, teguhkanlah hatiku pada agama-Mu”📒 (HR. at-Tirmidzi)

💗Keenam: Sering Mengingat Kehidupan Akhirat.

Sesungguhnya kelalaian mengingat akhirat itu adalah penghambat segala kebaikan, kebajikan dan merupakan pemicu setiap malapetaka dan kejahatan. Seseorang yang banyak mengingat akhirat, akan menyadarkan dirinya bahwa kehidupan sebenarnya, yang dia hidup selama-lamanya adalah kehidupan akhirat. Dengan demikian, hatinya lurus dalam mengendalikan jasad. Tindak tanduknya mencerminkan amal nyata yang ia tanam di dunia ini dengan harapan ia akan dapat menuai hasilnya yang baik di akhirat kelak.

💗Ketujuh: Membaca dan Mempelajari Sejarah Kehidupan Orang-Orang yang Shalih.

Ini pun bisa menjadi salah satu obat bagi hati. Banyak pelajaran tentang teguhnya hati dari hempasan badai kehidupan yang menerjang. Siapa saja yang memperhatikan dan mempelajari kehidupan atau sejarah suatu kaum berdasarkan pengetahuan dan penghayatan, maka niscaya hatinya dihidupkan kembali oleh Allah dan disucikan batinnya. Itulah sejarah dan perjalanan hidup Nabi Muhammad. Sejarah kehidupan beliau merupakan terapi untuk mempertebal iman dan memperbaiki hati.

💗Kedelapan: Bersahabat dengan Orang-Orang Shalih, bertakwa dan berbuat kebaikan.

Seseorang yang bergaul dengan orang yang bertakwa niscaya tidak celaka. Karena mereka tidak akan mengajak selain kepada kebaikan. Selamatlah hati dari terkontaminasi penyakit-penyakit hati. Sebaliknya, jika Anda bersahabat dengan orang-orang yang tidak shalih, tidak bertakwa dan tidak berbuat kebaikan, niscaya Anda akan celaka. Mereka akan mengajak Anda untuk melakukan berbagai kejelekan yang akan menyebabkan hati Anda menjadi kotor. Allah secara tegas berfirman, artinya, “… dan janganlah kamu mengikuti orang-orang yang hatinya telah Kami lalaikan dari mengingat Kami, serta menuruti hawa nafsunya dan adalah keadaannya itu melewati batas”📒(QS. al-Kahfi : 28)

Maka berupayalah untuk bersahabat dengan orang-orang yang shalih.

💓💥Demikian 8 obat untuk menyembuhkan penyakit hati. Berusahalah Anda untuk memahami dengan baik dan mengamalkan dengan tekun, karena sesungguhnya kebahagiaan yang hakiki itu, tidak akan dapat dicapai kecuali dengan keselamatan dan kesucian hati. Dan tidak ada yang sempurna, yang lebih bahagia, yang lebih baik, dan tidak ada pula yang lebih nikmat daripada kehidupan orang-orang yang berhati bersih juga mulia.

💞💚💔💜💔💚💝💔💚💞

Bismillah

📚17 AMALAN RINGAN YANG BESAR PAHALANYA.🔖

Diantara yang diajarkan Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wa sallam pada kita adalah rutin mengamalkan amalan shalih meskipun amalan itu sedikit dan ringan, atau bahkan dipandang remeh oleh sebagian orang.

Namun ternyata tanpa kita sangka, ternyata amalan tersebut mengandung pahala yang besar.

Berikut adalah beberapa amalan yang mudah dan ringan untuk dilakukan, namun besar pahalanya, berdasarkan hadits yang shahiih:

📗1) membaca : subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

📚”Ada dua kalimat yang dicintai oleh Allah, ringan di lisan, dan berat ditimbangan: (yaitu bacaan)

👍💥subhaanallaahi wa bihamdihi subhaanallaahil ‘adzim [Mahasuci Allah dan dengan memujiNya, Mahasuci Allah Yang Mahaagung]”📚
[Shahiih: HR. Al-Bukhari]

📗2) wudhu dengan sempurna dan membaca do’a,

Dari Umar bin Khaththab radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَا مِنْكُمْ مِنْ أَحَدٍ يَتَوَضَّأُ فَيُسْبِغُ الْوَضُوءَ ثُمَّ يَقُولُ: أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُ اللهِ وَرَسُولُهُ إِلَّا فُتِحَتْ لَهُ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةُ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

📚“Tidaklah salah seorang di antara kalian berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, kemudian mengucapkan,

🔖‘Asyhadu an laa ilaaha illallah wahdahu laa syariika lahu, wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuluhu’

🎯 [Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah.] kecuali Allah akan bukakan untuknya delapan pintu langit yang bisa dia masuki dari pintu mana saja.” 📚[HR Muskim]

📗3) menghadiri shalat jum’at di awal waktu, dengan memperhatikan adabnya.

Dari Aus bin Aus Ats-Tsaqafi, bahwa Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang membasuh (kepalanya) dan mencuci (seluruh tubuhnya) di hari jum’at (mandi besar, ed.), lalu berangkat ke masjid pagi-pagi, dan dia mendapatkan khutbah dari awal, dia berjalan dan tidak naik kendaraan, dia (duduk) mendekat ke khatib, konsentrasi mendengarkan khutbah dan tidak berbicara maka setiap langkahnya (dinilai) sebagaimana pahala puasa dan shalat malam selama setahun.”

📚[Shahiih: HR. Abu Dawud, At-tirmidzi, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan dinilai shahiih ]
Abu Zur’ah mengatakan:

🔖”Saya tidak pernah menjumpai satu hadits yang menceritakan pahala yang besar dengan amal yang sedikit yang lebih shahiih dari hadits ini.”

📗4) shalat dhuha dua rakaat.

Dari Abu Dzar radhiyallaahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Setiap ruas tulang kalian wajib disedekahi, setiap tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir bernilai sedekah, amar ma’ruf nahi munkar bernilai sedekah, dan semua kewajiban sedekah itu bisa ditutupi dengan dua rakaat
shalat dhuha.”📚
[HR. Muslim & Abu Dawud]

📗5) berdzikir di masjid setelah shubuh.

Dari Anas bin Malik, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🌺”Barangsiapa yang shalat subuh berjamaah, kemudian tetap duduk di masjid sampai terbit matahari, kemudian shalat dua rakaat (shalat sunnah Syuruq) maka dia mendapat pahala haji dan umrah, sempurna, sempurna.”📚
[Hasan: HR. At-Tirmidzi dan dinilai hasan ]

📗6) membaca Al-Qur’an.

Dari Abdullah bin Mas’ud, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang membaca satu huruf dari Al-Qur’an maka dia mendapat satu pahala kebaikan. Dan setiap satu pahala itu dilipatkan menjadi 10 kali lipat….”📚
[Shahiih: HR. At-Tirmidzi, At-Thabrani ]

📗7) membaca dzikir ketika masuk pasar atau tempat keramaian.

Dari Abdullah bin Amr bin al-‘Ash, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

📚”Barangsiapa yang masuk pasar kemudian dia membaca: laa ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu yuhyi wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu,
biyadihil khairu, wa huwa ‘ala kulli syai’in qadiir

🔖 [tiada sesembahan yang berhak disembah selain Allah tiada sekutu bagiNya, milikNyalah seluruh kerajaan. Dan milikNyalah seluruh pujian, Dia menghidupkan dan mematikan, dan Dia Mahahidup dan tidak mati, di TanganNyalah segala kebaikan, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu] maka Allah catat untuknya sejuta kebaikan, Allah hapuskan sejuta kesalahan, dan Allah angkat untuknya satu juta derajat.”
[Hasan: HR. At-Tirmidzi, Al-Hakim, Ad-Darimi ] 📚🕸

8) shalat berjama’ah di masjid.

Dari Abu Umamah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Barangsiapa yang keluar dalam keadaan suci, menuju masjid untuk melaksanakan shalat berjama’ah maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang haji dalam
keadaan ihram.”
[Hasan: HR. Abu Dawud ] 📚

📗9) berdzikir ketika terbangun dari tidur (nglilir – bhs. jawa)

Dari Ubadah bin Shaamit, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang terbangun (nglilir) ketika tidur malam kemudian dia membaca:

🔖laa
ilaha illallahu wahdahu laa syarikalahu lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli
syai’in qadiir. Alhamdulillah, wa subhanallah, wa laa ilaha illallah wallahu akbar wa laa haula wa laa quwwata illa billah

🍁[tiada
sesembahan yang berhak disembah selain Allah semata tiada sekutu bagiNya, milikNyalah seluruh kerajaan, milkNyalah segala pujian, dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu. Segala puji milik Allah,
Mahasuci Allah, tiada sesembahan yang
berhak disembah selain Allah, Allah Mahabesar. Tiada daya dan kekuatan kecuali dari Allah]

🔖kemudian dia beristighfar atau
berdo’a maka akan dikabulkan. Jika dia berwudhu kemudian shalat dua rakaat maka
shalatnya diterima.”
[HR. Al-Bukhari & Abu Dawud] 📚💥

📗10) Shalat sunnah dua rakaat sebelum subuh.

Dari Ummul Mukminin ‘Aisyah radhiyallaahu ‘anha, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:

“Dua rakaat sebelum subuh lebih baik dari pada dunia dan seisinya.”
[Shahiih: HR. Muslim] 📚💚

📗11) membaca shalawat atas Nabi.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang
membaca shalawat untukku sekali, maka Allah.akan memberikan shalawat kepadanya sepuluh kali.”
[Shahiih: HR. Muslim]📚📕
Dalam riwayat lain:

🔖”Barangsiapa yang membaca shalawat untukku sekali, maka Allah akan memberikan shalawat kepadanya
sepuluh kali, dihapuskan sepuluh kesalahan, dan diangkat sepuluh derajat.”
[Shahiih: HR. An-Nasaa’i] 📚📕

📗12) menjawab adzan dan membaca do’a setelah adzan.

Dari Jabir bin ‘Abdillah, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa
yang mendengarkan adzan kemudian dia membaca do’a:

👏👏Allahumma rabba hadzihid da’watittammah washshalatil qaa’imah, ati muhammadanil wasilata wal fadhilah wab’ats-hu maqamam mahmudanilladzi wa’adtahu

👏👏[Ya Allah, Rabb pemilik panggilan yang sempurna dan shalat wajib yang ditegakkan,
berikanlah kepada Muhammad wasilah dan fadhilah. Bangkitkanlah beliau ke tempat terpuji yang telah Engkau janjikan kepadanya.]

maka dia
berhak mendapat syafaatku pada hari kiamat.”
[Shahiih: HR. Bukhari] 📚📕

📗13) membaca dzikir setiap pagi dan sore.

Diantara dzikir yang disyariatkan adalah membaca:

💥”subhanallah wa bihamdihi”

Dari Abu Hurairah.radhiyallaahu ‘anhu, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa di waktu pagi dan sore membaca: ‘subahanallah wa bihamdihi’ seratus kali maka tidak ada seorang pun yang
datang pada hari kiamat dengan membawa pahala yang lebih baik dari pahala yang dia
bawa, kecuali orang yang membaca seperti yang dia baca atau lebih banyak.”📚
[HR. Muslim]

📗14) mengajak orang lain untuk melakukan.kebaikan.

Dari Abu Hurairah, Nabi shallallaahu ‘alaihi.wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang mengajak kepada kebaikan maka dia mendapatkan pahala sebagaimana pahala orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi pahala mereka sedikit pun. Dan.barangsiapa yang mengajak orang lain untuk melakukan kesesatan dan maksiat maka dia.mendapat dosa sebagaimana dosa orang yang mengikutinya, tanpa mengurangi dosa mereka sedikit pun.”
📚[Shahiih: HR. Muslim]

📗15) Rajin beristighfaar.

Dari ‘Abdullah bin ‘Abbas, Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

🔖”Barangsiapa yang rajin beristighfaar maka Allah akan berikan jalan keluar setiap ada
kesulitan, Allah berikan penyelesaian setiap mengalami masalah, dan Allah berikan rizki
yang tidak disangka-sangka.”
📚[ HR. Abu Dawud]

📗16) Puasa tiga hari (Ayyamul Bidh)

setiap bulan “Puasa tiga hari setiap bulan, nilainya sama dengan puasa selama sepanjang tahun.”📚 (HR. Bukhari, no. 1979 dan Muslim, no. 1159)

📗17) Membaca Ayat Kursi ba’da Shalat

👍“Siapa membaca ayat Kursi setiap selesai shalat, tidak ada yang menghalanginya masuk surga selain kematian.” 📚(HR. An-Nasai .)

🎯💦Selain amalan diatas tentu masih ada amalan amalan lainnya yg bernilai pahala besar

Mari kita mengaji…!!
hadiri majelis ke majelis ilmu📘📗📕

Alhamdulilah jazakummullohu khoiro.🔖

Sumber:

1. Harun Yahya MD

2. Prof DR. HM. Amin Syukur MA.

3.  Ir. Susilo, spca : health consultant.

4.  Edi Sugianto, www.naqsdna.com 

5. Berbagai sumber

Semoga bermanfaat.

DAYA TAHAN TUBUH (Imune System)

Ketangguhan Daya Tahan Tubuh Anda Bisa Diukur dari Bakteri Dalam Usus

Oleh Ajeng Quamila
Informasi kesehatan ini sudah direview dan diedit oleh: dr. Yusra Firdaus – Dokter Umum

Beragam masalah kesehatan mulai dari alergi, obesitas, penyakit autoimun (sindrom iritasi usus besar, jerawat, kelelahan kronis), autisme, demensia, kanker, hingga depresi sebenarnya bisa dikaitkan dengan melemahnya kekebalan tubuh yang berakar dari kegagalan kerja bakteri dalam usus.
Organ pencernaan manusia tidak hanya berfungsi untuk mencerna serta menyerap zat-zat gizi dari makanan yang masuk ke dalam tubuh. Namun, di dalam usus, terdapat berbagai bakteri baik yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Semakin banyak jenis bakteri baik yang dimiliki seseorang, maka semakin baik dampaknya bagi kesehatan tubuhnya.

Bagaimana bakteri dalam usus memengaruhi sistem kekebalan tubuh manusia?
Diperkirakan bahwa usus mengandung 100 triliun bakteri. Jumlah ini 10 kali lebih banyak dibanding tempat-tempat lainnya dalam tubuh manusia. Lewat keberagaman koloni bakteri ini, usus yang disebut sebagai otak kedua bisa berkomunikasi langsung dengan otak, pusat segala fungsi tubuh. Lewat bakteri-bakteri ini pula usus dapat merasakan dan memberikan respon langsung terhadap apa yang sedang terjadi pada tubuh. Misalnya, ketika Anda sedang panik atau tertekan saat demam panggung, tiba-tiba perut terasa sakit melilit sampai ingin muntah.

Selain berkomunikasi dengan otak, bakteri-bakteri ini juga berinteraksi dengan sistem imun manusia. Pada tubuh orang sehat, mikroba usus merangsang sistem kekebalan tubuh sesuai kebutuhan sehingga cukup baik untuk menjinakkan kuman pembawa penyakit yang masuk ke dalam tubuh (saat Anda makan lupa cuci tangan), sementara di saat yang sama juga mengekangnya agar tidak keliru melancarkan serangan balik ke tubuh.

Setiap jenis sel dari sistem kekebalan tubuh dipengaruhi oleh bakteri dalam banyak cara. Beberapa bakteri memiliki pengaruh yang kuat, sementara yang lain memiliki efek yang jauh lebih halus. Sangat sedikit mikroba yang tidak menghasilkan efek sama sekali.
Beberapa bakteri mendorong aktivitas sel tertentu, sementara yang lain menghambat aktivitas sel yang sama. Efek berlawanan ini mengindikasikan adanya mekanisme penyeimbang untuk memastikan bahwa tidak ada bakteri tunggal yang dapat mendominasi pengaruhnya terhadap sistem kekebalan tubuh. Demikian pula, beberapa bakteri meningkatkan gen tertentu, sementara yang lain menurunkan regulasinya. Ini menunjukkan bahwa mikroba dapat menyeimbangkan efek pada ekspresi genetik usus.

Adanya gangguan baik pada jalur komunikasi bakteri dan sel tubuh maupun keselarasan ragam bakteri dalam usus manusia bisa mengacaukan fungsi sistem kekebalan tubuh dan proses metabolismenya.

Terlalu banyak bakteri jahat dalam usus bikin kekebalan tubuh melemah
Bakteri usus tumbuh subur tergantung apa yang Anda makan dan hormon yang dilepaskan tubuh. Jumlah dan jenisnya bisa bertambah seiring dengan menerapkan pola makan yang baik dan gaya hidup yang sehat. Berikan mereka makanan utuh dan segar, maka bakteri usus baik akan berkembang biak, yang akan menguntungkan sistem kekebalan tubuh Anda. Berikan mereka makanan “sampah”, maka bakteri jahatlah yang akan menguasai usus Anda, mengakibatkan usus bocor, penumpukan racun radikal bebas, dan khususnya peradangan yang menjadi akar dari berbagai masalah kesehatan.

Menariknya lagi, interaksi antara bakteri usus dan sistem kekebalan tubuh berjalan dua arah: apa yang terjadi pada salah satunya akan memengaruhi yang lain. Satu studi baru-baru ini menemukan bahwa jumlah dan varietas bakteri dalam usus orang yang obesitas lebih sedikit daripada orang kurus. Penelitian lain menunjukkan bahwa peningkatan pada sekelompok bakteri usus yang disebut Firmicutes, dan penurunan pada sekelompok bakteri usus yang disebut Bacteroidetes, juga terkait dengan obesitas.
Satu penelitian terbitan jurnal Brain, Behavior and Immunity menemukan bahwa anak-anak yang mudah tantrum memiliki keragaman bakteri yang lebih besar. Meski peneliti belum yakin benar apa hubungan sebab-akibatnya, ini bisa dipicu oleh hormon stres yang dapat mengubah keasaman usus. Tingkat keasaman usus yang tak menentu dapat memengaruhi kelestarian bakteri dalam usus.

Begitu juga dengan bayi yang sering kolik. Bayi-bayi ini memiliki jumlah bakteri Proteobacteria yang lebih tinggi daripada anak-anak yang tidak pernah kolik. Proteobacteria menghasilkan gas penyebab rasa sakit pada bayi, yang membuat mereka gampang menangis.

Pentingnya menjaga kesehatan pencernaan demi kekebalan tubuh yang lebih baik
Maka dari itu, jika Anda ingin memperbaiki kesehatan Anda, mulailah dengan usus Anda. Kesehatan pencernaan benar-benar bisa memengaruhi seluruh tubuh Anda. Kabar baiknya adalah bahwa koloni bakteri usus Anda bisa berubah mengikuti apa yang Anda makan.

Perkaya menu makan Anda dengan sayuran kaya serat, buah rendah gula, biji-bijian non-gluten, dan kacang polong. Perbanyak juga makan makanan kaya probiotik, seperti yogurt, kefir, kimchi asinine Korea, acar, keju, dan tempe.

Salah satu penelitian di Kanada menunjukkan konsumsi probiotik dapat menurunkan kadar gula darah puasa dan meningkatkan aktivitas sekresi hormon insulin pada orang dengan diabetes. Probiotik juga bisa membantu meringankan depresi dan Alzheimer karena kandungan bakteri baik bernama Lactobacillus. Di dalam usus, Lactobacillus bertugas untuk mengusir bakteri jahat, sehingga memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan peradangan di otak.

Sumber:

hhttps://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/pengaruh-bakteri-usus-pada-kekebalan-tubuh/